Comscore Tracker

Jadi Ini, 5 Alasan Orang yang Sering Nangis Punya Mental Lebih Kuat

Jangan suka menahan rasa sedih!

Ketika kita sedang merasa sedih, terlalu senang, atau bahkan bimbang, menangis adalah cara kita untuk meredakan emosi tersebut. Namun, kebanyakan orang menilai bahwa mereka yang suka menangis adalah orang yang lemah.

Sebaliknya, menangis justru sebenarnya menandakan bahwa seseorang memiliki kekuatan secara emosi dan juga mental. Mereka cenderung lebih peka terhadap keadaan ketimbang orang yang suka menyembunyikan air matanya.

Kira-kira mengapa ya seseorang yang suka menangis itu memiliki mental yang lebih kuat? Berikut jawabannya!

1. Tak suka menyembunyikan perasaan di depan orang lain

Jadi Ini, 5 Alasan Orang yang Sering Nangis Punya Mental Lebih KuatUnsplash.com/whoislimos

Seseorang yang sering terlihat menangis adalah seseorang tangguh mentalnya. Sebab, mereka sama sekali tak takut untuk menunjukkan emosinya di depan orang lain. Mereka akan menunjukkan apa adanya dari yang mereka rasakan. Tak suka berpura-pura dan tak mau membohongi orang lain hanya demi terlihat tangguh. Itulah mengapa mereka memiliki mental yang cenderung lebih kuat.

2. Tak suka membohongi diri sendiri

Jadi Ini, 5 Alasan Orang yang Sering Nangis Punya Mental Lebih KuatUnsplash.com/tessarampersad

Banyak orang yang takut dengan emosi dirinya sendiri. Mereka terlalu sering berlari dari kenyataan yang menghampiri dirinya. Namun, tidak dengan mereka yang terbuka dengan perasaannya. Seseorang yang tak ragu menangis adalah orang yang tak suka berpura-pura dengan dirinya sendiri.

Mereka tahu bahwa emosi mereka akan membuat dirinya kurang terkendali. Namun mereka juga tahu bahwa berpura-pura bukanlah hal yang bisa menyelesaikan segalanya.

Baca Juga: Mudah Menangis, 7 Hal Ini Sering Dialami Oleh Kamu yang Berhati Lembut

3. Mengerti bahwa menangis bukan hanya karena hancur

Jadi Ini, 5 Alasan Orang yang Sering Nangis Punya Mental Lebih KuatUnsplash.com/gusmoretta

Menangis tak selalu tentang kehancuran dalam diri, penolakan, hingga kegagalan. Tetapi menangis juga tentang kebahagiaan yang kita rasakan. Berdasarakan sebuah penelitian psikologis, menangis mampu menstimulus otak untuk melepaskan hormon endorfin, atau hormon "kebahagiaan". Oleh karena itu saat kita merasa sakit, menangis mampu menenangkan kita dari rasa sakit tersebut.

4. Mengerti kemampuan diri yang sebenarnya

Jadi Ini, 5 Alasan Orang yang Sering Nangis Punya Mental Lebih KuatUnsplash.com/adiconstantin

Mereka yang sering menangis memang terlihat lemah di mata orang lain. Namun, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang memiliki pengertian lebih kuat terhadap dirinya sendiri. Mereka tahu seberapa kuat dirinya, mereka juga tak akan memaksanya untuk berbuat lebih dari apa yang mereka sanggupi. Dan karena itulah orang yang suka menangis jarang sekali salah dalam bertindak.

5. Lebih siap berpikir jernih

Jadi Ini, 5 Alasan Orang yang Sering Nangis Punya Mental Lebih KuatUnsplash.com/JakeMerala

Menangis adalah tindakan yang dapat membantu kita berpikir lebih baik lagi. Menangis akan membuat kita sadar dengan segala kesalahan dan penyesalan yang telah menghampiri kita.

Oleh karena itu, kita mampu berpikir lebih jernih dan menguatkan mental untuk mendapatkan apa yang semestinya kita dapatkan, dan bukan mengharapkan apa yang tak mungkin di dapatkan.

Itulah kelima alasan mengapa seseorang yang suka menangis justru memiliki mental yang lebih kuat. Intinya, seseorang yang suka menangis itu memiliki pemikiran yang lebih realistis ketimbang mereka yang suka berpura-pura terhadap emosinya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Tidak Selalu Berarti Lemah, Ini 5 Manfaat Positif dari Menangis

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya