Comscore Tracker

Coba 5 Trik Ini untuk Mendeteksi Kebohongan Seseorang

Dengan trik ini kalian tahu mana yang berbohong dan tidak

Saat berbohong, sebenarnya tubuh akan mengatakan hal yang sebenarnya. Bahasa tubuh ini, biasanya diabaikan oleh pembohong yang lebih memfokuskan diri mereka pada perkataan dan ekspresi.

Psikolog percaya bahwa kunci untuk mendeteksi kebohongan diungkap dalam bahasa tubuh karna jika kita fokus ke hal tersebut, kita bisa menangkap kebohongan seseorang.

Dilansir Brightside, berikut trik yang bisa kalian coba untuk mendeteksi seseorang berbohong atau tidak.

1. Perhatikan durasi emosi

Coba 5 Trik Ini untuk Mendeteksi Kebohongan SeseorangPixabay.com/Robin Higgins

Biasanya emosi nyata bertahan selama tidak lebih dari lima detik. Jika seseorang mengekspresikan emosi selaa lebih dari lima detik, kemungkinan besar itu palsu. Kalian tidak mungkin memiliki ekspresi wajah yang sama selama 10 detik, bukan?

2. Melacak jeda

Coba 5 Trik Ini untuk Mendeteksi Kebohongan SeseorangPixabay.com/StockSnap

Salah satu petunjuk vokal paling umum yang mengungkapkan jika seseorang berbohong adalah jeda, jadi perhatikan mereka.

Jika seseorang mengambil jeda lama, ia mungkin berbohong dan meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang harus dikatakan. Kesalahan berbicara seperti "ah", "uhh", dan "maksudku" juga masuk hitungan.

Baca Juga: Tipe Chat yang Bisa Jadi Bukti kalau Seseorang Sedang Berbohong Padamu

3. Periksa ketulusan emosi

Coba 5 Trik Ini untuk Mendeteksi Kebohongan SeseorangPixabay.com

Emosi nyata itu tulus dan tak mudah untuk menciptakannya. Jadi, cobalah untuk melihat seberapa jujur itu. Emosi itu tulus ketika tak hanya satu bagian dari wajah yang berubah.

Misalnya, jika seseorang tersenyum, bukan hanya bibir mereka yang bergerak. Kerutan juga harusnya muncul di dekat mata dan alis secara otomatis akan turun. Hal yang sama berlaku dengan emosi lainnya.

4. Waspada pengulangan

Coba 5 Trik Ini untuk Mendeteksi Kebohongan SeseorangPixabay.com/James

Sementara bagi sebagian orang hanya sulit untuk memasukan pikiran mereka ke dalam kata-kata, terlalu banyak pengulangan mungkin merupakan gelagat kebohongan.

Jika dia terus-menerus mengulangi sesuatu, itu mungkin berarti mereka berusaha meyakinkan kalian dan diri mereka sendiri dan mengukur reaksi kalian jika kalian percaya terhadap apa yang mereka katakan.

5. Menutupi wajah atau mulut

Coba 5 Trik Ini untuk Mendeteksi Kebohongan SeseorangPixabay.com/Silviu Costin Lancu

Baca Juga: Hati-hati! 9 Tipe Chat Ini Menandakan Orang yang Berbohong

Salah satu bahasa tubuh yang paling mudah untuk diperhatikan adalah ketika pembohong menutupi wajah atau mulut mereka. Ini adalah hal yang biasa dilakukan karena merupakan respon psikologis.

Hekal Muhammad Photo Writer Hekal Muhammad

Menemukan kesenangan dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya