Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Selalu Gugup saat Berbicara di Depan Banyak Orang

Ketahui permasalahannya biar gampang cari solusinya

Public speaking menjadi salah satu kemampuan yang perlu dikuasai oleh siapa pun. Tentu saja akan terasa berbeda saat berbicara di depan banyak orang dengan berbicara kepada diri sendiri.

Sayangnya, tidak semua orang senang saat berbicara di khalayak ramai. Terkadang, rasa gugup pun menghantui saat hendak mulai berbicara.

Namun, sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang merasa gugup berbicara di publik. Apa sajakah itu? Simak ulasan selengkapnya, yuk!

1. Gak percaya diri karena belum terbiasa

5 Alasan Kamu Selalu Gugup saat Berbicara di Depan Banyak Orangilustrasi orang pemalu (unsplash.com/Jason Yoder)

Gak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang sudah punya pengalaman berbicara pasti lebih percaya diri dibandingkan mereka yang masih minim pengalaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk latihan dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Kalau sudah terbiasa, pasti kamu akan lebih berani dan percaya diri berbicara di hadapan puluhan hingga ribuan orang sekalipun. Kamu bisa mengasah kemampuan public speaking mulai dari hal sederhana, seperti berbicara di depan cermin.

2. Tidak menguasai materi yang akan disampaikan

5 Alasan Kamu Selalu Gugup saat Berbicara di Depan Banyak Orangilustrasi public speaking (unsplash.com/Product School)

Meski sudah bisa dibilang ahli pada topik yang dibahas, namun kamu tetap harus mempelajari ulang materi yang akan disampaikan. Belajarlah untuk menyampaikan materi secara terstruktur demi menghindari kesalahan.

Penguasaan materi menjadi hal yang sangat penting untuk pertama kali dikuasai. Sebab, jika kamu tidak dapat apa yang akan kamu sampaikan maka bisa mempermalukan dirimu sendiri di hadapan orang lain.

3. Tidak mau memandang penonton

5 Alasan Kamu Selalu Gugup saat Berbicara di Depan Banyak Orangilustrasi public speaking (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Biasanya ini terjadi kepada mereka yang masih minim pengalaman berbicara di depan publik. Mereka menganggap dengan memandang dinding yang di depan mata atau langit-langit akan membuatnya lebih aman. Akan tetapi, cara ini sangat tidak direkomendasikan.

Sebaiknya arahkan pandanganmu ke penonton. Tidak usah menatap mata secara langsung, namun cobalah untuk melihat dahi penonton agar konsentrasimu tidak terganggu.

Baca Juga: 6 Tips Asah Kemampuan Public Speaking biar Gak Gampang Grogi

4. Takut akan sebuah kritikan

5 Alasan Kamu Selalu Gugup saat Berbicara di Depan Banyak Orangilustrasi perempuan bertanya (unsplash.com/Wonderlane)

Manusiawi bila masih ada orang yang takut dikritik. Namun, namanya manusia, pasti tidak luput dari kesalahan. Mendengarkan kritikan sangat dianjurkan untuk kamu yang ingin maju. Kritik dari orang lain bisa jadi motivasi agar bisa memperbaiki diri ke depannya.

Silakan petik pelajaran dari kritik yang membangun. Kamu juga berhak untuk mengabaikan kritik-kritik yang sifatnya menjatuhkan. Percayalah, kritik atau saran dari orang lain sangat penting untuk meningkatkan kemampuan public speaking-mu.

5. Trauma dengan pengalaman masa lalu

5 Alasan Kamu Selalu Gugup saat Berbicara di Depan Banyak Orangilustrasi seminar (unsplash.com/Teemu Paananen)

Tak jarang pula ada orang yang gugup berbicara di depan publik karena punya pengalaman pahit. Mungkin sebelumnya ia sudah pernah bicara di hadapan orang banyak.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kejadian tidak mengenakkan yang pernah terjadi di masa lalu dapat menghantui seseorang. Kamu perlu mengetahui penyebab satu ini, lho.

Kalau kamu masih sering gugup saat berbicara, cobalah untuk introspeksi diri dulu. Apakah salah satu dari lima hal di atas menjadi penyebabnya? Yuk, ketahui dulu akar masalahnya supaya kamu bisa menemukan solusi yang tepat!

Baca Juga: 5 Tips Anti Gugup di Hari Pertama Bekerja, Tunjukkan yang Terbaik!

Zam Zam Photo Verified Writer Zam Zam

Masa depan tidak akan seburuk itu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya