5 Alasan Media Sosial Bisa Membuatmu Menjadi Individu yang Semu

Bahagianya hanya sementara

Media sosial dan manusia saat ini seolah pasangan kekasih yang sedang dimabuk cinta. Tidak bisa terpisahkan satu sama lain. Selalu bergantung satu sama lain dan jika terpisah, seperti ada yang hilang.

Manusia semakin ketergantungan terhadap media sosial dan media sosial membuat manusia menjadi seseorang yang berbeda dari dirinya di kenyataan. Kelebihan dan kekurangan jelas dirasakan.

Namun bagaimana jika pada akhirnya manusia menjadi sesuatu eksistensi yang semu lewat media sosial. Di bawah ini ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan kesemuan terhadap seseorang individu akibat dari penggunaan media sosial yang tidak bijaksana. Simak di bawah ini.

1. Kamu terlalu mengabdikan hidupmu terhadap media sosial

5 Alasan Media Sosial Bisa Membuatmu Menjadi Individu yang Semuunsplash/priscilladupreez

Jangan mau jadi budak media sosial. Kamu berhak dengan kehidupan nyatamu dan jangan sampai kehidupan nyatamu terampas oleh dunia yang tidak nyata bernama media sosial. Manfaatkan media sosial untuk hal-hal yang bermanfaat dan sewajarnya. Jangan tenggelam terlalu dalam. Luangkan waktumu untuk menikmati kehidupan nyata dan berinteraksilah. Hidupmu tidak melulu soal media sosial.

2. Semakin ketergantungan dirimu terhadap media sosial, maka semakin jauh kamu dari kebahagiaan yang nyata

5 Alasan Media Sosial Bisa Membuatmu Menjadi Individu yang Semuunsplash/freestocks

Media sosial sering mengaburkan kehidupan yang nyata dan khayalan. Seringkali menciptakan kebahagiaan yang semu dan sementara. Walaupun media sosial bisa memberikan kebahagiaan, tapi itu bukanlah kebahagiaan yang sebenarnya.

Efek dari euforia kebahagiaan tersebut sangat singkat. Kita perlu menyadari bahwa semakin ketergantungan diri kita terhadap media sosial maka semakin semulah kebahagiaan yang kita dapatkan.

Coba lepaskan ketergantungan tersebut. Berbicaralah dengan orang di sebelahmu. Berdiskusilah. Jangan terpenjara dengan dunia yang bernama media sosial.

3. Tampil dengan penuh topeng

5 Alasan Media Sosial Bisa Membuatmu Menjadi Individu yang Semuunsplash/markusspiske

Dikehidupan nyata kamu adalah seseorang yang sangat pendiam dan pemalu. Tapi jika urusan ngoceh di media sosial, kamu adalah rajanya. Itu sedikit contoh bagaimana media sosial bisa memberikan topeng yang banyak terhadap diri kita dikehidupan nyata. Hal ini sering menjadi masalah yang memberikan gambaran semu terhadap diri kita di dunia nyata dan media sosial. Hanya berani di media sosial dan pengecut di dunia nyata tentu saja bukanlah sesuatu yang baik. Mulai sekarang belajarlah menjadi dirimu sendiri, belajarlah apa adanya. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Konon Hobi Banget Main Media Sosial hingga Lupa Waktu

4. Pola interaksi yang penuh prasangka

5 Alasan Media Sosial Bisa Membuatmu Menjadi Individu yang Semuunsplash/eliottreyna

Kalian pasti merasakan bahwa berinteraksi lewat media sosial itu nyatanya penuh tipu daya. Komunikasi yang semu karena kita tidak bisa melihat wajah lawan bicara. Tidak bisa merasakan emosinya ketika berbicara. Sehingga kadang sering terjadi kesalahpahaman yang fatal akibat salah prasangka.

Maka dari itu, usahakan jangan terlalu mengutamakan komunikasi melalui media sosial. Jika ada waktu dan tempat, baiknya berkomunikasilah secara tatap muka. Hal tersebut guna menghindari salah prasangka yang tidak perlu.

5. Kamu akan tetap merasa kesepian walau seaktif apapun dirimu di media sosial

5 Alasan Media Sosial Bisa Membuatmu Menjadi Individu yang Semuunsplash/keenangrams

Hati yang kosong dan semu karena bahagia hanya di dunia maya. Berhati-hatilah terhadap hal tersebut. Rasa sepi tetap akan muncul walau dirimu aktif bukan main di media sosial. Tetap saja dunia nyatalah yang bisa memberikan solusi terhadap kesepian yang melandamu. Manfaatkan media sosial sekadarnya dan utamakanlah sosialisasi di dunia nyatamu.

Media sosial pada akhirnya adalah sebuah ujian kebijaksanaan yang harus bisa dilalui manusia. Bijak dalam menggunakan dan bijak dalam bersosialisasi di media sosial tentu bukanlah hal yang mudah. Jadi, sudahkah kita bijak bermedia sosial?

Baca Juga: 7 Aplikasi Ini Akan Membuatmu Fokus dan Terhindar dari Media Sosial

M. Farid Hermawan Photo Community Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You