Comscore Tracker

5 Langkah Menumbuhkan Mental yang Tangguh dan Positif

Yuk, jadi orang yang lebih baik!

Memiliki mental yang tangguh dan positif sangatlah penting. Sebab, hal tersebut bisa berguna untuk membantu kamu memahami sesuatu hal dengan lebih baik. Nah, berikut ini lima langkah untuk menumbuhkan mental yang tangguh dan positif yang bisa kamu lakukan.

1. Temukan makna unik yang ada di dalam dirimu

5 Langkah Menumbuhkan Mental yang Tangguh dan  PositifUnsplash/Amandine Lerbscher

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami diri sendiri dengan baik. Ini bertujuan agar kamu bisa mengetahui kekuatan tersembunyi serta menyadari makna unik yang hanya dimiliki oleh dirimu. Dengan demikian, kamu pasti bisa menyelesaikan apa pun masalah yang sedang dihadapi.

2. Fokus pada masa kini

5 Langkah Menumbuhkan Mental yang Tangguh dan  Positifunsplash/Chase Clark

Salah satu ciri mental yang tangguh dan positif adalah mampu bersyukur atas segala hal yang telah dimiliki saat ini. Dikutip dari lifehack.org, sebuah blog tentang Mindfulness menyatakan bahwa untuk mendapatkan mental yang positif kamu harus bisa mengurangi rasa kekhawatiran. Oleh karena itu, cobalah fokus untuk memikirkan hal-hal yang ada di masa kini saja, dan mulai mengurangi pemikiran tentang masa lalu dan masa depan.

3. Sadari bahwa kamu dapat mengubah segala hal yang ada di dalam dirimu

5 Langkah Menumbuhkan Mental yang Tangguh dan  PositifPexels/Andrea Piacquadio

Mental yang tangguh ternyata dapat dibentuk dengan sikap-sikap positif seperti mendorong kemampuan untuk berubah menjadi lebih baik. Ingat, segala yang terjadi di dalam hidupmu pada dasarnya dikendalikan oleh pikiran.

Jadi, cobalah untuk berpikir bahwa kamu bisa mengubah segalanya karena kamu bisa dan memiliki kemampuan yang memadai. Jangan sampai pemikiran burukmu justru membuatmu semakin terpuruk.

Baca Juga: 8 Mental 'Penumpang' yang Harus Dihindari Kalau Kamu Mau Mandiri

4. Cobalah untuk berlatih mencintai diri sendiri

5 Langkah Menumbuhkan Mental yang Tangguh dan  PositifPexels/Radu Florin

Mental yang positif dan tangguh juga dapat ditumbuhkan dengan mencintai diri sendiri. Ini karena saat kamu mencintai diri sendiri, artinya kamu menerima segala hal yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa menyadari kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki dan mengubahnya jadi sebuah kekuatan.

5. Hindari orang-orang toksik yang ada di sekitarmu

5 Langkah Menumbuhkan Mental yang Tangguh dan  PositifUnsplash/Yanapi Senaud

Agar kamu dapat menjadi orang yang benar-benar positif, maka cobalah untuk menghindari orang-orang yang toksik atau memberikan dampak negatif pada dirimu. Sebab, orang yang toksik bisa jadi memberikan pemikiran buruk yang justru menghancurkan mentalmu.

Demikianlah informasi mengenai cara menumbuhkan mental yang tangguh dan positif. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Yuk Kenali 5 Gangguan Mental dalam Drakor The World of the Married

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya