Comscore Tracker

Kisah Hida, Perjuangan Single Mom Bangun Brand Fashion Muslim

#IDNTimesLife Makaila Haifa jadi bentuk kebangkitan Hida

Di tengah sulitnya masa pandemik, brand lokal Indonesia terus berusaha menggeliat menancapkan akar-akarnya di hati pencinta fashion. Berbagai cara pun mereka lakukan untuk bertahan demi menolak kalah dengan kerasnya dampak pandemik COVID-19. Salah satu brand lokal tersebut adalah Makaila Haifa.

Didukung oleh #MARKAMARIE, brand yang didirikan oleh Hida ini pun menceritakan kisahnya dalam menghadapi pandemik sekaligus merilis koleksi terbarunya melalui private event bertajuk HOPE: A FASHION PRESENTATION yang diadakan di Westin Hotel Jakarta pada Senin (7/12/2020).

Gak hanya itu, Makaila Haifa juga turut berbagi kisahnya tersebut pada acara Konferensi Pers Virtual HOPE : A Fashion Presentation yang berlangsung pada Selasa (8/12/2020). Simak perjuangan Hida selaku Founder Makaila Haifa dalam membangun brand fashion muslim berikut ini.

1. Makaila Haifa merupakan brand fashion yang dibangun sebagai bentuk kebangkitan diri setelah Hida mengalami keterpurukan

Kisah Hida, Perjuangan Single Mom Bangun Brand Fashion MuslimDoc. Makaila Haifa

Meski tergolong sebagai brand yang baru, Makaila Haifa ternyata memiliki cerita yang spesial, yakni lahir dari sebuah harapan. Hida, selaku founder adalah seorang wanita dua anak yang mendadak menjadi seorang single mom dan merasa kebingungan untuk bertahan hidup. Namun, pada tahun 2018 ia pun memutuskan untuk mendirikan brand fashion muslim bernama Makaila Haifa.

"Awalnya saya ada di kondisi yang memang ditarik ke kondisi terpuruk, yaitu perceraian. Waktu itu saya hanya punya satu keinginan, yaitu bercakap dengan Tuhan. Kemudian saya umroh, di sana saya meminta petunjuk dan bimbingan. Karena baru pulang umroh, saya berpikir untuk menjual baju muslim. Saya juga dibantu banyak teman, mulai dari penjahit, hingga model untuk katalog," terangnya.

Selain itu, menurutnya brand Makaila Haifa ini menjadi bentuk kebangkitan bagi dirinya setelah berada dalam momen keterpurukannya.

2. Nama dari brand ini diambil dari nama kedua anak Hida, yakni Makaila dan Haifa

Kisah Hida, Perjuangan Single Mom Bangun Brand Fashion MuslimDoc. Makaila Haifa

Dalam sesi Talk Show yang berlangsung secara virtual, Hida mengatakan bahwa Makaila Haifa berasal dari kedua nama anaknya.

"Makaila Haifa berasal dari nama anak saya. Makaila anak pertama saya dan Haifa anak kedua saya. Ini memang saya tujuan untuk kedua anak saya," jelasnya.

Hida pun turut menegaskan bahwa meskipun kehilangan satu orang, ada banyak sekali orang yang memberikan dorongan dan dukungan sehingga kesempatan yang ada mulai terbuka secara luas. 

"Saya boleh jadi kehilangan satu orang, tetapi diganti dengan pasukan yang banyak. Ada banyak banget tim Makaila dan teman-teman lain yang saya temui dan tanpa saya minta pertolongan pun mereka bantu menolong aku. Alhamdulillah, dari hal ini banyak kesempatan yang mulai terbuka, mulai dari ikutanbazzar hingga mengikuti fashionshow," tutur perempuan dua anak tersebut.

3. Koleksi dari Makaila Haifa terinspirasi dari model abaya yang dikenakan Hida saat melakukan umroh

Kisah Hida, Perjuangan Single Mom Bangun Brand Fashion MuslimDoc. Makaila Haifa

Ketika ditanya perihal konsep yang diterapkan dalam koleksinya, Hida menjelaskan jika dirinya terinspirasi dari abaya yang ia kenakan saat pulang dari umroh. Setelah itu, ia pun berpikir untuk membuat sebuah abaya yang simpel dan ready to wear.

"Saya tidak mau konsep saya kebanyakan seperti orang. Waktu itu saya baru pulang dari umroh dan kebetulan memakai abaya. Dari situ saya buat model abaya yang simpel dan ready to wear," terangnya.

Ia juga mengatakan jika pada awalnya koleksi yang dibuat hanya menerapkan warna gelap saja. Akan tetapi, untuk menyesuaikan dengan pasar akhirnya Makaila Haifa mengeluarkan warna pastel demi menunjukkan sosok perempuan yang kuat.

"Signature style Makaila adalah simpel, bold, warna gelap, dan classic. Jadi bisa dipakai secara timeless. Tetapi sekarang sudah mulai menyesuaikan dengan pasar, seperti warna pastel karena saya mau menunjukkan sosok perempuan yang kuat, sederhana, dan percaya diri," kata Hida.

Baca Juga: 8 Koleksi Fashion Indonesia di Panggung Paris Fashion Week, Bangga!

4. Bagi Hida, fashion adalah bentuk harapan dan perwujudan dari konsep 'women support women'

Kisah Hida, Perjuangan Single Mom Bangun Brand Fashion MuslimDoc. Makaila Haifa

Perlahan tapi pasti, brand ini mulai berdiri tegak dan berhasil menjadi tongkat pembangkit bagi Hida. Hida merasa fashion adalah penyelamatnya dan teman-temannya adalah perwujudan dari konsep women support women. Lalu ia berusaha menerjemahkan itu sebagai esensi dari brandnya.

“Saya bisa bangkit karena dukungan teman-teman saya. Brand ini lahir karena kebersamaan. Kini setelah saya bangkit, saya ingin memberi balik dan menggunakan brand Makaila Haifa sebagai tools untuk menyemangati wanita lain,” ujarnya.

5. Gak hanya brand fashion muslim, Hida juga berhasil melahirkan sebuah komunitas bernama #WEGOTYOURBACK

Kisah Hida, Perjuangan Single Mom Bangun Brand Fashion MuslimDoc. Makaila Haifa

Berawal dari sebuah acara di tengah pandemik, yakni saturday sharing with Makaila Haifa yang mengundang perempuan-perempuan inspiratif untuk berbincang mengenai masalah perempuan dengan segala tantangannnya, kegiatan ini pun jadi sangat diminati dan berhasil melahirkan komunitas bernama #WEGOTYOURBACK.

Melalui komunitas ini, Makaila Haifa dan anggotanya pun mulai melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan menyemangati wanita dan sesama.

"Kegiatan berbagi cerita ini menjadi diminati dan kemudian berhasil melahirkan komunitas #WEGOTYOURBACK. Ada cancer survivor, single mom, dan masih banyak lagi. Ada 9 atau 10 acara, berawal dari sebuah hashtag, dan baru dua bulan ini langsung menjadi sebuah komunitas," ucapnya.

Itu dia kisah perjuangan Hida selaku Pendiri Makaila Haifa dalam membangun brand fashion muslim di Indonesia. Semoga cerita tersebut dapat menjadi inspirasi bagi kamu dalam menjalani hidup dan memulai karier. Semangat!

Baca Juga: 10 Tren Fashion Hijab Terbaru dan Kekinian ala Selebgram, Sudah Punya?

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya