Comscore Tracker

6 Pola Pikir yang Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Seorang Pemikir Jenius

Sadar gak?

Berpikir adalah sebuah proses memilah sebuah informasi yang berlangsung secara cepat dan lugas di dalam otak manusia. Dalam prosesnya banyak hal yang telah dibuat dalam sebuah proses berpikir. Contohnya para filsuf dunia yang banyak memberikan ilmu pengetahuan yang luar biasa dari sebuah proses berpikir sebelumnya.

Berkaitan dengan berpikir, sadarkah kamu bahwa beberapa pola pikir yang dianggap biasa nyatanya adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pemikir genius di dunia ini? Berdasarkan buku Kuasai Dirimu: Panduan Membangun Mind-set dan Mental Sukses karya Ahmad Dzikran, pola pikir seperti inilah yang dimaksud.

1. Membayangkan dan menggambarkan

6 Pola Pikir yang Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Seorang Pemikir Jeniusunsplash/gabriellehenderson

Ketika berhadapan dengan permasalahan dan kamu berusaha membayangkan dan menggambarkan untuk menyelesaikannya. Ternyata pola pikir tersebut sering digunakan oleh para pemikir besar untuk menelurkan hasil pemikiran-pemikirannya yang luar biasa.

Albert Einstein sering menggambarkan apa yang mengganjal di pikirannya menjadi coretan-coretan dan gambar-gambar yang membantunya untuk membayangkan dan mengeksplorasi pikirannya dengan baik.

2. Melihat persoalan melalui sudut pandang yang beragam

6 Pola Pikir yang Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Seorang Pemikir Jeniusunsplash/brookecagle

Dalam proses berpikir, pemikir-pemikir genius biasanya selalu melihat persoalan melalui bermacam-macam sudut pandang. Bagi orang-orang seperti itu, proses menyelesaikan masalah adalah dengan menerima berbagai sudut pandang lalu memilah yang terbaik di antara semuanya.

Seperti yang sering dilakukan Leonardo Da Vinci saat bertemu masalah. Da Vinci memulai pola pikirnya dengan mempelajari cara menyusun ulang masalah tersebut dengan cara yang berbeda.

Baca Juga: Catat! 5 Pola Pikir Ini Akan Menuntunmu Pada Kesuksesan

3. Buat sesuatu yang baru

6 Pola Pikir yang Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Seorang Pemikir Jeniusunsplash/tobiashage

Pada dasarnya sesuatu yang baru adalah pisau bermata dua. Baik jika digunakan oleh yang baik dan buruk jika digunakan oleh yang buruk. Begitu juga dalam berpikir. Jika kamu suka memikirkan hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah dipikirkan orang lain. Itu pertanda kamu adalah pemikir jenius.

Walaupun tidak berarti pemikiran-pemikiran liar yang ada di kepalamu semuanya termasuk dalam jenis-jenis pemikiran orang-orang genius. Namun tidak ada salahnya berpikir hal-hal baru. Tidak menutup kemungkinan pemikiran-pemikiran yang mungkin dianggap aneh akan bermanfaat di kemudian hari.

4. Tidak hanya dipikirkan namun juga ada hasilnya

6 Pola Pikir yang Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Seorang Pemikir Jeniusunsplash/jeffreymwegrzyn

Para orang-orang genius yang ada di berbagai dunia tidak hanya memenjarakan pemikiran-pemikirannya. Mereka akan menciptakan lewat berbagai media. Bisa melalui benda, tulisan hingga gambar. Jadi pola pikir yang hebat tidak akan menjadi hebat jika terpenjara di dalam pikiran. Keluarkanlah dan ciptakan bukti nyata dari pemikiranmu.

5. Pola pikir yang berlawanan

6 Pola Pikir yang Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Seorang Pemikir Jeniusunsplash/hollowaykryan

Kadang pemikiran-pemikiran yang berlawanan dengan pemikiran pada umumnya bisa menjadi sesuatu yang luar biasa jika berada dalam koridor yang tepat. Didasari atas konsep yang berbeda. Banyak para pemikir-pemikir genius berangkat dari pola pikir yang berjenis seperti ini. Seperti yang disampaikan Niels Bohr:

"Jika kamu memegang pertentangan secara bersamaan. Kemudian kamu menyingkirkan pikiran dan akal. Kamu bergerak menuju tingkatan baru."

6. Senang berpikir menggunakan metafora

6 Pola Pikir yang Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Seorang Pemikir Jeniusunsplash/andrewtneel

Berpikir lewat perumpamaan serta lukisan yang berdasarkan persamaan atau perumpamaan. Berpikir secara metafora hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang spesial.

Dengan membuat persamaan antara dua keberadaan yang berbeda akan membuat orang-orang yang memiliki pola pikir seperti ini masuk dalam jajaran orang-orang jenius yang tentunya tidak banyak ada di dunia ini.

Apakah kamu termasuk si jenius dengan pola pikir di atas?

Baca Juga: 5 Bahaya yang Akan Menghantuimu Jika Suka Berpikir Negatif

M. Farid Hermawan Photo Verified Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya