Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kita Selalu Terlihat Baik-baik Saja

Kamu pasti bisa hadapi ini semua

Mustahil hidup yang kita jalani di dunia ini dilalui dengan mulus dan tidak ada tantangan dan cobaan di dalamnya. Tetapi, tetap saja banyak orang yang menyangkal bahwa cobaan itu memberatkan dirinya. Meski begitu kita semua terbiasa memilih untuk menyembunyikan. Berikut adalah lima alasan mengapa kita selalu berusaha untuk terlihat baik-baik saja!

1. Tak ingin orang lain khawatir

5 Alasan Kenapa Kita Selalu Terlihat Baik-baik SajaAda untuk membantu (Unsplash.com/jw)

Apa yang terjadi pada diri kita, akan ikut berimbas kepada kondisi orang di sekitar kita. Apabila kita sedang bersenang-senang, maka dengan sendirinya orang-orang yang ada di sekitar kita juga merasa bahagia. Namun, apabila yang terjadi malah kita yang sedang bersedih, dengan sendirinya orang lain juga akan merasakannya.

Ketika kita menunjukkan rasa sedih atas kesulitan yang kita hadapi, ada kemungkinan bahwa orang-orang di sekitar kita juga akan terpengaruh. Mengapa? Karena orang-orang akan berusaha untuk menghibur dan membantu kita untuk keluar dari permasalahan itu. Sehingga mereka terbawa emosionalnya sama seperti kita. Oleh karenanya, kita cenderung memilih untuk menyembunyikan perasaan itu ketimbang membaginya.

2. Ingin selalu memberikan hal baik kepada orang sekitar

5 Alasan Kenapa Kita Selalu Terlihat Baik-baik SajaMengobrol bisa lewat apa saja (Unsplash.com/PriscillaDuPrezz)

Dikarenakan rasa tidak tega kita untuk membuat orang lain merasa buruk, kita cenderung berusaha membuat semua yang ada di sekitar kita 'seolah' baik-baik saja. Bahkan di saat kondisi hati kita sedang buruk sekalipun, pasti akan selalu ada rasa yang memicu kita untuk tetap bahagia.

Perlu dicatat, membagikan hal baik kepada orang sekitar bukan hanya dengan memberikan mereka hadiah atau apa pun yang berkaitan dengan materi. Tetapi, cukup dengan kebahagiaan dan energi positif yang kita tularkan, itu sudah sama dengan kita memberikan hal baik kepada mereka. Karena kebahagiaan itu datangnya tidak selalu karena benda, tetapi juga hal kecil lainnya.

Baca Juga: 5 Sikap Buruk yang Sering Dilakukan Orang Bermental Kuat, Cepat Sadar!

3. Tak ingin dianggap lemah

5 Alasan Kenapa Kita Selalu Terlihat Baik-baik SajaIlustrasi seorang pemenang (Unsplash.com/aleskrivec)

Jika kita mengeluh di depan orang lain tentu kita akan terlihat lebih lemah di mata mereka. Hal itu tentu sangat tidak disukai oleh sebagian besar orang. Di mana mayoritas dari kita pasti lebih menginginkan terlihat hebat ketimbang terlihat lebih lemah di mata orang lain.

Demi menjaga image tersebut, tak jarang kita memanipulasi keadaan agar terlihat baik-baik saja. Tak peduli dengan seberat apa masalah yang tengah kita hadapi, kita selalu berusaha untuk tetap tegar agar jauh dari pandangan buruk di mata mereka. Meski terdengar memaksakan, tetapi pada kenyataannya hampir semua orang melakukan hal ini.

4. Ada yang ingin kamu tunjukkan kepada orang lain

5 Alasan Kenapa Kita Selalu Terlihat Baik-baik SajaBerbagai opini (Unsplash.com/AnnaVanderStel)

Tak jarang ada motivasi khusus di balik tindakan kita yang bersikeras untuk terlihat baik-baik saja. Di mana ada sebagian orang yang berusaha untuk tetap tegar dikarenakan keinginannya memberi motivasi kepada orang lain untuk tetap semangat dan baik-baik saja bahkan ketika keadaan sulit sekalipun.

Hal ini merupakan tindakan positif, sebab untuk bisa terbebas dari segala masalah kita harus punya semangat dan pandangan yang positif. Terlebih dalam memecahkan sebuah permasalahan dianjurkan untuk tidak melibatkan emosi. Oleh karena itu, mengajak orang lain untuk bisa bersama-sama memiliki kontrol emosional yang baik adalah tindakan mulia.

5. Percaya kepada diri sendiri bahwa kita memang baik-baik saja

5 Alasan Kenapa Kita Selalu Terlihat Baik-baik SajaIlustrasi ketenangan hati (Pexels.com/artembeliaikin)

Hati dan pikiran memang seringkali tidak sejalan dengan apa yang kita inginkan. Keduanya saling bertolak belakang sehingga membuat kita jadi sangat emosional dalam menanggapi segala permasalahan. Hal inilah yang melatarbelakangi seseorang menentukan pilihannya untuk lebih percaya kepada dirinya sendiri.

Tidak melibatkan perasaan dan terkadang mengambil keputusan yang tak sejalan dengan akal sehat adalah buktinya. Di mana perasaan kita sedang bersedih atau kesal tetapi kita tidak ingin menanggapi perasaan itu dengan pikiran yang menggebu-gebu. Sehingga kita tetap percaya bahwa kita baik-baik saja.

Tak masalah untuk menyembunyikan permasalahan dengan dalih baik-baik saja. Namun, jika kamu benar-benar merasa sedih, maka lebih baik keluarkanlah. Karena kamu juga butuh waktu untuk melepaskan segala masalah itu.

Baca Juga: 5 Kegiatan Positif untuk Menyalurkan Emosi dengan Tepat

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Based on my perspective

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya