Comscore Tracker

7 Hal yang Pasti Akan Kamu Rasakan Ketika Terlalu Asik dengan Gadget

Jangan menjadi budak teknologi

Gadget dan manusia saat ini adalah dua hal yang sangat sulit dipisahkan. Kehidupan manusia hampir sulit dipisahkan dengan kehadiran gadget. Anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia bisa dipastikan sudah mengenal hingga memiliki gadget. Selain mempermudah berbagai aktivitas, gadget ternyata memiliki sisi buruknya. Di bawah ini ada beberapa hal yang sering terjadi ketika terlalu asyik dengan gadget. Simak yuk

1. Penglihatan memburuk

7 Hal yang Pasti Akan Kamu Rasakan Ketika Terlalu Asik dengan Gadgetunsplash/victo

Hal yang pasti akan kamu rasakan jika terus menerus terpapar gadget adalah kemampuan penglihatanmu menurun. Gadget yang bagimu sangat membantu juga memiliki bahaya macam radiasi jika secara konsisten terpapar langsung dengan matamu. Maka dari itu gunakanlah secara bijak dan coba jangan terlalu lama-lama dalam menggunakan gadget. Batasi waktu penggunannya dan gunakan jika itu memang penting.

2. Kreatifitas menjadi berkurang

7 Hal yang Pasti Akan Kamu Rasakan Ketika Terlalu Asik dengan Gadgetunsplash/alicegrace

Gadget nyatanya bisa menjadi jendela untuk membuka matamu melihat dunia. Namun jika kamu hanya menggunakan gadget untuk sesuatu yang tidak berguna. Maka dapat dipastikan kamu hanya akan mendapatkan hal negatif dari sebuah gadget. Salah satunya adalah tingkat kreatifitasmu berkurang. Kamu menjadi terlalu malas untuk berpikir kreatif dan melakukan hal-hal yang kreatif karena merasa ada gadget yang mampu melakukan hal tersebut.

3. Malas berinteraksi di dunia nyata

7 Hal yang Pasti Akan Kamu Rasakan Ketika Terlalu Asik dengan Gadgetunsplash/rawpixel

Merasa nyaman dan enjoy di dunia maya membuatmu lupa bahwa ada dunia nyata yang saat ini ada di depanmu. Gadget sering membuat seseorang malas untuk berinteraksi dengan sesamanya. Bahkan momen kumpul-kumpul bersama teman bisa menjadi sangat hambar karena satu sama lain hanya sibuk dengan gadget masing-masing ketimbang berinteraksi satu sama lain.

4. Sulit untuk fokus

7 Hal yang Pasti Akan Kamu Rasakan Ketika Terlalu Asik dengan Gadgetunsplash/chaseelliottclark

Gadget bisa menjadi pemecah konsentrasi yang sangat ampuh. Dengan berbagai fitur yang dimiliki gadget macam game dan sosial media. Fokus menjadi hal yang sulit dilakukan ketika sudah asyik dengan gadget. Maka dari itu, jika kamu ingin fokus. Cobalah singkirkan gadgetmu dan mulailah berpikir kreatif dan fokus.

Baca Juga: Bukan Gadget, Ini 7 Mainan Tradisional yang Membuat Anak 90an Bahagia

5. Membandingkan hidup dengan orang lain

7 Hal yang Pasti Akan Kamu Rasakan Ketika Terlalu Asik dengan Gadgetunsplash/kalvisuals

Tidak dipungkiri dengan hadirnya berbagai fitur media sosial di sebuah gadget menjadikan banyak manusia sering merasa iri satu sama lain. Hati-hati karena semakin lama kamu menghabiskan waktumu dengan gadget dan sosial media maka akan semakin besar dirimu untuk tidak bersyukur dengan dirimu sendiri. Gadget menjadi sarana untuk membandingki hidup dengan orang lain. Dan tentu ini menjadi hal negatif karena banyak membuat orang semakin tidak percaya diri dengan kemampuannya.

6. Merasa sibuk tapi tidak produktif

7 Hal yang Pasti Akan Kamu Rasakan Ketika Terlalu Asik dengan Gadgetunsplash/bradneathery

Pernahkah kamu seharian bersama gadgetmu dan tak melakukan apapun selama seharian? Jika kamu melakukan hal tersebut maka kamu sudah termasuk orang-orang yang terlalu sibuk dengan gadget. Imbasnya adalah kamu seolah-olah merasakan kesibukan saat menggunakan gadget. Namun perasaanmu yang seoalah sibuk itu tidak menghasilkan sesuatu yang produktif sama sekali. Lain hal jika kamu memanfaatkannya untuk belajar dan berbisnis.

7. Menjadi orang yang manja teknologi

7 Hal yang Pasti Akan Kamu Rasakan Ketika Terlalu Asik dengan Gadgetunsplash/rawpixel

Hidupmu selalu bergantung dengan yang namanya gadget. Kamu berpikir bahwa kamu tidak bisa hidup tanpa gadget. Hal ini sering dirasakan bagi mereka yang sudah terlalu asyik dengan gadget dan menjadi manja dengan teknologi. Kamu sering melupakan kemampuan dirimu dan lebih mempercayakan segala hal terhadap teknologi. Jangan seperti itu, teknologi hadir untuk mempermudah. Bukan menghapus peran manusia sebagai makhluk kreatif.

Mana dari 7 hal di atas yang sering kamu lakukan?

Baca Juga: 7 Cara Ini Mampu Mengatasi Kecanduan Gadget yang Sedang Kamu Alami

M. Farid Hermawan Photo Verified Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya