Comscore Tracker

5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Hal Buruk yang Telah Menimpamu

Mungkin saja itu pesan agar kamu tidak mudah menyerah

Banyak orang berpikir bahwa hal buruk yang terjadi dalam hidup adalah sebuah kesialan yang harus dikutuk. Mereka lupa bahwa ternyata hal buruk tersebut ternyata memiliki banyak sekali hikmah yang bisa dipetik.

Frustasi hingga menganggap diri tak berguna adalah pelampiasan yang umum dilakukan ketika orang-orang bertemu dengan yang namanya pengalaman buruk. Lantas hikmah dan pelajaran apa yang bisa kita ambil dari sebuah pengalaman buruk? Simak di bawah ini.

1. Ketika ketenanganmu terganggu, di situlah kamu belajar arti kesabaran

5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Hal Buruk yang Telah Menimpamuunsplash/meanxshadows

Namanya juga hidup, selalu saja ada cobaan yang mengganggu ketenanganmu. Yang membuatmu pusing tujuh keliling menghadapi hal tersebut. Ketenangan yang selalu kamu cari-cari suatu waktu akan diganggu entah dengan masalah di kantor, hubungan dengan teman yang bermasalah, tugas kuliah yang tidak selesai-selesai dan berbagai masalah lainnya.

Dari hal itulah kalian harus belajar jeli dan peka. Bahwa masalah tersebut bukan sebuah neraka yang akan melahapmu selamanya. Itu menjadi bukti bahwa kamu harus belajar lebih sabar dalam menghadapai berbagai masalah dalam hidupmu. Jangan terlalu pusing dan frustasi, semua pasti ada hikmahnya.

2. Ledakan emosi yang tidak dapat kamu kontrol pada akhirnya akan mengajarkanmu arti memaafkan

5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Hal Buruk yang Telah Menimpamuunsplash.com/raduflorin

Semua orang punya batas toleransi emosi. Jika pada batas tertentu dia tidak bisa menahannya lagi, maka meledaklah emosi tersebut menjadi tak terkontrol. Hal ini kadang sering dialami banyak orang yang sudah merasa tidak bisa menahan kesabarannya lagi. Meledaknya emosi seolah menjadi pelampiasan yang membuat hati lega. Tetapi jangan anggap dengan memuncaknya amarah tidak ada pelajaran yang bisa diambil.

Setelah meredanya emosi dan kembali dinginnya pikiran. Seiring berjalannya waktu, kata maaf adalah kata yang sangat berarti. Tidak semuanya bisa diselesaikan dengan emosi yang meledak. Pada akhirnya semua membutuhkan kata maaf untuk menyambung kembali hubungan yang lebih baik.

3. Kesulitan yang kamu hadapi adalah gerbang pembuka untukmu menjadi lebih mandiri dan kuat

5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Hal Buruk yang Telah Menimpamuunsplash.com/wx1993

Di balik setiap kesulitan selalu ada penyelesaian. Tidak ada manusia yang diberi kesulitan melebihi kemampuannya. Justru dari kesulitan tersebutlah lahir yang namanya kemandirian dan membuat dirimu menjadi lebih kuat. Manusia memang harus melalui fase yang sulit sebelum menjadi yang terbaik. Jadi jangan mengeluh, nikmati saja.

Baca Juga: Stop Mengeluh, Ini 8 Hal Baik yang Kamu Dapat dari Masalah Hidup

4. Apa yang tidak bisa kamu kontrol mengajarkanmu arti merelakan

5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Hal Buruk yang Telah Menimpamuunsplash.com/balkancampers

Dia tidak mencintaimu, kamu kalah lomba, kamu dicibir orang lain. Semua itu adalah hal-hal yang cukup sulit kamu kontrol. Kamu tidak bisa menjadi manusia sempurna yang diinginkan oleh orang lain. Salah satu solusinya adalah kamu harus belajar merelakan.

Kamu harus paham bahwa kamu adalah manusia biasa yang selalu punya salah. Dengan merelakan kamu akan berdamai dengan kekuranganmu dan hal-hal negatif yang diberikan orang lain kepadamu.

5. Gagalmu adalah pelajaran untuk suksesmu di masa depan

5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Hal Buruk yang Telah Menimpamuunsplash/perfectbar

Gagal, gagal dan gagal terus. Kamu sampai dibuat frustasi dengan yang namanya kegagalan. Memang yang namanya gagal tidak pernah menyenangkan. Selalu diiringi dengan sedih dan patah hati. Namun jangan terlalu memandang buruk sebuah kegagalan.

Justru gagalmu adalah sebuah pelajaran yang berharga untuk suksesmu di masa depan. Yakinlah bahwa semua orang sukses di dunia ini lahir dari sebuah kegagalan. Dari gagal tersebutlah orang-orang sukses belajar bahwa mereka bisa menjadi lebih baik dengan terus mencoba dan berusaha.

Hal buruk tidak melulu pertanda negatif, mungkin saja itu pesan untukmu agar kamu tidak mudah menyerah dan terus berjuang.

Baca Juga: 10 Kutipan Ayat Alquran Buat Kamu yang Sedang Dilanda Masalah Hidup

M.Farid Hermawan Photo Community Writer M.Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You