Comscore Tracker

Jaga Mulutmu, 5 Hal Negatif Ini Suka Hantui Kamu yang Suka Asal Bicara

#IDNTimesLife Masih mau asal ceplas-ceplos?

Sebagai manusia, haram hukumnya mengucapkan kalimat dan kata-kata yang menyakiti perasaan orang lain. Meski perkataan itu benar, kita sebaiknya harus bisa menahan diri terhadap perkataan kita sendiri. Sebab, akan buruk dampaknya apabila kita suka asal bicara.

Mungkin bukan hanya sebagian orang, tetapi seluruh manusia akan merasa risih dan sakit hati apabila mendengar perkataan orang lain yang tidak pantas. Nah, berikut ini adalah lima dampak negatif yang selalu hantui mereka yang suka asal bicara!

1. Dibenci

Jaga Mulutmu, 5 Hal Negatif Ini Suka Hantui Kamu yang Suka Asal BicaraUnsplash.com/PriscillaDuPreez

Hati-hati dengan perkataan. Sebab dengan perkataan, hubungan yang baik awalnya pun bisa berubah menjadi buruk hanya lewat perkataan. Jangan anggap sepele hal ini. Banyak manusia yang sensitif terhadap kalimat-kalimat yang kita lontarkan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam berbicara, agar kamu gak dibenci oleh orang disekitar.

2. Kehilangan kepercayaan

Jaga Mulutmu, 5 Hal Negatif Ini Suka Hantui Kamu yang Suka Asal BicaraUnsplash.com/JoshuaEarle

Yang namanya kepercayaan itu besar sekali maknanya. Kamu bisa menjadi tempat berbagi pikiran, tempat berbagi kebahagiaan, juga tempat berbagi keluh kesah apabila orang lain sudah percaya kepada kamu.

Dengan begitu jangan buat mereka kecewa karena perkataanmu yang menusuk. Karena, apabila sekali saja hati ini hancur, maka akan sulit untuk memperbaikinya.

3. Diasingkan

Jaga Mulutmu, 5 Hal Negatif Ini Suka Hantui Kamu yang Suka Asal BicaraUnsplash.com/DavidPreston

Ingat zaman SD? Dulu kita sering mengasingkan/memusuhi anak-anak lain yang suka berkata kasar dan buruk kepada kita. Nyatanya, bukan hanya anak kecil, tapi orang dewasa juga bisa melakukan itu. Luka yang membekas akibat sakitnya ucapan, akan menimbulkan robekan di dalam yang jauh lebih sulit termaafkan.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Sifat Plin-plan dan Ragu-ragu, Kamu Bisa Lebih Tegas!

4. Kehilangan harga diri

Jaga Mulutmu, 5 Hal Negatif Ini Suka Hantui Kamu yang Suka Asal BicaraUnsplash.com/Jovan

Orang lain menilai kita dari bagaimana kita berpenampilan, berpikir, dan juga berucap. Manusia yang memiliki tata bahasa dan pemikiran yang baik, adalah manusia yang sempurna cara bicaranya.

Orang lain akan memandangmu buruk terlebih meremehkanmu apabila kamu memiliki cara bicara yang buruk. Oleh karena itu, sebelum berbicara maka pikiran dulu akibatnya.

5. Dipandang sebelah mata

Jaga Mulutmu, 5 Hal Negatif Ini Suka Hantui Kamu yang Suka Asal BicaraUnsplash.com/AnthonyTran
Berpikir sebelum berbicara adalah hal yang perlu dilakukan. Karena sebaik apa pun tujuanmu membicarakan hal tersebut, jika tidak dibarengi dengan pemilihan kata dan nada bicara yang baik. Maka maknanya pun akan berubah. Bijaklah dalam berbicara, karena asal bicara adalah awal dari buruknya citra mu di mata orang lain.
 
Itulah kelima dampak negatif yang menghatui kamu yang suka asal bicara. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Sifat Buruk Ini Harus Diperbaiki Kalau Mau Jadi Pasangan yang Baik

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya