Comscore Tracker

5 Cara Atasi Stres Akibat Problem Finansial, Stop Panik & Cari Peluang

Percayalah semuanya akan baik-baik saja!

Pada dasarnya, tidak semua orang memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan. Jika kamu termasuk orang yang tidak pandai mengelola pendapatan dan pengeluaran, bisa saja hal tersebut menyebabkan stres akibat masalah keuangan.

Sebelum berujung depresi, yuk simak beberapa tips mengatasi stres akibat masalah finansial berikut ini!

1. Jangan panik dan terima kenyataan yang ada!

5 Cara Atasi Stres Akibat Problem Finansial, Stop Panik & Cari Peluangpixabay/Free-Photos

Saat kamu mengalami stres akibat masalah keuangan, ada baiknya untuk tetap fokus dan tenang dalam menerima kenyataan. Kendalikan dirimu untuk tidak terpengaruh oleh hal lain yang bisa menyebabkan tingkat kecemasan menjadi lebih besar.

Hindari juga bereaksi berlebihan seperti menangis atau mengeluh pada orang lain secara terus menerus. Hal tersebut tidak memiliki arti, selain menghabiskan waktu dan energi.

2. Jangan melampiaskan stres dengan hal lain yang bisa saja berakibat lebih buruk!

5 Cara Atasi Stres Akibat Problem Finansial, Stop Panik & Cari Peluangpexels/Victoria Borodinova

Kondisi stres akibat masalah keuangan, tidak jarang mendorong diri untuk melakukan kegiatan yang tidak sehat. Misalnya, melampiaskan masalah yang ada dengan merokok, minum-minuman keras, berjudi, atau bahkan mencuri barang milik orang lain!

Jika hal-hal tersebut mulai terpikirkan olehmu, sebaiknya segera minta bantuan psikolog! Sebab, bisa saja stres yang kamu alami sudah berkembang menjadi depresi.

3. Kurangi pengeluaran dan mulai buat rencana keuangan

5 Cara Atasi Stres Akibat Problem Finansial, Stop Panik & Cari PeluangPexels/Karolina Grabowska

Untuk membuat pendapatan dan pengeluaran kembali stabil, tentunya kamu butuh rencana keuangan yang baik. Dalam hal ini, coba tulis anggaran pengeluaran kamu selama beberapa bulan terakhir, kemudian mulai kurangi biaya yang tidak diperlukan!

Ingat! Jika ingin kondisi finansial kamu lebih stabil, maka utamakan pengeluaran untuk hal yang penting atau prioritas saja.

Baca Juga: Kamu Mulai Merasa Stres? Coba 6 Teknik Yoga Ini untuk Mengatasinya 

4. Coba ubah masalah yang dihadapi menjadi sebuah peluang untuk jadi pribadi yang lebih baik

5 Cara Atasi Stres Akibat Problem Finansial, Stop Panik & Cari Peluangpexels/Vlada Karpovich

Meski sangat sulit, masalah finansial bisa saja membawa perubahan ke arah yang lebih baik, lho! Ini karena dalam momen tersebut, kamu dituntut untuk memikirkan cara memotivasi diri dan keluar dari masalah yang ada.

Cobalah untuk mengambil hikmah yang positif pada masa seperti ini, seperti mempelajari keterampilan baru, melakukan pekerjaan sampingan, atau memulai usaha bisnis sendiri. Kamu hanya perlu fokus, tenang, dan berpikir lebih kreatif untuk keluar dari masalahmu.

5. Mengikuti layanan konseling

5 Cara Atasi Stres Akibat Problem Finansial, Stop Panik & Cari PeluangPexels/cottonbro

Ketika merasa permasalahan finansial ini sudah sangat memberatkan dirimu, cobalah lakukan layanan konseling dengan orang yang profesional seperti psikolog! Cara ini efektif untuk mengatasi emosi yang ada di balik rasa khawatir terhadap finansial dirimu.

Setelah merasa tenang, kamu bisa lanjut melakukan konsultasi mengenai perencanaan keuangan guna membantu mengendalikan keuangan kamu ke depannya.

Itu dia beberapa cara efektif untuk mengatasi perasaan stres yang muncul akibat masalah finansial. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Aktivitas yang Patut Dicoba Introvert Untuk Melepas Stres

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya