Comscore Tracker

5 Fakta Melinda Gates, Jadi Pengusaha dan Dermawan di Amerika

#IDNTimesLife Ia membuat usaha amal untuk kesehatan global

Melinda Ann French atau lebih dikenal sebagai Melinda Gates, adalah sosok yang dikenal sebagai pengusaha wanita dan dermawan di Amerika. Salah satu pencapaian terbesar dalam hidupnya adalah berhasil mendirikan yayasan amal Bill & Melinda Gates Foundation bersama mantan suaminya yang merupakan salah satu pendiri Microsoft Corporation, Bill Gates.

Namun, dalam menjalani kehidupannya, Melinda tidak serta merta langsung terjun ke dalam usaha amal. Ia harus melalui proses panjang hingga akhirnya memutuskan untuk fokus membangun usaha amal dan membantu dunia dalam menangani masalah kesehatan. 

Nah, berikut ini beberapa fakta menarik mengenai Melinda Gates yang jarang sekali diketahui oleh orang banyak. Penasaran? Simak langsung ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Melinda menempuh studi ilmu komputer, bidang yang saat itu masih jarang diminati oleh perempuan

5 Fakta Melinda Gates, Jadi Pengusaha dan Dermawan di AmerikaMelinda Gates (instagram.com/melindafrenchgates)

Melinda Gates merupakan sosok perempuan yang sangat unik. Bagaimana tidak? Sejak berada pada bangku SMA, dirinya sudah tertarik mempelajari ilmu komputer yang saat itu masih identik dengan laki-laki.

Dalam laman britannica.com, Melinda pertama kali tertarik pada komputer ketika seorang guru kelas tujuh menempatkannya di kelas matematika tingkat lanjut. Setelah lulus dari Akademi Ursulin (SMA perempuan Katolik), ia pun melanjutkan studi Ilmu Komputer dan Ekonomi di Duke University dan lulus dengan gelar MBA pada tahun 1987.

2. Setelah lulus, ia sempat bergabung dengan Microsoft. Namun, ia harus memilih keluar untuk berkonsentrasi pada keluarga dan usaha amalnya

5 Fakta Melinda Gates, Jadi Pengusaha dan Dermawan di AmerikaMelinda Gates (instagram.com/melindafrenchgates)

Setelah lulus kuliah, ia memutuskan untuk bergabung dengan Microsoft dalam divisi pengembangan produk pada tahun 1987. Tepatnya, sebagai manajer umum produk informasi. Setelah itu, ia menikah dengan Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft, pada 1 Januari 1994.

Kemudian, setelah anak pertama mereka lahir, tepatnya pada 1996, dia memutuskan untuk keluar dari perusahaan dan berkonsentrasi pada keluarga serta membangun usaha amal yang ia dirikan bersama Bill Gates.

3. Tiga tahun membangun usaha amal, Melinda berhasil meluncurkan Gates Library yang kini berganti nama jadi Bill & Melinda Gates Foundation

5 Fakta Melinda Gates, Jadi Pengusaha dan Dermawan di AmerikaMelinda Gates (instagram.com/melindafrenchgates)

Bersama suaminya kala itu, Melinda memulai usaha amal pada 1994 dengan atas perintah ayah Bill, yakni William H. Gates. Upaya pertama mereka dalam usaha amal tersebut adalah mengejar program kesehatan global serta proyek di Pacific Northwest.

Tiga tahun kemudian, Melinda dan Bill berhasil meluncurkan Gates Library Foundation yang kemudian berganti nama menjadi Gates Learning Foundation pada 1999. Usaha amal ini awalnya dibangun untuk memberi manfaat bagi perpustakaan Amerika Utara dengan fokus khusus membawa teknologi Internet ke perpustakaan umum. 

Sukses dengan proyek pertama, mereka menciptakan program Gates Millennium Scholars (1999) yang mengarahkan dana $ 1 miliar untuk hibah studi minoritas. Kemudian, pasangan ini mengonsolidasikan kepentingan amal mereka pada tahun 2000 sebagai Bill & Melinda Gates Foundation dengan sumbangan yang dilaporkan sebesar $17 miliar.

Baca Juga: Deretan Pengusaha Sukses Ini Ternyata Sahabat Rasulullah

4. Pada Mei 2006 usaha amal yang ia dirikan dianugerahi Penghargaan Pangeran Asturias Spanyol untuk Kerjasama Internasional

5 Fakta Melinda Gates, Jadi Pengusaha dan Dermawan di AmerikaMelinda Gates (instagram.com/melindafrenchgates)

Pada Mei 2006, Bill & Melinda Gates Foundation dianugerahi Penghargaan Pangeran Asturias Spanyol untuk Kerjasama Internasional. Pada bulan Juni di tahun yang sama, investor miliarder Warren Buffett yang juga teman pasangan itu, mengumumkan rencana untuk mengarahkan sekitar $30 miliar kekayaannya ke Gates Foundation di tahun-tahun berikutnya.

Berkat hal tersebut, yayasan Gates jadi yayasan terbesar di dunia dengan jumlah aset sekitar $60 miliar dalam 20 tahun ke depan. Untuk mengantisipasi kebutuhan pertumbuhannya, Gates Foundation direorganisasi menjadi tiga divisi, yang mana salah satunya adalah kesehatan global (termasuk nutrisi).

Melalui perubahan ini, yayasan menggarisbawahi komitmennya untuk menyelesaikan masalah kesehatan di seluruh dunia dengan penekanan khusus pada pengembangan pengobatan dan vaksin untuk malaria, HIV/AIDS, dan tuberkulosis, mengendalikan serangga yang menularkan penyakit, dan mengembangkan makanan super untuk memerangi malnutrisi. 

Terlepas dari sumbangan besar dan kekayaan pribadi Gates, yayasan tidak mendanai program sendirian. Sebaliknya, ia memaksa organisasi, perusahaan, dan bahkan negara lain untuk membantu menjamin program. 

Pendekatan kolaboratif tersebut memunculkan pepatah Afrika yang dikutip oleh Melinda dan yang lainnya di Gates Foundation, yakni “Jika kamu ingin berjalan cepat, pergilah sendiri. Jika kamu ingin berjalan jauh, pergilah bersama-sama.”

5. Dirinya juga turut dianugerani Presidential Medal of Freedom pada 2016 silam dan menulis sebuah buku inspiratif berjudul The Moment of Lift

5 Fakta Melinda Gates, Jadi Pengusaha dan Dermawan di AmerikaMelinda Gates (instagram.com/melindafrenchgates)

Berkat kerja keras Melinda dalam membantu kesejahteraan dunia dengan menyuarakan amal bagi kesehatan global, Presiden Amerika kala itu (2016), Barrack Obama, menganugerahi dirinya Presidential Medal of Freedom.

Dilansir obamawhitehouse.archives.gov, penghargaan tersebut merupakan penghargaan sipil tertinggi yang diberikan kepada seseorang yang sangat berjasa bagi keamanan atau kepentingan nasional AS, perdamaian dunia, atau untuk kepentingan budaya dan masyarakat.

Selain itu, dirinya juga membagikan kisah dari orang-orang inspiratif yang ia temui selama bekerja dan bepergian ke seluruh dunia dalam sebuah buku berjudul "The Moment of Lift: How Empowering Women Changes the World" yang terbit pada 2019 silam.

Demikian beberapa fakta menarik mengenai Melinda Gates yang ternyata memiliki kebaikan luar biasa di dalam dirinya. Semoga fakta positif dari kisah Melinda ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk menciptakan kebaikan serupa.

Baca Juga: Kisah Desi, Mahasiswi yang Bisnis Henna Bermodal Tutorial YouTube

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya