Comscore Tracker

7 Keutamaan Berzikir Setelah Menunaikan Salat Wajib, Jalan Masuk Surga

#RamadanDiRumah Jangan lupa berzikir, ya!

Setelah ibadah salat wajib, ada baiknya agar kamu melanjutkannya dengan berzikir. Sebab, berzikir setelah menunaikan salat wajib merupakan salah satu amalan yang paling baik sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Selain itu, terdapat pula manfaat dan keutamaan yang bisa diraih ketika kita berzikir setelah menunaikan salat wajib. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Mendapatkan ampunan dan pahala yang besar

7 Keutamaan Berzikir Setelah Menunaikan Salat Wajib, Jalan Masuk SurgaUnsplash/Jeremy Yap

Menyempatkan waktu untuk berzikir setelah menunaikan salat wajib, dapat memberikan ampunan serta pahala yang besar bagi siapa pun yang menjalankannya. Hal ini sebagaimana dalam firman Allah SWT pada Qur'an Surat Al-Ahzab ayat 35.

"Pria dan wanita yg berpuasa, pria dan wanita yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yang besar" (QS Al-Ahzab: 35)

2. Menjadi jalan untuk masuk ke surga

7 Keutamaan Berzikir Setelah Menunaikan Salat Wajib, Jalan Masuk Surgapinterest/Jackdaniel39s88

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, dikatakan bahwa siapa pun yang berzikir, baik di siang hari maupun malam hari, termasuk ke dalam penghuni surga. Berikut ini bunyi hadis tersebut:

"Barang siapa mengucapkan zikir ini di siang hari dalam keadaan yang penuh keyakinan, lalu dia mati di hari tersebut sebelum sore hari, maka dia termasuk ke dalam penghuni surga. Dan barang siapa yang membacanya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu dia mati sebelum subuh, maka dia termasuk ke dalam penghuni surga." (HR. Bukhari)

3. Diampuni seluruh dosa-dosanya

7 Keutamaan Berzikir Setelah Menunaikan Salat Wajib, Jalan Masuk Surgaunsplash/@rachidnl

Selain merujuk pada firman Allah SWT, keutamaan tentang zikir dapat menghapus dosa juga, diterangkan dalam hadis riwayat Muslim. Adapun bunyi hadis tersebut antara lain:

"Barang siapa yang membaca zikir Subhanallah di setiap salat wajib sebanyak 33 kali, dan membaca zikir Alhamdulillah sebanyak 33 kali, dan membaca zikir Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali dan untuk menyempurnakannya, maka akan diampuni dosa-dosanya walaupun dosanya sebanyak buih di lautan." (HR. Muslim)

4. Memberikan ketenangan hati

7 Keutamaan Berzikir Setelah Menunaikan Salat Wajib, Jalan Masuk Surgaunsplash/Ben White

Terdapat banyak sekali pendapat yang menerangkan bahwa berzikir dapat mendatangkan ketenangan hati. Bahkan, hal ini juga dijelaskan dalam Qur'an Surat Al-Ra'ad ayat 28:

“(Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Al-Ra’ad: 28).

Baca Juga: Sebelum Terlambat, Lakukan 5 Refleksi Diri di Bulan Ramadan Ini

5. Melembutkan hati

7 Keutamaan Berzikir Setelah Menunaikan Salat Wajib, Jalan Masuk Surgapexels/Ali Arapoğlu

Ketika sedang mendapatkan ujian atau permasalahan, cobalah untuk senantiasa berzikir. Sebab, berdasarkan Qur'an Surat Al-Anfal, disebutkan bahwa berzikir dapat melembutkan hati sehingga menjauhkan kita dari perbuatan kotor.

“Maka sebutlah nama Allah SWT sebanyak-banyaknya demikian itu akan melembutkan dirimu." (QS Al-Anfal: 45)

6. Termasuk sebagai amalan sedekah

7 Keutamaan Berzikir Setelah Menunaikan Salat Wajib, Jalan Masuk Surgafreepik/blanscape

Sebagai umat muslim, kamu pasti sudah tahu bahwa sedekah merupakan amalan baik yang dapat memberikan pahala berlimpah dan sangat disenangi oleh Allah SWT. Jika kamu tak punya uang untuk sedekah, kamu masih bisa berzikir.

Hal ini senantiasa dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim:

”Di setiap ruas tulang (persendian) manusia itu ada kewajiban untuk bersedekah setiap paginya. Tiap-tiap bacaan zikir itu adalah sedekah dan memerintahkan kepada kebaikan juga sedekah, mencegah dari perbuatan kemungkaran itu juga termasuk sedekah." (HR. Muslim)

7. Merupakan amalan terbaik di mata Allah SWT

7 Keutamaan Berzikir Setelah Menunaikan Salat Wajib, Jalan Masuk SurgaPexels/AbdullahGhatasheh

Dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Ahmad, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

”Maukah aku beritahukan amalanmu yang terbaik, yang paling tinggi dalam derajatmu, paling bersih di sisi Tuhanmu, dan lebih baik daripada menerima emas dan perak? Lalu, para sahabat menjawab pertanyaan Rasulullah SAW tersebut: ‘Ya, Rasul‘. Lantas Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berkata: ”Zikrullah (berzikir).” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

Nah, sudah tahu kan apa saja keutamaan berzikir setelah menunaikan salat wajib yang bisa kamu dapatkan? Jadi, jangan lupa untuk senantiasa melakukan zikir setelah salat wajib dan membuatnya menjadi kebiasaan yang baik, ya!

Baca Juga: 6 Ibadah dan Amalan yang Pahalanya Dilipatgandakan Selama Ramadan

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya