Comscore Tracker

6 Amalan pada 10 Muharam, Berlimpah Pahalanya!

Bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT

Bulan Muharam menjadi salah satu bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Hal ini karena Allah SWT senantiasa memberikan pahala yang sangat berlimpah kepada hamba-Nya pada bulan tersebut.

Selain itu, dalam bulan Muharam, tepatnya 10 Muharam, terdapat banyak amalan yang bisa dilakukan dengan ganjaran pahala yang sangat besar. Apa saja itu? Simak informasinya di bawah ini.

1. Menjalankan puasa

6 Amalan pada 10 Muharam, Berlimpah Pahalanya!pexels.com/Engin Akyurt

Abu Hurairah RA berkata jika Rasulullah SAW bersabda,

“Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam. Dan salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam.” (HR Muslim 1162).

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda, 

“Puasalah kalian pada hari Asyura dan berbedalah dengan orang Yahudi. Puasalah kalian sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya.” (HR Ath-Thahawy dan Al-Baihaqy serta Ibnu Khuzaimah 2095).

Oleh karena itu, puasa sunah yang dilakukan pada hari kesembilan dan kesepuluh pada bulan Muharam sering disebut dengan Tasua dan Asyura.

2. Memberikan harta untuk keluarga dan istri

6 Amalan pada 10 Muharam, Berlimpah Pahalanya!pexels/Jack Sparrow

Rasulullah SAW bersabda,

“Dan berikan kelonggaran harta kepada keluargamu di hari Asyura, sebab orang yang memberikan kelonggaran harta kepada Istri dan keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan melonggarkan rezekinya orang tersebut setiap tahun."

Dalam hadis tersebut, dianjurkan untuk memberi atau menyisihkan sedikit harta yang dimiliki untuk keluarga dan istri supaya akan dilapangkan harta setiap tahunnya bagi orang yang memberikan harta tersebut. Selain uang, memberi harta pada keluarga atau istri juga bisa dilakukan dengan cara berbelanja makanan dan minuman melebihi dari hari biasanya.

3. Membaca surat Al-Ikhlas dan Ayat Kursi

6 Amalan pada 10 Muharam, Berlimpah Pahalanya!unsplash.com/RachidOucharia

Pada 10 Muharam, ternyata umat muslim juga dianjurkan untuk membacakan surat Al-Ikhlas sebanyak seribu kali dan ayat kursi sebanyak seratus kali. Kemudian, dilanjutkan dengan membaca "Khasbunallahu wa ni'mal wakiil, ni’mal maulaa wa ni’mannashiir" sebanyak 70 kali. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah yang berbunyi:

“Barang siapa menghidupkan malam Asyura dengan beribadah kepada Allah SWT, maka seolah-olah ia telah beribadah seperti ibadahnya para malaikat di langit”.

Baca Juga:  9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam Islam

4. Bersedekah

6 Amalan pada 10 Muharam, Berlimpah Pahalanya!freepik.com/blanscape

Bersedekah pada 10 Muharam atau hari Asyura juga sangat dianjurkan. Hal ini tertera dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi,

“Barang siapa bersedekah di hari Asyura, maka dirinya tersebut seakan-akan belum pernah menolak terhadap orang yang meminta-minta.”

Selain itu, Rasulullah SAW juga pernah mengatakan,

“Barang siapa bersedekah dengan seteguk air kepada orang lain di hari Asyura maka ia akan merasakan tegukan air di hari yang sangat menghauskan kelak (ketika hari kiamat) dan ia tidak akan pernah merasakan haus selamanya setelah minum air tersebut kelak dan seolah-olah ia tidak pernah berbuat durhaka kepada Allah sekejap mata pun. Dan barang siapa bersedekah dengan sekali sedekahan, maka ia seolah selalu bersedekah kepada setiap pengemis yang meminta-minta padanya”.

5. Salat 4 rakaat

6 Amalan pada 10 Muharam, Berlimpah Pahalanya!IDN Times/Dwi Agustiar

Sebelum jatuh 10 Muharram, ada baiknya kamu melaksanakan salat 4 rakaat dengan ketentuan setiap rakaatnya membaca surat Al-Fatihah sebanyak satu kali dan juga surat Al-Ikhlas sebanyak 51 kali. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW:

“Barang siapa salat 4 rakaat di hari Asyura (10 Muharram) setiap rakaat membaca Al-Fatihah 1 kali dan Al-Ikhlas 51 kali, maka Allah SWT akan memberikan ampunan atas dosa-dosanya selama 50 tahun.”

6. Muhasabah diri

6 Amalan pada 10 Muharam, Berlimpah Pahalanya!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu pernah berkata, 

“Tiada yang pernah ku sesali selain keadaan ketika matahari tenggelam, masa hidupku berkurang, namun amalanku tidak bertambah.”

Berdasarkan hal di atas, sebagai manusia, kita harus menyadari dan melakukan introspeksi atau muhasabah diri mengenai apakah amal sudah semakin bertambah atau justru dosa yang semakin bertambah. Terlebih, usia kita akan bertambah setiap tahunnya dan kita tidak tahu kapan akan meninggalkan dunia.

Itu dia beberapa amalan baik yang perlu kamu lakukan pada tanggal 10 Muharram nanti sesuai dengan sunah yang ada. Ingat, melaksanakan amalan tersebut dapat diganti dengan pahala yang berlimpah. Jadi, jangan lupa mengerjakannya, ya!

Baca Juga: 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Agar Cepat Mendapatkan Jodoh 

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya