Comscore Tracker

Kontribusi Perempuan Terhadap Masa Depan Indonesia yang Lebih Baik

Setiap perempuan punya peran yang sangat penting!

Setiap perempuan pada dasarnya memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap masa depan Indonesia. Ini karena perempuan mempunyai peran yang sangat beragam, mulai dari ibu, pekerja, pemimpin perusahaan, hingga pengusaha.

Oleh karena itu, sesama perempuan harus saling mendukung untuk menciptakan lingkungan yang positif demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik. Vivi Mar'i Zubedi, pemilik brand busana muslim Indonesia “VIVIZUBEDI” pun berusaha untuk menunjukkan kontribusi kepemimpinan perempuan terhadap hal tersebut.

Vivi mengadakan sebuah konferensi pers virtual #FromVIVIZUBEDItoIndonesia yang bertajuk "Kontribusi Kepemimpian Perempuan Terhadap Masa Depan Indonesia yang Lebih Baik di Era Pandemi" pada Kamis (27/8/2020). Menghadirkan Fery Farhati sebagai Penggagas Ibu Ibu Kota dan Nur Asia Uno sebagai pendiri YAMSA, yuk simak hasil diskusi mereka berikut ini.

1. Menghadapi isu sosial dan ekonomi, Vivi bersama Yayasan VIVIZUBEDI Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan sosial

Kontribusi Perempuan Terhadap Masa Depan Indonesia yang Lebih BaikKonferensi pers virtual #FromVIVIZUBEDItoIndonesia. Kamis (27/9/2020). IDN Times/Muhammad Tarmizi

Sebagai salah satu brand yang turut memperhatikan isu sosial dan ekonomi di
Indonesia, Vivi bersama Yayasan VIVIZUBEDI Indonesia telah melakukan berbagai
kegiatan sosial, seperti program Sedekah #CegahCovid, pembagian beras gratis di
Banjar Baru dan masih banyak lagi selama masa Pandemi ini.

Sebelumnya, VIVIZUBEDI pun telah menjalankan beberapa program kampanye, seperti  kampanye #1000MukenauntukIndonesia dan program pembangunan Masjid di beberapa daerah di Indonesia.

2. Vivi menjadi salah satu tokoh yang kerap menaruh perhatian pada pemberdayaan perempuan di Indonesia

Kontribusi Perempuan Terhadap Masa Depan Indonesia yang Lebih BaikKonferensi pers virtual #FromVIVIZUBEDItoIndonesia. Kamis (27/9/2020). IDN Times/Muhammad Tarmizi

Tidak hanya itu, peran Vivi sebagai pelaku bisnis fashion muslim juga turut memberdayakan perempuan. Hal ini dibuktikan dengan kontribusinya dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal, terutama pengrajin di daerah pedalaman.

"Waktu itu saya masuk ke Kalimantan dan melihat banyak pengrajin kain di sana yang kehidupannya belum diangkat atau sejahtera. Akhirnya, saya membuat sebuah platform dan mengajak mereka bekerja sama untuk menjual produk yang mereka buat serta membuat kenaikan upah mereka," terang Vivi.

Meski pada awalnya belum memiliki nama, kini, gerakan tersebut dikenal dengan IKRA (Industri Kreatif Syariah Indonesia) dan telah bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk mendukung kesejahteraan hidup para pengrajin di daerah lokal.

"Para pengrajin yang berada di daerah pelosok merupakan sosok yang sangat tangguh. Mereka mampu menyokong ekonomi keluarga mereka. Dari hal ini, hati saya tergerak dengan tulus untuk memberikan bimbingan dan pelatihan untuk mereka sehingga brand yang ingin mereka pasarkan established dan dapat dikenal oleh masyarakat," ucap Vivi.

3. Tidak hanya itu, Vivi juga sangat mengapresiasi masyarakat Indonesia yang kini telah mampu menerima kehadiran produk lokal dengan baik

Kontribusi Perempuan Terhadap Masa Depan Indonesia yang Lebih BaikKonferensi pers virtual #FromVIVIZUBEDItoIndonesia. Kamis (27/9/2020). IDN Times/Muhammad Tarmizi

Peran Vivi tersebut tentunya menjadi salah satu aspek penting kepemimpinan yang dilakukan oleh perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama sesama perempuan. Meneruskan visi ini, Vivi pun mempersembahkan sebuah kampanye bertajuk #FromVIVIZUBEDItoIndonesia sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia karena telah mampu menerima produk lokal dengan baik.

"Kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia ini sebenarnya adalah bentuk apresiasi dan bakti kepada bangsa serta rakyat Indonesia karena makin kesini mereka menerima produk-produk lokal. Saya merasa lokal people semakin mengapresiasi yang kita keluarkan. Ini bentuk apresiasi dan bentuk terima kasih karena telah mendukung kita saat ini," ungkapnya.

Baca Juga: Nama Bayi Perempuan 3 Kata dalam Al-Qur'an & Islami, Maknanya Indah!

4. Pemberdayaan perempuan juga diterapkan oleh Fery Farhati Baswedan dengan menggagas program ibu ibu kota

Kontribusi Perempuan Terhadap Masa Depan Indonesia yang Lebih BaikInstagram.com/fery.farhati

"Ibu adalah roda penggerak keluarga., kunci keseimbangan dari keluarga. Dalam situasi ini ibu juga jadi kunci pegangan keluarga," kata Istri Gubernur DKI Jakarta tersebut. Sejalan dengan hal ini, Ferry pun secara aktif menggandeng perempuan- perempuan di ibu kota dari berbagai profesi untuk saling memberikan inspirasi dan membantu sesama dalam masa Pandemi ini.

"Ada satu program yang saya buat bernama 'Ibu-Ibu Kota'. Artinya, ibu-ibu yang menjadi roda penggerak untuk keluarga. Dengan kata lain, kita berikan support untuk keluarga mendukung keluarga seperti apa yang dikatakan Bapak Gubernur," imbuhnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa ia sedang mengusung sebuah penghargaan bagi ibu yang menjadi sosok penggerak bagi keluarganya dan keluarga orang lain. "Ada juga 'Ibu-Ibu Kota Awards' yang mencari sosok penggerak tidak hanya bagi keluarganya, tetapi keluarga orang lain juga. Sehingga, Jakarta tidak hanya punya lingkungan yang baik tetapi juga harmonis dan saling menginspirasi," tegas Ferry.

5. Sedangkan, selama masa pandemik sosok Nur Asia Uno lebih cenderung melakukan pemberdayaan terhadap anak-anak dan UMKM

Kontribusi Perempuan Terhadap Masa Depan Indonesia yang Lebih Baikinstagram.com/nurasiauno

Sama-sama menginspirasi, istri dari Sandiaga Uno pun ternyata kerap melakukan aksi sosial untuk membantu kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Selama masa pandemik, diketahui jika dirinya mengusung sebuah gerakan yang bernama Nur Corner.

"Usaha saya yang berimbas adalah usaha yang membantu para UMKM untuk menjual produk mereka. Saya memberikan masukan dan peluang untuk terus belajar dan menciptakan inovasi untuk bertahan selama masa pandemik ini. Namanya Nur Corner," ungkap Nur Asia Uno.

Tidak hanya itu, dirinya juga dikenal sebagai sosok pendiri YAMSA, sebuah yayasan sosial nirlaba lintas agama dan budaya, lintas suku dan golongan serta lintas profesi dan lapis sosial, dengan berfokus melakukan bakti sosial pada anak-anak yang terpinggirkan karena tindak kekerasan.

"Pada masa pandemik ini, saya masih tetap menjalankan sosialisasi hak anak baik dalam talkshow, seminar dan sebagainya. Saya bekerja sama juga dengan Let's Share Indonesia, seperti cara jitu menjaga anak bersama Kak Seto. Ada juga kerja sama dengan Cimory untuk mengajarkan minum susu kepada anak. Kita sudah membagikan susu tersebut ke tempat-tempat yang memang membutuhkan," tuturnya.

Demikianlah informasi mengenai kontribusi dan peranan para perempuan hebat dengan jiwa kepemimpinan yang sangat besar. Ingat, sebagai perempuan kita harus saling membantu serta mendukung perempuan lainnya untuk tumbuh, berkembang, dan menggapai keinginannya.

Baca Juga: 10 Ide Rangkaian Nama Islami dengan Dua Kata untuk Anak Perempuan

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya