Comscore Tracker

Stop Dendam, 5 Hal Sederhana Ini Bisa Bantu Kamu Memaafkan Orang Lain

Jangan terlalu sering membenci!

Setiap orang pasti memiliki rasa kesal, benci, dan tak suka terhadap orang lain. Mungkin itu terjadi karena masa lalu atau bahkan sikap dari orang lain yang menyakiti hati.

Namun, di dalam hidup ini, membenci bukanlah salah satu cara untuk menyelesaikan masalah. Justru kamu harus mudah memaafkan dan berbagi cinta kepada siapa saja untuk menenangkan hati.

Kira-kira hal seperti apa sih yang bisa membantu kamu untuk memaafkan orang yang kamu benci? Berikut jawabannya!

1. Pahami arti memaafkan

Stop Dendam, 5 Hal Sederhana Ini Bisa Bantu Kamu Memaafkan Orang LainUnsplash.com/adiconstantin

Mungkin orang yang kamu benci dulu pernah menyakitimu sehingga kamu sulit untuk memaafkan dirinya. Namun, kamu harus sadar bahwa sebenarnya maafkan itu lebih baik ketimbang dendam.

Memaafkan bukan berarti kamu membenarkan apa yang telah ia perbuat. Namun, memaafkan akan membuat orang lain sadar bahwa kamu memiliki jiwa yang kuat. Jadi, jangan takut untuk memaafkan ya!

2. Sadar bahwa itu hanya masa lalu

Stop Dendam, 5 Hal Sederhana Ini Bisa Bantu Kamu Memaafkan Orang LainUnsplash.com/drewhays

Sedih memang apabila harus mengungkit-ungkit masa lalu yang sangat menyakitkan. Namun layaknya waktu, masa lalu sudah tak mungkin di ulang kembali. Memang seseorang telah menyakiti kamu di masa lalu. Namun kamu juga harus yakin bahwa itu adalah hal lama yang tak perlu diungkit lagi. Mulailah untuk kembali berteman dan menebarkan kebaikan bersama.

Baca Juga: Ini 5 Pelajaran Berharga Ketika Kamu Berani Meminta Maaf Duluan

3. Ada kemajuan di dalam dirimu

Stop Dendam, 5 Hal Sederhana Ini Bisa Bantu Kamu Memaafkan Orang LainUnsplash.com/davidpreston

Mungkin saja orang lain menyakiti kamu karena memang ada yang salah denganmu di masa lalu. Mungkin kamu dulu terlalu angkuh sehingga orang lain menyakiti kamu dengan perkataannya. Atau hal lainnya yang sesungguhnya memang ada yang salah dengan kamu.

Namun, lihatlah dirimu saat ini. Apabila kamu menjadi pribadi yang lebih baik setelah disakiti, maka kamu juga perlu berterima kasih dengan memaafkan orang yang pernah menyakitimu. Sebab, merekalah yang membuatmu sadar akan kekuranganmu.

4. Pahami apakah dia telah menyesal

Stop Dendam, 5 Hal Sederhana Ini Bisa Bantu Kamu Memaafkan Orang LainUnsplash.com/whoislimos

Siapa pun manusia di dunia ini pasti tak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Banyak hal berjalan begitu cepat dan membuat kamu tak sadar bahwa apa yang kamu perbuat telah menyakiti orang lain. Dan apabila orang yang telah menyakitimu itu sadar akan perbuatannya dan menyesalinya maka kamu tak boleh memperpanjang masalah itu. Mungkin saja dia memang benar-benar tak bermaksud menyakitimu saat itu. 

5. Percaya akan ada kebaikan di masa depan

Stop Dendam, 5 Hal Sederhana Ini Bisa Bantu Kamu Memaafkan Orang LainUnsplash.com/agnieszkaboeske

Mungkin dahulu kamu pernah sangat-sangat kecewa karena perbuatannya. Namun saat ini kamu harus bisa menguatkan dirimu dan yakinlah bahwa masa depan akan ada hal baik lainnya. Orang yang pernah menyakitimu, tak akan selalu menjadi musuh. Mereka juga bisa menjadi penolong ketika kamu bisa berdamai dengan masa lalu.

Itulah kelima hal sederhana yang bisa membantu hatimu untuk memaafkan orang yang kamu benci. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Alternatif Kata yang Bisa Digunakan Ketika Kamu Sungkan Minta Maaf

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya