Comscore Tracker

Bukan Tak Dihargai, Ini 5 Sebab Masukanmu Tak Diterima Orang

Jangan keburu emosi, lebih baik cari tahu sebabnya

Menyampaikan masukan atau saran adalah cara kita sebagai orang terdekat untuk membantu orang di sekitar kita dalam mengembangkan apa yang menurut kita bisa jauh lebih baik lagi. Tetapi, di balik tujuan yang mulia itu, ada juga faktor yang membuat masukan kita tidak dapat diterima oleh orang lain.

Penyebabnya kebanyakan bukan karena kita tidak dihargai oleh si penerima masukan. Hanya saja ada faktor lain yang membuat mereka ragu dan memilih untuk tidak menerima masukan tersebut. Kira-kira apa penyebab masukan kita tidak diterima? Berikut ini adalah jawabannya!

1. Menyampaikan dengan cara yang salah

Bukan Tak Dihargai, Ini 5 Sebab Masukanmu Tak Diterima Orangilustrasi sedang berdebat tanpa henti (pexels.com/mikhailnilov)

Niat yang baik harus dibarengi dengan tindakan dan penyampaian yang baik juga. Jangan sampai ketika niatmu sudah baik tetapi penyampaian dan tindakan kamu justru malah sebaliknya. Sebaik apapun niat yang sudah kamu tetapkan sebelumnya, tidak akan ada artinya dengan cara penyampaian yang buruk seperti itu.

Ketika kamu menyampaikan sebuah kritik, kesannya seperti menyayat hati. Namun, memang itu bentuk dari kritik. Tak peduli cara apa yang kamu gunakan, tetap saja kritik itu akan menjadi pertimbangan. Berbeda dengan masukan atau saran yang disampaikan secara halus. Sebaik apapun tujuannya jika penyampaiannya tidak tepat maka tidak akan diterima.

2. Masukan yang kamu sampaikan dirasa tidak relevan

Bukan Tak Dihargai, Ini 5 Sebab Masukanmu Tak Diterima Orangilustrasi berbagi opini (unsplash.com/AnnaVanderStel)

Dalam memberi masukan kepada orang lain, usahaka relevan dan masuk akal. Jangan sampai masukan yang kamu berikan justru menimbulkan perdebatan dan tidak dapat diterima dengan baik oleh orang lain. Oleh karena itu, penting menimbang lebih lanjut masukan yang akan diberikan.

Contohnya seperti ketika ada temanmu yang berjualan tahu goreng, tetapi kamu memberinya masukan untuk menambahkan isian waffer di dalam tahu tersebut. Apakah relevan? Itulah alasannya mengapa kamu harus memerhatikan baik-baik masukan yang akan disampaikan. Terlebih masukan tersebut juga akan menggambarkan pola pikirmu terhadap sebuah permasalahan.

3. Ada masukan yang lebih menarik

Bukan Tak Dihargai, Ini 5 Sebab Masukanmu Tak Diterima Orangilustrasi mengobrol dari hati ke hati (unsplash.com/PriscillaDuPrezz)

Kita harus mengerti bahwa seseorang pasti akan memilih yang terbaik untuk sesuatu yang ia cintai. Nah, jika merasa masukanmu tidak diterapkan oleh orang lain, cobalah berpikiran baik. Mungkin saja ada orang lain yang memberikan masukan yang lebih baik, sehingga apa yang kamu sampaikan dirasa belum tepat di kondisi ini.

Kembali lagi, tujuan kamu memberi masukan adalah untuk membantu orang lain mengembangkan usahanya. Jika ada saran lain yang lebih membantu kenapa tidak kamu apresiasi? Toh, tujuan dan cara penyampaiannya juga sama baiknya dengan kamu. Jadi jangan menduga-duga yang aneh, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Ngasih Saran Lebih Mudah Daripada Melakukan Sendiri 

4. Kamu pernah berbuat salah kepada si penerima masukan

Bukan Tak Dihargai, Ini 5 Sebab Masukanmu Tak Diterima Orangilustrasi merasa tidak nyaman (pexels.com/pixabay)

Jangan buru-buru menilai orang lain tidak menghargai kamu. Coba ingat-ingat lagi, apakah kamu pernah berbuat buruk kepadanya sebelumnya? Jangan sampai kamu berpikir bahwa ia melakukan kesalahan lebih dulu, padahal kamulah yang sebenarnya memulai permasalahan ini.

Terkadang orang-orang sulit untuk melupakan apa yang pernah terjadi padanya. Mungkin apa yang ingin kamu sampaikan niatnya baik. Hanya saja masa lalu belum tentu mendukung kamu untuk melakukan itu. Cobalah untuk meminta maaf dan mengerti perasaannya. Karena hubungan baik itu adalah kunci dari terjalinnya kerja sama di antara kita semua.

5. Kamu punya maksud lain dalam memberikan masukan

Bukan Tak Dihargai, Ini 5 Sebab Masukanmu Tak Diterima Orangilustrasi memberikan pendapat (unsplash.com/TrungThanh)

Ketika kita melihat ada masukan dari orang lain namun ternyata masukan yang disampaikan cenderung mengarah seperti ingin menjatuhkan, maka apa yang akan kamu simpulkan? Tentunya kamu akan berpikir bahwa orang itu punya maksud lain ketika menyampaikan masukannya, bukan?

Bisa saja kamu adalah saingan dari orang itu. Pasti aneh rasanya apabila "rival" berubah menjadi baik secara tiba-tiba. Tapi, sebaiknya alasan ini dikesampingkan, ya! Sebab, yang namanya kebaikan itu gak bisa kita nilai hanya sebelah mata.

Itu tadi beberapa alasan yang membuat masukanmu tidak diterima orang lain. Bukannya gak dihargai, mungkin saja tidak sesuai kondisi. Terlepas dari itu semua, memberi masukan adalah tindakan mulia yang punya nilai lebih. Tak peduli diterima atau tidak, tetap saja yang namanya kebaikan akan bernilai amal yang tak bisa diganggu gugat.

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Based on my perspective

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya