Comscore Tracker

Tak Hanya Menabung, 5 Tips Ini Bisa buat Kita Sukses di Masa Muda

#Goodlife Bisa jadi referensi di akhir bulan

Bagi sebagian orang mengatur keuangan itu salah satu caranya adalah menabung. Dan tak jarang pula yang menganggap bahwa menabung itu sangat berat. Namun rupanya ada hal kecil yang jika diamati bisa melancarkan kondisi keuangan kita. Cara-cara tersebut bisa dilakukan tanpa harus banyak perhitungan.

Tips ini sangat cocok untuk orang yang menanggap bahwa menabung itu sulit. Penasaran bagaimana caranya? Berikut 5 tips mengatur keuangan yang mudah dilakukan.

1. Sadari pembelanjaan yang sifatnya sekecil apapun

Tak Hanya Menabung, 5 Tips Ini Bisa buat Kita Sukses di Masa MudaUnsplash/azatsatlykov

Sudah sepatutnya kita mengawasi kemana uang kita dibelanjakan. Walau sifatnya itu kecil, namun sangat baik jika kita memperhatikan pengeluaran kita.

Tak jarang orang menganggap bahwa ketika ia membelanjakan uang receh tak akan memberi efek besar bagi keuangannya. Namun nyatanya tidak begitu, justru ketika kita tak benar-benar perlu belanja, maka uang receh tersebut bisa menjadi berharga saat kita membutuhkan. Jadi mulai sekarang cermati kemana uang kita dibelanjakan. Karena siapa tahu suatu hari nanti uang kita terkumpul banyak.

2. Fokus pada tujuan

Tak Hanya Menabung, 5 Tips Ini Bisa buat Kita Sukses di Masa MudaUnsplash/taylorgrote

Fokus pada tujuan atau masa depan adalah hal kunci yang sangat krusial. Setiap orang menyimpan uang, atau menabung demi tujuan dan masa depannya.

Jika kita memiliki tujuan yang jelas maka otomatis kita akan benar-benar serius dalam mengatur keuangan. Bukan hal mudah mengendalikan nafsu kita saat ingin berbelanja. Namun, ketika kita memiliki tekad untuk masa depan, bukan tak mungkin kita bisa menjadi sosok yang pintar dalam mengelola keuangan.

Baca Juga: 8 Quotes Anna Wintour Dalam Meraih Kesuksesannya di Dunia Mode

3. Hindari berbelanja hanya untuk status

Tak Hanya Menabung, 5 Tips Ini Bisa buat Kita Sukses di Masa MudaUnsplash.com/freestocks

Setiap manusia pasti ingin terlihat hebat, menawan, dan juga dipuji banyak orang. Dan salah satu cara mewujudkannya adalah dengan membeli banyak barang mewah.

Naluri setiap orang selalu ingin menjadi yang terbaik. Tentu saja mereka butuh uang banyak untuk meraih apa yang mereka inginkan. Namun hal yang semestinya dilakukan adalah menyesuaikan perbelanjaan dengan apa yang dibutuhkan. Sama sekali tak ada guna jika kita menghabiskan uang demi gengsi dan sebenarnya kita tak suka hal tersebut. Dan justru hal itu akan menajdi sia-sia.

4. Investasikan uang yang bersisa

Tak Hanya Menabung, 5 Tips Ini Bisa buat Kita Sukses di Masa MudaUnsplash.com/rawpixel

Sekarang, investasi bukanlah hal yang jarang ditemui. Bahkan anak muda sekalipun sudah pandai berinvestasi baik itu barang atau reksa dana.

Hal tersebut sangat tepat dilakukan untuk masa depan yang dituju. Zaman sekarang, investasi bisa dilakukan dengan jumlah uang yang kecil. Bayangkan saja jika kamu memiliki uang yang tersisa setiap harinya sebesar Rp 5ribu, dan sebulan kamu dapat mengumpulkan uang Rp 100ribu. Terlebih jika kita investasikan uang tersebut maka bukan tak mungkin uang yang kita anggap sedikit itu menjadi besar di kemudian hari.

5. Bekerja keras

Tak Hanya Menabung, 5 Tips Ini Bisa buat Kita Sukses di Masa MudaUnsplash.com/saulomohana

Terkadang kita berpikir, orang sukses itu hanya menikmati hidupnya yang sudah berkecukupan. Namun nyatanya yang kita pikirkan tidak seperti itu.

Justru, orang sukses itu bekerja keras untuk menggapai kesuksesan yang telah ia raih. Mereka merasa selagi usia mereka masih produktif, bukan tak mungkin mereka terus bekerja. Hal itu lah yang semestinya ditanamkan dalam diri, bahwa bekerja keras itu dapat membuat kita sukses di masa depan.

Baca Juga: 6 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Menuntunmu Pada Kesuksesan Lho

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya