Comscore Tracker

Mudah, Ini 5 Cara Sederhana Membentuk Personal Branding yang Positif 

Berguna untuk karirmu

Banyak yang mengesampingkan apa yang disebut dengan personal branding. Padahal tahukah kamu bahwa saat ini mengolah citra diri atau populernya disebut personal branding cukup penting bagi kalangan muda. Dengan personal branding kita bisa membuat orang lain yakin dengan kemampuan kita dan tentunya akan memuluskan karir.

Di bawah ini ada beberapa cara sederhana yang bisa diikuti untuk membuat personal branding yang positif. Simak yuk.

1. Buat koneksi seluas-luasnya

Mudah, Ini 5 Cara Sederhana Membentuk Personal Branding yang Positif unsplash/kaleidico

Personal Branding dapat dibuat jika dirimu berani terbuka dan menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang. Impresi yang bagus dan sifat ramahmu terhadap orang lain dapat membentuk citra dirimu menjadi lebih positif. Cobalah buka koneksimu seluas mungkin. Tidak ada orang yang sukses tanpa campur tangan orang lain. Maka perluaslah relasimu.

2. Jika memiliki website pribadi, manfaatkan hal tersebut untuk menunjukkan siapa durimu

Mudah, Ini 5 Cara Sederhana Membentuk Personal Branding yang Positif unsplash/kaleidico

Jika kamu mempunyai blog ataupun website pribadi, manfaatkanlah hal tersebut untuk menunjukkan karaktermu dan karya-karyamu baik tulisan ataupun skill-mu. Dengan adanya blog pribadi atau website, bisa membuat personal branding-mu menjadi lebih berharga dan menarik. Coba deh!

Baca Juga: Langka, Cewek yang Punya 5 Sifat Dewasa Ini Wajib Kamu Pertahankan

3. Buat profil LinkedIn sebaik mungkin

Mudah, Ini 5 Cara Sederhana Membentuk Personal Branding yang Positif unsplash/linkedinsalesnavigator

LinkedIn menjadi salah satu platform CV virtual yang menarik dan juga cocok jika ingin membuat orang terkesan dengan dirimu. Buatlah LinkedIn-mu sebaik mungkin dengan mengisi berbagai pengalamanmu baik dalam pekerjaan, organisasi ataupun seminar dan workshop yang telah kamu ikuti. Intinya prestasi yang kamu tampilkan di profil LinkedInmu bisa membuat citra diri semakin positif.

4. Asah skill dan berbagai kemampuan yang kamu miliki

Mudah, Ini 5 Cara Sederhana Membentuk Personal Branding yang Positif unsplash/dchuck

Skill nyatanya penting untuk membangun personal branding yang positif. Coba teliti ke dalam dirimu dan lihat apakah ada skill yang bisa kamu tonjolkan dalam dirimu. Karena manusia terlahir dengan kelebihannya masing-masing, maka jangan ada kalimat "aku tidak punya bakat" dalam kamusmu. Jika sudah menemukannya, perdalamlah dan asah hingga dirimu benar-benar ahli.

5. Manfaatkan media sosial dengan bijak

Mudah, Ini 5 Cara Sederhana Membentuk Personal Branding yang Positif unsplash/jakobowens1

Banyak orang menganggap bahwa isi media sosial seseorang adalah gambaran pribadinya walaupun tentu saja hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan.

Namun, first impression sosial media sangat penting untuk membuat citra diri dipandang positif. Buatlah sosial mediamu dengan hal-hal yang menarik namun masih batas positif. Jangan terlalu lebay dan berlebihan.

Personal branding tentunya tidak hanya penting namun juga bisa menjadi sesuatu yang menarik jika dirimu ingin melamar kerja dan ingin karir yang bagus. Maka mulai sekarang yuk bentuk personal branding-mu dengan positif.

Baca Juga: Berawal Dari Hal Sederhana, 5 Kebiasaan Ini Bisa Menebak Karaktermu

M. Farid Hermawan Photo Verified Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya