Comscore Tracker

5 Keuntungan Buka Puasa Bersama di Rumah dengan Anggota Keluarga

#RamadanDiRumah Bisa lebih hemat..

Salah satu dampak yang terjadi dengan adanya pandemik COVID-19 di bulan Ramadan adalah tidak dapat menjalankan tradisi buka puasa bersama dengan teman serta kerabat di luar ramah.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, hal tersebut justru bisa memberikan sebuah keuntungan, lho! Nah, berikut ini beberapa keuntungan buka puasa bersama di rumah yang bisa kamu rasakan.

1. Tidak memiliki batasan waktu untuk berbuka

5 Keuntungan Buka Puasa Bersama di Rumah dengan Anggota Keluargapexels/mentatdgt

Setiap restoran atau kafe pasti memiliki jadwal operasional atau waktu reservasi yang terbatas. Sehingga, waktu berbuka puasa pun menjadi lebih singkat dan harus terburu-buru.

Dengan berbuka puasa di rumah, tentunya kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Kamu bisa lebih santai karena tidak ada batas waktu yang ditentukan.

2. Lebih hemat biaya

5 Keuntungan Buka Puasa Bersama di Rumah dengan Anggota KeluargaIlustrasi uang. IDN Times/Dokumen pribadi

Ketika menjalankan tradisi berbuka puasa di restoran atau kafe, tentu kamu harus mengeluarkan budget ekstra. Apalagi, jika acara buka puasa tersebut dilakukan di restoran ternama yang memiliki daftar menu dengan harga selangit.

Namun, berbeda jika kamu berbuka puasa bersama anggota keluarga di rumah. Sebab, kamu bisa jadi lebih hemat karena tidak harus mengeluarkan uang sepeser pun.

3. Lebih hemat tenaga

5 Keuntungan Buka Puasa Bersama di Rumah dengan Anggota Keluargapexels/mentatdgt

Bukan hanya hemat secara finansial saja, buka puasa di rumah juga bisa menghemat tenaga. Ini karena biasanya, ketika berbuka puasa di luar rumah, kamu harus menghadapi kemacetan dan mencari-cari lokasi berbuka.

Sedangkan, berbuka di rumah justru bisa membuat kamu memiliki waktu lebih banyak untuk beristirahat atau sekadar rebahan. Kamu juga tidak perlu berebut tempat untuk makan dengan orang lain agar tidak kehabisan.

Baca Juga: Tata Cara dan Manfaat Puasa Daud, Puasa Sunah yang Disukai Allah SWT

4. Leluasa berkomunikasi antar anggota keluarga

5 Keuntungan Buka Puasa Bersama di Rumah dengan Anggota KeluargaPixabay/272447

Berbuka puasa bersama anggota keluarga di rumah, juga menjadi salah satu kegiatan positif. Sebab, dengan hal tersebut, kamu bisa menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan lebih baik.

Apalagi, kamu bisa lebih leluasa bercakap dengan anggota keluarga lain. Sekali lagi, ini karena tidak adanya batasan waktu.

5. Hubungan keluarga menjadi semakin akrab

5 Keuntungan Buka Puasa Bersama di Rumah dengan Anggota KeluargaUnsplash/nci

Ketika komunikasi dapat terjalin lebih baik, maka terdapat sebuah keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Hal tersebut adalah membuat hubungan keluarga menjadi lebih hangat, akrab, dan seru. Bahkan, setelah itu, kamu bisa lanjut dengan salat tarawih berjemaah.

Itulah lima keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika berbuka puasa bersama dengan anggota keluarga di rumah. Oleh karena itu, jangan lupa selalu bersyukur, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Tidak Sah, Wajib Tahu!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya