Comscore Tracker

Waspada, 5 Dampak Buruk Ketika Kamu Terobsesi dengan Uang

Kamu gak kekurangan kok!

Siapa sih yang tidak butuh uang? Uang merupakan salah satu hal yang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak dulu. Bahkan, orang-orang sebelum kita juga sudah mengenal uang, meski bentuknya tidak seperti yang kita gunakan sekarang ini.

Punya peran penting dalam kehidupan, terkadang kita menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mencari uang. Namun sayangnya, orang-orang lupa bahwa mencari uang itu juga ada batasannya. Terlalu terobsesi terhadap uang membuat kita menjadi lupa dengan poin-poin penting kehidupan lainnya. Berikut ini lima dampak buruk yang terjadi apabila kamu apabila kamu tidak segera ambil sikap!

1. Kurangnya waktu beristirahat

Waspada, 5 Dampak Buruk Ketika Kamu Terobsesi dengan Uangilustrasi bekerja keras (unsplash.com/Tim Gouw)

Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja demi mendapatkan uang dapat membuat kamu kekurangan waktu untuk beristirahat. Waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk me-refresh kembali pikiran dan tenaga, tidak kamu manfaatkan sehingga mengorbankan kesehatanmu sendiri.

Mungkin kamu akan terbiasa dengan hal itu, bekerja dari pagi hari bahkan hingga ke pagi lagi. Tetapi kita hanya manusia biasa yang butuh istirahat. Kita tidak akan mampu terus-terusan menahan rasa lelah. Akan ada saatnya kamu tahu bahwa kamu butuh istirahat. Dan ketika sakit nanti, kelak kamu akan sadar bahwa uang tidak akan mampu membeli kesehatan semudah itu.

2. Lebih banyak dihantui rasa gelisah

Waspada, 5 Dampak Buruk Ketika Kamu Terobsesi dengan Uangilustrasi sedih berkepanjangan (unsplash.com/Nik Shuliahin)

Seseorang menginginkan uang tentu karena ada yang ingin ia dapatkan, bukan? Pada dasarnya, manusia akan merasa gelisah dan tidak bersemangat apabila yang mereka inginkan tidak tercapai. Oleh karena itu, ketika keinginan itu belum ditunaikan maka perasaan kita cenderung lebih banyak dihantui kegelisahan.

Mendapatkan uang yang cukup untuk mencapai keinginan kamu adalah salah satu jalan keluarnya. Namun, ketika kamu terus merasa tertekan dengan keinginan tersebut, bukan tidak mungkin obsesi kamu terhadap uang akan terus bertambah. Pada akhirnya, kamu akan terus dihantui oleh kegelisahan itu sendiri.

3. Sulit bersyukur

Waspada, 5 Dampak Buruk Ketika Kamu Terobsesi dengan Uangilustrasi enahan rasa sakit di hati (unsplash.com/Maksym Kaharlytskyi)

Selalu ingin lebih dan lebih, membuat kamu akan sulit merasa bersyukur atas apa yang sudah kamu dapatkan. Kencederungan untuk mendapatkan lebih banyak uang selalu terpancar dari cara bersikap dan berbicara kamu. Tanpa harus kamu katakan bahwa kamu menginginkan lebih banyak uang, orang lain sudah lebih dahulu tahu lewat gelagat yang kamu tunjukkan.

Akan sangat berbahaya jika hal itu terus kamu perlihatkan ke orang lain. Sebab, itu akan mengubah setidaknya penilaian mereka tentang kamu. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamu menjadi kehilangan banyak orang terdekat.

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Terobsesi Terhadap Uang

4. Kurangnya rasa ingin berbagi

Waspada, 5 Dampak Buruk Ketika Kamu Terobsesi dengan Uangilustrasi saling membantu (unsplash.com/Tom Parsons)

Karena merasa selalu kekurangan, seseorang yang terlalu terobsesi pada uang akan sulit untuk berbagi. Sering kali menganggap bahwa dirinya juga kekurangan dan tidak wajib untuk memberi sedikit kepada orang lain. Padahal, jelas bahwa sedikit apapun harta yang kita miliki sebagian kecilnya adalah milik orang yang membutuhkan.

Ketika kamu berada dalam kondisi ini, segera mungkin kamu untuk mengubah cara berpikirmu terhadap uang! Tidak selamanya kita berada di bawah. Bahkan tanpa kamu sadari, mungkin kini kamu termasuk ke dalam orang-orang yang beruntung. Sayangnya, perasaan kekuranganmu itulah yang akhirnya menutup mata hatimu.

5. Sulit menikmati hidup

Waspada, 5 Dampak Buruk Ketika Kamu Terobsesi dengan Uangilustrasi merenung (unsplash.com/Raychan)

Hidup ini bukan hanya tentang bagaimana cara kita untuk menjadi pemenang. Bukan juga tentang bagaimana cara kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Hidup ini adalah tentang bagaimana kita mampu mengendalikan nafsu, mendekatkan diri kepada pencipta, dan menikmati hidup sesingkat apapun itu.

Menikmati hidup tidak melulu harus dengan uang yang banyak. Selagi kita mampu menyukuri apa yang kita punya dan tidak mengeluh tentang apapun itu, hidup akan mudah untuk dinikmati. Sebaliknya, ketika kita selalu merasa kurang dan tidak puas, maka energi buruklah yang akan menyelimuti hari-hari baik kita.

Uang itu penting, namun bukan segalanya. Apa yang kita inginkan tidak melulu bisa kita dapatkan dengan uang. Namun, ketika kita memiliki kerendahan hati dan ketulusan yang kuat. Hal semahal apapun itu bisa kita dapatkan dengan bantuan orang-orang di sekitar kita.

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya