Comscore Tracker

Membiarkan 5 Hal Ini Terjadi, Hanya Akan Buat Hatimu Terluka Nantinya!

Gak banget sih!

Di dalam hidup ini, memang tidak ada keharusan kita harus bersikap seperti apa dan harus meniru siapa. Tetapi, kita juga dianjurkan untuk memiliki sikap yang baik serta meniru orang-orang yang punya kebaikan dalam hati dan cara berpikirnya.

Terkadang kita bahkan lupa tentang apa yang sebaiknya kita hindari. Justru yang sebaiknya dihindari itu, terkadang terus kita biarkan dan merusak diri sendiri. Dan berikut adalah lima hal yang jika dibiarkan, hanya akan lukai hati secara perlahan!

1. Membiarkan orang lain membencimu

Membiarkan 5 Hal Ini Terjadi, Hanya Akan Buat Hatimu Terluka Nantinya!Unsplash.com/FranciscoGonzalez

Tak ada salahnya mengacuhkan orang lain, tapi bukan berarti kamu bisa dengan tenang membiarkan orang lain menanamkan rasa bencinya kepada kamu. Sebab, lambat laun hal itu berlalu, bukan hanya dia yang membencimu, tetapi juga orang di sekitarnya.

Mengapa? Karena kata-kata seseorang sangat berpengaruh kepada cara orang lain memandang mu. Dan itu akan terus tergambar dari cara orang bersikap di hadapan kamu.

2. Membiarkan orang lain mencibirmu

Membiarkan 5 Hal Ini Terjadi, Hanya Akan Buat Hatimu Terluka Nantinya!Unsplash.com/JonasWeckschmied

Mungkin kamu pernah membuat sebuah kesalahan atau perbedaan sehingga orang lain mau mencibir atas apa yang telah kamu lakukan. Walau begitu, berusahalah untuk memperbaiki kondisi ini. Jangan hanya diam ketika mereka mencibirmu.

Karena tajamnya kalimat seseorang dapat menggores hati apabila terus menyayat tanpa henti. Dan lagi pula, tak akan ada jalan keluar, jika kamu hanya diam dan tak berusaha untuk memperbaiki keadaan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Gemar Mencibir Orang Lain Bikin Hidup Tak Bermanfaat

3. Membiarkan orang lain menertawakanmu

Membiarkan 5 Hal Ini Terjadi, Hanya Akan Buat Hatimu Terluka Nantinya!Unsplash.com/MatheusFerrero

Manusia cenderung lebih mudah tertawa apabila menyaksikan hal bodoh di depannya. Entah itu ketidaksengajaan ataupun sengaja, penting sekali bagimu untuk meluruskan hal tersebut.

Semakin keras orang lain menertawakanmu, maka makin lantang pula mereka memengaruhi dirimu. Dan bukan untuk sekarang, tetapi nanti efeknya akan mulai kamu rasakan. Lebih baik luruskan, daripada kamu mulai merasa tak nyaman dengan hal itu.

4. Membiarkan orang lain merendahkanmu

Membiarkan 5 Hal Ini Terjadi, Hanya Akan Buat Hatimu Terluka Nantinya!Unsplash.com/AnthonyTran

Jangan pernah diam ketika orang lain merendahkan kamu. Kamu mungkin saat itu tidak terganggu oleh mereka yang merendahkan kamu. Tetapi, semakin lama, seperti air yang jatuh ke batu hingga akhirnya terkikis juga. Begitu pun hatimu, semakin lama itu berada di sekitar kamu. Makin dalam pula lubang yang muncul di hatimu!

5. Membiarkan orang lain mengatur hidupmu

Membiarkan 5 Hal Ini Terjadi, Hanya Akan Buat Hatimu Terluka Nantinya!Unsplash.com/SharonChristinaRorvik
Hidupmu adalah cara kamu. Jangan berikan kesempatan orang lain untuk menentukan jalan hidupmu. Kamu tahu apa yang terbaik untukmu. Tetapi jangan kesampingkan apabila mereka memberi masukan dan arahan positif. Karena itu adalah petunjuk, dan tentu berbeda dengan pengatur.
 
Bukan berarti harus menyingkirkannya, lima hal di atas memang gak bisa sepenuhnya dihindari. Pertama, kamu harus berdamai dengan keadaan daripada merutuknya. Kalau ingin mengubahnya, pastikan gak akan membebani dirimu, ya.

Baca Juga: Agar Beban Hidup Tidak Terasa Berat, Kamu Wajib Melakukan 5 Hal Ini

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya