5 Hal yang Sebaiknya Tak Kamu Pedulikan Jika Ingin Maju dalam Hidup

Tidak peduli ternyata perlu dalam hidup

Manusia dan lingkungannya adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Manusia adalah makhluk yang membutuhkan orang lain dalam hidup. Namun terkadang banyak orang terlalu tenggelam dengan pandangan orang lain terhadapnya. Dengan begitu, hidup menjadi tidak lepas dan bebas.

Selalu ingin melakukan hal-hal sempurna karena ingin dipandang baik oleh orang lain. Padahal nyatanya hal tersebut hanya menipu diri sendiri. Kita harus lepas dan merdeka. Menjadi diri kita sendiri tanpa peduli pandangan negatif orang lain terhadap kita. Selagi itu positif, bersikap tidak peduli adalah jawaban dari kepura-puraan yang sering dilakukan banyak orang dalam hidup ini.

Menjadi orang yang cuek dan tidak terlalu peduli ternyata ada manfaatnya. Tidak peduli terhadap hal-hal yang bisa membuatmu terpuruk hingga pusing sendiri ternyata dapat bermanfaat bagi kehidupanmu. Di bawah ini ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu pedulikan dalam hidup jika ingin lebih maju.

1. Mereka yang pesimis

5 Hal yang Sebaiknya Tak Kamu Pedulikan Jika Ingin Maju dalam Hidupunsplash/anthonytran

Jangan terlalu mempedulikan orang-orang yang memiliki pemikiran pesimis. Jangan sampai rasa pesimis orang lain mempengaruhi tujuan dan cita-citamu. Sifat pesimis sering menular dan jika kamu tidak kuat menghadapinya, maka kamu juga akan terpengaruh negatifitas tersebut. Maka dari itu, jangan pedulikan pesimisme yang ada di sekitarmu.

2. Orang yang tidak peduli dan tidak menghargaimu

5 Hal yang Sebaiknya Tak Kamu Pedulikan Jika Ingin Maju dalam Hidupunsplash/mau_productions

Jangan terlalu ambil pusing dengan orang yang tidak menghargai dan mempedulikanmu. Tugasmu hanya fokus dengan cita-citamu dan target apa yang ingin kamu kejar. Carilah orang-orang yang sefrekuensi denganmu. Yang bisa membuatmu tertawa bahagia.

Jangan terlalu mempedulikan orang-orang yang hanya bisa mencibir usahamu dan tidak pernah menghargai berbagai perjuanganmu. Orang seperti itu hanya racun yang perlu kamu eliminasi dari hidupmu.

3. Masa lalu

5 Hal yang Sebaiknya Tak Kamu Pedulikan Jika Ingin Maju dalam Hidupunsplash/priscilladupreez

Masa lalu hanyalah masa lalu. Tidak ada yang perlu kamu khawatirkan tentang hal tersebut. Tugas semua manusia di dunia ini adalah hidup untuk maju, bukan hidup untuk masa lalu. Ketika kamu masih terbebani dengan berbagai kesalahan di masa lalu, hidup hanya berputar di situ-situ saja.

Jika ingin memperbaiki kesalahan-kesalahan di masa lalu. Mulai sekarang perbaikilah dirimu. Sikap, optimisme, kemampuan dan pola hidupmu harus kamu ubah ke arah yang lebih baik lagi untuk masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: Stop Bersedih, Renungkan 4 Hal Ini Agar Kamu Bisa Hidup Bahagia 

4. Apa yang orang lain pikirkan tentangmu

5 Hal yang Sebaiknya Tak Kamu Pedulikan Jika Ingin Maju dalam Hidupunsplash/ospanali

Hidup akan menjadi sangat sempit dan berat jika kamu hanya berpatokan pada apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Ingatlah bahwa semua orang berpotensi untuk membicarakanmu di belakang, hal tersebut tidak bisa dipungkiri. Lalu perlukah memusingkannya? Tentu saja tidak.

Jangan pernah merasa pusing dan takut dengan apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Semua manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Kamu tidak bisa terus-terusan berperilaku sempurna. Kamu hanya cukup selalu berperilaku baik terhadap semua orang. Menyoal bagaimana orang lain memandangmu, sebaiknya kamu masa bodo. Yang penting kamu sudah berperilaku baik terhadap semua orang.

5. Umur

5 Hal yang Sebaiknya Tak Kamu Pedulikan Jika Ingin Maju dalam Hidupunsplash/vladsargu

Umur tidak akan pernah menjadi batas untuk seseorang terus berkarya, produktif dan sukses. Jangan pernah merasa terlalu muda atau terlalu tua untuk melakukan sesuatu hal. Selagi semua itu positif, lakukanlah. Cukup jadikan umur sebagi pengingat untuk selalu bersyukur. Jangan jadikan umur sebuah alasan untuk tidak berkarya, produktif dan sukses.

Tidak peduli ternyata perlu dalam hidup. Tinggal bagaimana kamu mengatur sikap tidak peduli tersebut ke hal-hal yang menurutmu akan mematahkan semangatmu. Maka kelak kamu pasti akan merasakan manfaatnya.

Baca Juga: Tak Mau Terus Susah? Taati 5 Kunci Hidup Bahagia Ini

M. Farid Hermawan Photo Community Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You