Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Introvert Tak Selalu Soal Kesendirian

Orang-orang introvert juga bisa berimprovisasi 

Banyak orang menganggap bahwa mereka yang cenderung introvert adalah orang-orang yang tidak bisa bersosialisasi, sulit diajak bicara dan kebanyakan menyukai kesendiriannya. Untuk kalimat terakhir itu memang benar. Namun stigma orang-orang bahwa introvert tidak suka keramaian dan selalu ingin menyendiri itu salah besar.

Mereka yang introvert ternyata juga bisa menyesuaikan kebutuhan kapan harus menyendiri dan kapan harus bisa bersikap layaknya si ekstrovert. Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa mereka yang introvert tidak melulu selalu suka kesendirian. 

1. Mereka yang introvert juga memerlukan sosialiasi

5 Alasan Mengapa Introvert Tak Selalu Soal Kesendirianunsplash/kmpixley

Kata siapa introvert bisa hidup sendiri selamanya? Itu omong kosong. Sebagai manusia yang terlahir untuk hidup bersosialisasi. Introvert juga membutuhkan interaksi dengan orang lain. Walau kadang tidak nyaman di tengah keramaian. Mereka yang introvert juga sangat memerlukan yang namanya pertolongan orang lain, interaksi dan hubungan timbal balik. Maka dari itu, introvert tidak selamanya tentang kesendirian.

2. Orang-orang introvert juga bisa berimprovisasi menjadi ekstrovert

5 Alasan Mengapa Introvert Tak Selalu Soal Kesendirianunsplash.com/ilyuza

Orang-orang introvert juga bisa berimprovisasi. Tidak selalu suka kesunyian. Ketika dibutuhkan atau berusaha mengubah perilaku introvertnya. Orang-orang introvert bisa menutupi sifat malu-malunya dan berubah menjadi seorang ekstrovert yang sangat terbuka dan enjoy di tengah keramaian.

Walaupun bisa berimprovisasi, mereka tetap seorang introvert yang membutuhkan waktu untuk menyendiri. Namun bedanya jika seorang introvert sudah bisa melakukan improvisasi. Ia akan paham waktu-waktu kapan dirinya menyendiri dan kapan dirinya akan bersikap ekstrovert. Jadi, orang introvert itu juga bisa fleksibel.

3. Mereka yang introvert bisa diajak kerjasama

5 Alasan Mengapa Introvert Tak Selalu Soal Kesendirianunsplash/ilienerwise

Walau banyak orang memandang orang-orang introvert itu cenderung egois karena lebih suka melakukan banyak hal sendiri. Tapi orang-orang introvert bisa, kok diajak kerjasama. Hanya saja dalam prosesnya memerlukan waktu dan kepercayaan lebih. Karena orang-orang introvert lebih tidak mudah percaya dengan orang lain.

Namun jika sudah percaya maka ia akan dengan mudah untuk diajak kerjasama dalam hal apapun. Maka dari itu, introvert tidak selalu egois. Hanya saja proses membangun kepercayaannya saja yang memakan waktu. 

Baca Juga: 5 Idol Introvert yang Juga Leader, Bukti Kalau Introvert Juga Bisa!

4. Introvert memerlukan teman curhat juga

5 Alasan Mengapa Introvert Tak Selalu Soal Kesendirianunsplash/sugercoatit

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang ingin didengarkan. Entah lewat banyak orang atau hanya untuk orang-orang tertentu. Begitu juga si introvert ini. Mereka yang introvert juga butuh didengar dan mereka tidak selalu bisa menahan beban dan masalahnya sendiri.

Maka dari itu orang-orang introvert juga sering curhat dan berkeluh kesah. Namun ingat, mereka hanya akan curhat kepada orang yang sangat mereka percaya. Jadi, introvert tidak selalu bisa memendam masalahnya seorang diri selamanya, kok.

5. Mereka yang introvert paham bahwa jika ingin berkembang, menyendiri bukanlah solusi

5 Alasan Mengapa Introvert Tak Selalu Soal Kesendirianunsplash/ts_imagery

Ini yang jarang diketahui bahwa mereka yang introvert paham jika ingin berkembang mereka tidak bisa terus-terusan nyaman dengan kesendirian. Makanya, banyak para introvert berusaha menyesuaikan diri dengan tanpa meninggalkan sifat introvert mereka.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Berimprovisasi. Karena jika ingin berkembang, tentunya ada beberapa hal yang harus diupgrade. Terutama soal kesendirian itu. Mereka yang introvert akan belajar bagaimana menempatkan diri di tengah orang banyak. Berbicara di depan umum hingga berinteraksi dengan orang lain.

Bukan berarti introvert selamanya menikmati kesendiriannya. Mereka yang introvert juga sadar bahwa menyendiri tidak selalu menyenangkan jika dirinya tidak berkembang.

Baca Juga: 5 Makna Memiliki Pasangan Hidup Bagi Seorang Introvert Sejati!

M. Farid Hermawan Photo Verified Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya