Comscore Tracker

Selain Intelektual, Ini 5 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Harus berimbang antara emosional dan intelektual

Setiap orang memiliki kecerdasan dan tingkat pengetahuan yang berbeda-beda. Kecerdasan intelektual yang biasa menjadi patokan ilmu seseorang, tak selalu bisa mencerminkan seberapa pintarnya seseorang.

Selain kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional juga perlu ditingkatkan. Sebab, kecerdasan emosional membuat seseorang menjadi lebih terkendali dan cerdas dalam mengambil keputusan.

Kira-kira gimana ya caranya meningkatkan kecerdasan emosional? Berikut lima cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional!

1. Menjaga ketenangan pikiran

Selain Intelektual, Ini 5 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan EmosionalUnsplash.com/AaronBurden

Pikiran yang tenang akan membuat seseorang lebih jernih dalam berpikir. Bebas dari stres dan tekanan menjadi kunci penting seseorang dapat mengendalikan ketenangan pikirannya.

Ketika kamu sedang berada di bawah tekanan, cukup kendalikan arah berpikirmu. Jangan sampai ketakutan dirimu justru mengalahkan logikamu. Sebab, jika ketakutanmu sudah mengalahkan logika, pola berpikir kamu juga akan berubah.

2. Bersikap proaktif, bukan reaktif

Selain Intelektual, Ini 5 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan EmosionalUnsplash.com/PriscillaDuPreez

Seseorang mudah sekali terpancing emosinya apabila ada orang yang berbicara tidak sejalan dengan mereka. Namun, orang yang memiliki kecerdasan emosional, tidak akan mudah tersulut emosinya. Justru, jika kamu ingin melatih kecerdasan emosional, kamu harus menahan reaksimu dan mulai untuk bersikap proaktif agar tetap santai pada suatu pembicaraan.

Jika kamu berhasil melakukan itu, tandanya kamu sudah cerdas dalam mengatur emosionalmu.

Baca Juga: 6 Hal Ini Menandakan Kamu Orang yang Memiliki Kecerdasan Emosional

3. Berani mengungkapkan pendapat

Selain Intelektual, Ini 5 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan EmosionalUnsplash.com/HuntersRace

Sisi emosional seseorang dapat dilihat dari cara mereka menyampaikan pendapatnya di depan orang lain. Apabila dia sulit mengungkapkannya dan cenderung diam, berarti dia masih gagal dalam menghadapi tekanan di dalam pikirannya.

Seseorang yang cerdas emosionalnya harus bisa mengatasi ketakutan tersebut dan mengutarakan apa yang mereka pikirkan. Diam bukan jawaban jika ingin berhasil. Namun aktif adalah pilihan jika kamu ingin mencapai apa yang kamu mau.

4. Memiliki semangat untuk bangkit

Selain Intelektual, Ini 5 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan EmosionalUnsplash.com/whoislimos

Walaupun kamu sedang terpuruk saat ini, kamu harus bisa bangkit dan cerdas dalam menentukan sikap.

Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional di atas rata-rata, memiliki semangat dan daya juang yang luar biasa tinggi. Sekeras apapun tantangannya, walaupun sekilas tak akan mungkin, namun dengan semangat dan keyakinan apapun bisa diusahakan.

Jangan berpikir bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya, namun berpikirlah bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

5. Singkirkan emosi negatif

Selain Intelektual, Ini 5 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan EmosionalUnsplash.com/CalebWoods

Jangan pernah terus-menerus berada di dalam amarah, kesedihan, keputusan, dan ketakutan. Namun mulailah berdiri dan bangkitlah dengan keyakinanmu.

Jika kamu terus membiarkan emosi negatif mengotori hatimu, maka akan sangat sulit untuk kamu menjadi pribadi yang cerdas emosionalnya. Bahkan, jika kamu memiliki kecerdasan emosional yang buruk, kemungkinan besar kecerdasan intelektual kamu juga tak akan berguna. 

Itulah kelima cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Benarkah Tes Ini Bisa Menebak Kecerdasan Seseorang dengan Akurat?

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya