Comscore Tracker

Hindari 5 Pola Pikir Ini Agar Kamu Bisa Makin Berkembang

Karena setiap manusia perlu punya kemajuan

Gak bisa dimungkiri bahwa setiap individu memiliki pegangan tersendiri dalam menjalani hidup. Pola pikir yang dipegang oleh seseorang bisa saja berbeda dengan yang lainnya. Ada yang pola pikirnya lebih terbuka sedangkan sebagiannya lagi lebih tertutup.

Sayangnya gak semua yang menjadi pegangan itu bisa memberi dampak positif. Beberapa di antaranya bisa saja jadi penghambat bagimu untuk berkembang. Demi kebaikanmu, sebaiknya hindari lima mindset negatif ini, ya!

1. Enggan bersaing

Hindari 5 Pola Pikir Ini Agar Kamu Bisa Makin Berkembangilustrasi belajar di kelas (unsplash.com/Taylor Wilcox)

Bersaing tidak harus dilakukan di lapangan hijau atau di arena balap. Persaingan yang sehat dapat kamu terapkan dalam kehidupan. Misalnya saja saat belajar di kelas kamu bisa berusaha bersaing dengan rekan sekelasmu untuk meraih nilai tertinggi.

Hal ini dapat memicumu untuk terus belajar agar dapat meraih nilai yang lebih baik di kemudian hari. Dengan demikian dorongan untuk terus berkembang akan selalu ada dalam dirimu. Tapi perlu diingat, bersainglah secara sehat dan sewajarnya saja, ya!

2. Malas berinteraksi dengan orang sekitar

Hindari 5 Pola Pikir Ini Agar Kamu Bisa Makin Berkembangilustrasi bersosialisasi (unsplash.com/Eliott Reyna)

Berinteraksi dengan orang lain bukan hanya perkara menambah relasi pertemanan. Tetapi dengan rajin berinteraksi kepada orang lain juga mampu membuatmu belajar lebih banyak tentang kepribadian seseorang.

 Tidak semua orang memiliki sifat yang sama, sehingga dengan sering berjumpa orang lain kamu dapat mempelajari perilaku dan emosinya. Kamu tentu bisa belajar banyak dari orang-orang yang kamu temui. Tapi kalau di masa pandemik, sebaiknya pertemuannya dilakukan secara daring saja, ya!

Baca Juga: Yuk, Lawan Rasa Malas Kamu dengan Terapkan 5 Pola Pikir Ini

3. Tidak punya motivasi hidup

Hindari 5 Pola Pikir Ini Agar Kamu Bisa Makin Berkembangilustrasi pria tidak bermotivasi (unsplash.com/Jakob Owens)

Motivasi yang ada dalam diri merupakan suatu hal yang pertama kali harus dikuatkan bila ingin berkembang. Motivasi ibarat api, bila padam maka tak ada cahaya yang akan menerangi jalanmu. Tetapi jika ia menyala maka segala rintangan nampak jelas di hadapanmu dan dapat dilewati berkat cahaya api motivasimu.

Tidak memiliki motivasi untuk berkembang hanya membuatmu terus-menerus melakukan hal tidak bermanfaat. Contohnya saja merasa nyaman bila rebahan seharian tanpa mendapat gangguan. Padahal sebenarnya sadar bahwa dirinya tidak mungkin selamanya begitu-begitu terus.

4. Terlalu pasrah pada keadaan

Hindari 5 Pola Pikir Ini Agar Kamu Bisa Makin Berkembangilustrasi pria dekat jendela (unsplash.com/Sasha Freemind)

Belum berjuang tapi sudah menyerah duluan, bagaimana bisa berkembang kalau pola pikirnya seperti itu? Terkadang ada juga orang yang malah membiarkan apa yang akan terjadi tetaplah terjadi. Untung-untung kalau itu adalah kejadian yang menguntungkan tetapi bila merugikan bisa lain jalan ceritanya.

Pasrah pada keadaan sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Akan tetapi, sebelum pasrah pastikan usaha terbaik telah kamu lakukan terlebih dahulu sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari.

5. Selalu menunggu arahan

Hindari 5 Pola Pikir Ini Agar Kamu Bisa Makin Berkembangilustrasi presentasi (unsplash.com/ThisisEngineering RAEng)

Pola pikir tidak punya inisatif sendiri juga sangat buruk untuk diterapkan dalam kehidupan. Orang yang selalu menunggu instruksi terkesan sebagai bayi baru lahir. Mau makan apa saja harus disuap padahal dirinya sudah bukan anak kecil lagi. Cobalah untuk berpikir kreatif bila hendak mengerjakan sesuatu. Jika kamu masih butuh bimbingan, janganlah malu untuk sesekali bertanya pada ahlinya.

Gak semua pola pikir itu baik untuk dijadikan pegangan hidup. Memang setiap individu bebas untuk memilih apa yang mereka ingin yakini. Namun, jika bisa lebih bijak dalam menentukan pilihan tentu kamu bisa mengembangkan diri jadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Pola Pikir Negatif yang Bikin Hidup Sulit Berkembang, Segera Buang!

Zam Zam Photo Verified Writer Zam Zam

Masa depan tidak akan seburuk itu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya