Comscore Tracker

5 Cara Menenangkan Pikiran Setelah Terkena PHK, Jangan Sampai Depresi!

Tetap semangat, ya!

Ketika dipecat dari pekerjaan wajar saja jika seseorang akan merasakan berbagai jenis emosi yang bercampur aduk. Meski demikian, jangan sampai emosi negatif tersebut muncul berlarut-larut dan memengaruhi kesehatan fisik serta psikis dirimu. Untuk itu, coba lakukan beberapa hal berikut ini untuk menenangkan pikiranmu ketika baru saja dipecat dari pekerjaan.

1. Jangan mengisolasi diri

5 Cara Menenangkan Pikiran Setelah Terkena PHK, Jangan Sampai Depresi!Freepic/tzido

Secara umum, hal pertama yang akan dilakukan oleh orang yang merasa sangat kecewa dan marah besar adalah mengisolasi dirinya. Namun, kecenderungan untuk mengisolasi diri ini ternyata justru dapat merusak hubungan sosialmu, bahkan bisa saja melewatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang baru.

Selain itu, menyendiri hanya akan membuat dirimu merasa semakin terpuruk dalam perasaan emosi negatif. Oleh karenanya, cobalah bercerita kepada orang terdekat yang kamu miliki. Bila perlu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan psikolog atau orang yang profesional.

2. Ceritakan permasalahan ini kepada orang terdekat

5 Cara Menenangkan Pikiran Setelah Terkena PHK, Jangan Sampai Depresi!unsplash/kate kalvach

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu cara menenangkan pikiran setelah di PHK adalah dengan membicarakan permasalahan yang ada kepada orang terdekat atau bahkan psikolog. Namun, dalam hal ini kamu perlu mempertimbangkan waktu yang tepat untuk berbicara kepada orang-orang tersebut.

Sebab, biasanya ketika baru di PHK emosi kamu sedang berada pada puncaknya. Nah, bisa saja tanpa sadar kamu justru mengatakan hal buruk mengenai mantan atasan ataupun rekan kerjamu. 

3. Jangan berlarut-larut dalam emosi

5 Cara Menenangkan Pikiran Setelah Terkena PHK, Jangan Sampai Depresi!Unsplash/Joshua Rawson-Harris

Jangan biarkan dirimu terus tenggelam dalam emosi negatif. Sebab, semua emosi negatif tersebut hanya akan menimbulkan rasa frustrasi yang mendalam. Tidak hanya itu, memikirkan sebuah permasalahan secara berlebihan juga dapat menguras energi yang cukup banyak. Nah, ada baiknya jika energi tersebut kamu gunakan untuk mencari kesempatan kerja yang baru, bukan?

Baca Juga: 7 Pelampiasan Stres Ini Hanya Akan Bikin Kamu Semakin Stres

4. Aktif berolahraga

5 Cara Menenangkan Pikiran Setelah Terkena PHK, Jangan Sampai Depresi!pexels/Nathan Cowley

Menjadi lebih aktif dalam berolahraga merupakan cara terbaik untuk menenangkan pikiran sekaligus menjaga kesehatan. Sebab, kegiatan ini dapat mengalihkan pikiranmu dari permasalahan yang sedang dihadapi dan juga memberikan dampak yang baik bagi kesehatan fisik serta mental. Bahkan, berolahraga juga dapat memberikan lebih banyak energi untuk memulai hari yang baru.

5. Menerima kenyataan dan berusaha mengumpulkan referensi untuk mendapatkan pekerjaan baru

5 Cara Menenangkan Pikiran Setelah Terkena PHK, Jangan Sampai Depresi!Pexels/artempodrez

Salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan baru yang layak dan cocok untukmu adalah dengan menyertakan referensi dari orang-orang yang pernah bekerja denganmu dan mengenal dirimu dengan baik. Dalam hal ini, kamu bisa meminta referensi dari mantan atasan ataupun rekan kerja. Tentukan nama-nama penting dari perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya dan jadikan mereka sebagai referensi untuk mendukungmu mendapatkan pekerjaan di tempat baru.

Dipecat dari pekerjaan adalah sebuah momen yang sangat menyedihkan. Amarah, rasa sedih, bahkan rasa kecewa berkumpul jadi satu. Namun ingat, jangan terlalu lama tenggelam dalam emosi tersebut dan sadar bahwa dirimu lebih hebat daripada yang kamu kira.

Baca Juga: 6 Teknik Yoga untuk Mengatasi Stres, Simpel Tak Perlu Keluar Rumah

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya