Comscore Tracker

Tak Asal Bicara, Yuk Cek 5 Hal Ini Sebelum Menilai Buruk Orang Lain

Jangan belagak kamu lebih hebat darinya!

Setiap orang, bebas menilai orang lain berdasarkan pengamatan dan perasaannya masing-masing. Bahkan, tanpa perlu dikatakan pun, kita sudah bisa menebak bahwa setiap orang pasti saling menilai satu sama lain.

Tetapi tahukah kamu? Bahwa sebenarnya ada beberapa hal yang patut kamu pertimbangkan sebelum menilai buruk orang lain? Sebab, menilai baik dan buruknya seseorang itu butuh pertimbangan. Gak percaya? Berikut penjelasannya!

1. Apa alasannya?

Tak Asal Bicara, Yuk Cek 5 Hal Ini Sebelum Menilai Buruk Orang LainUnsplash.com/BrookeCagle

Jangan terlalu mudah menilai buruk orang lain ketika kamu tidak punya alasan yang jelas atas penilaian itu sendiri. Jangan asal menilai buruk orang lain hanya karena kebencian kamu terhadap dirinya. Kamu juga harus tahu, bahwa penilaian kamu terhadap seseorang juga berpengaruh terhadap cara orang lain menilai si "dia." Jadi, bukan tidak mungkin ketidaksukaanmu menjadi bencana bagi dia yang kamu nilai buruk.

2. Apakah pantas?

Tak Asal Bicara, Yuk Cek 5 Hal Ini Sebelum Menilai Buruk Orang LainUnsplash.com/PriscillaDuPreez

Seberapa pantas dia mendapatkan penilaian buruk itu? Apakah dia seharusnya masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan penilaian yang lebih baik? Jangan terlalu enteng men-cap buruk orang lain, karena dampak yang terjadi nanti jauh lebih besar dari sekedar perkataan.

Oleh karena itu, lihat kembali apakah pantas dia kamu nilai seperti itu atau tidak. Sebab jika kamu hanya menilai berdasarkan nafsu, orang lain juga bisa bersikap asal seperti itu kepadamu.

Baca Juga: Sederhana, 5 Cara agar Hidup Jadi Lebih Bermanfaat bagi Orang Sekitar

3. Seburuk apa dia?

Tak Asal Bicara, Yuk Cek 5 Hal Ini Sebelum Menilai Buruk Orang LainUnsplash.com/MiguelHenriques

Jangan terlalu tega kepada orang yang notabenenya belum tentu merugikan kamu dan orang lain. Beri penghormatan dan rasa menghargaimu dalam bentuk apresiasi usaha dari beliau. Jangan dengan mudahnya kamu bilang dia buruk.

Terlalu mudah menakar buruk seseorang itu tidak ada gunanya. Barangkali, apa yang dia lakukan saat ini masih bisa termaafkan dan bukan pula hal yang sangat buruk sehingga dapat merusak citranya.

4. Apakah kamu lebih baik darinya?

Tak Asal Bicara, Yuk Cek 5 Hal Ini Sebelum Menilai Buruk Orang LainUnsplash.com/ChristianFregnan

Jika kamu ingin mencela kerja kerasnya, maka lihat juga kondisimu saat ini. Apakah kamu sudah lebih baik dari dirinya? Jangan jadi pecundang yang hanya berbicara banyak ketika dipancing. Seolah kamu lebih baik daripada dirinya, padahal kenyataannya "nol" besar. Apa yang kamu sebut buruk bukan berarti dia gagal, tetapi itu tanda sikap tidak adilmu dalam menilai pribadi orang lain.

5. Apa dampak penilaianmu bagi dirinya?

Tak Asal Bicara, Yuk Cek 5 Hal Ini Sebelum Menilai Buruk Orang LainUnsplash.com/HelenaLopes

Satu lagi yang perlu sangat kamu perhatikan sebelum menilai orang lain, khususnya penilaian buruk. Kamu tahu apa dampak penilaianmu itu kepada orang yang kamu nilai? Jika iya, maka apa dampaknya? Burukkah, atau justru positif karena dapat membangun? Itu harus kamu tentukan kemana arahnya. Jangan asal berbicara lalu menyesal nantinya karena menjadi penyebab hancurnya karakter atau karier pribadi seseorang.

Hidup bukan sekadar ajang untuk tampil lebih baik dari orang lain. Tetapi hidup juga ajang untuk menjadi pribadi yang baik di mata Tuhan dan orang di sekitar kita. Semakin baik diri kita, maka makin baik amal dan kesan positif yang ada dalam diri kita.

Baca Juga: 7 Sikap yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Kebahagiaan Hidupmu

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya