Comscore Tracker

5 Buku Rekomendasi Melinda Gates yang akan Menginspirasimu

Buku mana yang sangat ingin kamu baca?

Melinda Ann French atau lebih dikenal dengan nama Melinda Gates. Lahir di Perancis dan besar di Amerika Serikat. Melinda yang juga dikenal sebaga istri dari  Bill Gates, bos perusahaan raksasa Microsoft. Sebagai istri dari orang yang luar biasa. Melinda Gates dikenal sebagai pribadi yang hangat dan sangat dermawan. Bersama sang suami, ia mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan swasta yang sering disingkat B&MGF atau Gates Foundation adalah yayasan swasta yang memiliki tujuan memperbaiki sistem kesehatan dan mengurangi kemiskinan ekstrem di seluruh dunia.

Dengan berbagai aktivitasnya yang cukup inspiratif, Melinda menebarkan perilaku positifnya lewat berbagai media. Salah satunya adalah lewat buku-buku yang ia baca. Hampir sama dengan sang suami Bill Gates, Melinda juga sangat gemar membaca. Dikutip dari buku karya Melinda Gates yang berjudul The Moment Of Lift. Di bawah ini ada beberapa buku yang pernah Melinda baca dan menurutnya adalah buku-buku yang sangat inspratif. Buku apa saja? Simak di bawah ini.

1. Becoming- Michelle Obama

5 Buku Rekomendasi Melinda Gates yang akan Menginspirasimunourabooks.co.id

Sebuah buku memoar karya Michelle Obama. Becoming sangat laris di pasaran dan menjadi buku best-seller di negeri Paman Sam. Becoming bercerita tentang sang pembuat karya Michelle Obama semenjak ia kecil hingga pandangan-pandangan politiknya. Romansa cinta dan berbagai perjalanan hidupnya bersama Barack Obama yang inspiratif membuat buku ini memecahkan rekor penjualan dengan terjual lebih dari 1,4 juta kopi di pekan pertama rilisnya. Buku Becoming juga telah diterbitkan di Indonesia.

2. Born a Crime- Trevor Noah

5 Buku Rekomendasi Melinda Gates yang akan Menginspirasimuvanniebee.com

Salah satu host kenamaan acara The Daily Show Trevor Noah membuat buku yang penuh kritikan berbalut komedi. Born a Crime adalah catatan penuh anekdot dari seorang Trevor Noah menyangkut tekanan apertheid yang pernah ia alami. Sebagai seorang yang memiliki kulit berwarna, dalam buku Born a Crime, Trevor ingin menunjukkan bahwa semua manusia harus bisa saling menghargai tanpa memandang apapun, terutama warna kulit. Melinda Gates menyarankan membaca buku ini agar kita sadar bahwa dunia perlu orang-orang yang saling menghargai tanpa memandang apapun.

3. Factfulness- Hans Rosling

5 Buku Rekomendasi Melinda Gates yang akan Menginspirasimusquarespace.com

Tidak hanya Melinda yang merekomendasikan buku ini untuk di baca. Bahkan sang suami Bill Gates pun turut merekomendasikannya. Seorang dokter ahli statistika asal Swedia,  Hans Rosling menciptakan buku Factfullnes yang akan mengajak kita melihat kehidupan melalui data. Buku yang unik dan cukup menantang untuk dibaca. Diisi dengan berbagai pengalaman Hans berkeling dunia sebagai dokter. Buku ini memilik data-data dan hasil survey yang kuat. Facfullness hadir untuk kamu yang sering beranggapan negatif terhadap hal-hal yang sebenarnya belum kamu ketahui. Dengan membaca Facfullness kamu akan belajar bahwa insting adalah salah satu aspek yang punya peranan penting bagi kehidupan banyak manusia di dunia ini.

Baca Juga: Tere Liye Tak Cetak Buku Lagi, Ini Daftar Bukunya yang Perlu Kamu Baca

4. Heartland: A Memoir of Working Hard and Being Broke- Sarah Smarsh

5 Buku Rekomendasi Melinda Gates yang akan Menginspirasimucloudinary.com

Jurnalis wanita Sarah Smarsh membuka pandangannya tentang kondisi dirinya dahulu yang cukup pelik lewat buku berjudul Heartland. Sebuah autobigrafi Sarah ketika dirinya sempat berada dalam kondisi ekonomi yang sangat miskin. Kekacauan dalam keluarganya hingga gagalnya dirinya membangun rumah tangga. Sarah menunjukkan bahwa ia bisa bangkit dari keterpurukannya yang cukup memprihatinkan. Lewat Heartland inilah Sarah berpesan bahwa wanita bukanlah kaum yang lemah. Namun wanita hadir di dunia sebagai seorang pemenang yang merdeka.

5. The Sun is Also a Star- Nicola Yoon

5 Buku Rekomendasi Melinda Gates yang akan Menginspirasimupvpantherprint.org

Tidak hanya buku-buku Self Development, Melinda juga merekomendasikan buku novel untuk dibaca. Tapi ini bukan sembarang Novel. The Sun is Also a Star karya Nicola Yoon berangkat dari keresahan soal sifat apatis masyarakat dunia soal warna kulit. Novel ini menceritakan dua tokoh utama yaitu Natasha seorang gadis kelahiran Jamaika dan Daniel seorang laki-laki keturunan Korea. Nicola Yoon memberi bumbu konvensional percintaan dengan pesan yang kritis soal bagaimana menghargai perbedaan. Sebuah roman yang akan membuka matamu bahwa kekuatan cinta tidak memandang suku ataupun ras. Begitulah cerita Natasha dan Daniel dalam novel ini.

Sudah siap berburu buku-buku di atas?

Baca Juga: 5 Pesan Moral dari Buku Terbaru Andrea Hirata 'Orang-orang Biasa'

M. Farid Hermawan Photo Community Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You