Comscore Tracker

6 Mindset Positif Ini Berguna Mengubah Dirimu Menjadi Pribadi Optimis

Ubah pola pikirmu sekarang!

Pola pikir kadang menyebabkan seseorang selalu pesimis dalam hidupnya. Alasannya tentu macam takut gagal, tidak percaya diri hingga lelah berjuang. Hal tersebut tentunya bukanlah hal yang baik. Di bawah ini ada beberapa mindset atau pola pikir yang bisa kamu terapkan agar kamu menjadi pribadi yang lebih optimis dan jauh dari sifat pesimis.

1. Jangan tinggal dalam masa lalu

6 Mindset Positif Ini Berguna Mengubah Dirimu Menjadi Pribadi Optimisunsplash/giancescon

Kenangan buruk masa lalu menjadi penyebab besar seseorang takut untuk melangkah dan berpikir optimis. Lupakanlah masa lalu yang buruk tersebut, cukup jadikan pelajaran. Kamu hidup di masa sekarang bukan masa lalu.

Karena apa yang ada sekarang adalah bukti bahwa kamu bisa melalui berbagai macam masa lalu yang buruk. Tentu hal tersebut harus disyukuri.

2. Lupakan soal mengasihani diri sendiri

6 Mindset Positif Ini Berguna Mengubah Dirimu Menjadi Pribadi Optimisunsplash/seteales

Dirimu bukan untuk dikasihani dan diratapi. Berpikir pesimis hanyalah soal waktu menunggu hal buruk terjadi. Dirimu ada untuk percaya bahwa dirimu mampu menghadapi segala masalah. Ada waktunya bagimu untuk self reward. Namun tidak harus setiap saat. Berjuang dan optimislah baru nikmati hasil dari buah perjuanganmu.

3. Jangan pernah lari dari tanggung jawab

6 Mindset Positif Ini Berguna Mengubah Dirimu Menjadi Pribadi Optimisunsplash/nandovish

Bertanggung jawab mungkin agak jauh dari pola pikir yang bisa membuat optimis. Namun jika ditelaah lebih dalam. Pola pikir yang bertanggung jawab adalah langkah kecil untuk membiasakan dirimu untuk berani mengambil risiko dan optimal terhadap apapun yang kamu lakukan.

Tentunya dengan pertimbangan yang matang sebelumnya. Kebiasaan bertanggung jawab adalah perilaku yang bisa menimbulkan rasa optimisme yang besar.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Biar Lebih Optimis Hadapi Masa Depan

4. Kamu tidak perlu menyenangkan semua orang

6 Mindset Positif Ini Berguna Mengubah Dirimu Menjadi Pribadi OptimisPexels/Helena Lopez

Banyak orang merasa minder dan tidak percaya diri karena terbelenggu dengan mindset harus menyenangkan semua orang. Hal tersebut tentu akan sangat sulit dilakukan. Karena manusia adalah makhluk yang tidak akan pernah puas dan selalu ingin lebih. Pola pikir yang ingin menyenangkan semua orang justru menimbulkan sisi pesimis alih-alih optimis.

Maka dari itu cobalah menjadi dirimu dan lakukan apa yang kamu suka selagi itu positif. Jangan pedulikan tanggapan orang lain. Ambil itu hanya sebagai cerminan sudah seberapa baik dirimu.

5. Pegang kendali mood dan emosimu, jangan biarkan orang lain yang mengendalikannya

6 Mindset Positif Ini Berguna Mengubah Dirimu Menjadi Pribadi Optimisunsplash/100rulez

Menjadi pribadi yang optimis adalah menjadi seseorang yang merdeka atas dirinya sendiri. Artinya dengan menjadi merdeka, berarti hal apapun yang kamu lakukan adalah murni dari hatimu tanpa ada intervensi dari orang lain.

Salah satunya adalah kamu harus bisa memegang kendali emosi dan moodmu. Jangan sampai justru orang lainlah yang menghancurkan mood dan membuat emosimu berantakan. Kontrol diri dan pikiran adalah hal penting guna menjadi pribadi yang optimis.

6. Jangan iri dengan kesuksesan orang lain

6 Mindset Positif Ini Berguna Mengubah Dirimu Menjadi Pribadi Optimisunsplash/100rulez

Yang terakhir yang menjadi kunci pola pikir optimis adalah jangan pernah iri dengan kesuksesan orang lain. Iri hanya akan menjadi racun tanpa penawar di hati. Buang jauh rasa iri tersebut. Yang kamu perlukan ketika melihat orang lain sukses adalah mempelajarinya dan menerapkan hasil yang telah kamu pelajari tersebut untuk dirimu.

Optimis dapat muncul kapan pun dan tentu saja pesimis selalu muncul tiap waktu. Kunci dari semua itu adalah rasa percaya diri dan yakin akan kemampuan diri, maka hari-harimu akan dipenuhi dengan optimisme yang tinggi.

Baca Juga: Ubah Mindset, 5 Hal Ini Bikin Sadar Bahwa Hidupmu Tidak Sia-sia

M. Farid Hermawan Photo Community Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You