Comscore Tracker

Gak Selalu Buruk, Marah Juga Bisa Membuat Kepribadianmu Lebih Baik Lho

Luapkan emosi dengan cara yang tepat

Kita mungkin lebih cenderung menganggap kemarahan sebagai emosi liar, dan negatif, yang membawa hal buruk bagi diri sendiri. Namun nyatanya, kemarahan juga bisa berdampak baik, bahkan mampu mengubah kepribadian kita ke arah yang lebih positif. Penasaran? Berikut ini alasannya.

1. Kemarahan dapat membantu mengungkapkan perasaan yang selama ini kamu pendam

Gak Selalu Buruk, Marah Juga Bisa Membuat Kepribadianmu Lebih Baik Lhounsplash/@icons8

Kebanyakan orang ketika berbicara dengan orang lain akan berusaha untuk sangat sopan, dan memilah kata yang baik agar lawan bicaranya tidak sakit hati atau tersinggung. Namun, kondisi tersebut dapat berarti buruk saat kamu mengomunikasikan perasaaan yang kamu miliki. Sehingga pada akhirnya, kamu mungkin akan dianggap tidak peka, atau bahkan kurang ajar.

Oleh karenanya, dilansir dari menshealth.com, ketika orang marah, maka mereka akan mengatakan dengan tepat apa yang mereka butuhkan, rasakan, dan pikirkan sehingga maksud dari apa yang dikatakannya menjadi lebih jelas. 

2. Orang yang sedang marah memiliki sifat yang lebih optimis

Gak Selalu Buruk, Marah Juga Bisa Membuat Kepribadianmu Lebih Baik Lhounsplash/@3alexander

Mungkin terdengar aneh, akan tetapi orang yang marah pada dasarnya memiliki kesamaan dengan orang yang bahagia. Itulah yang membuat orang marah cenderung lebih optimis. Mereka akan lebih merasa lega, lebih bahagia, dan lebih optimis setelah meluapkan semua emosi yang terpendam dalam pertengkaran.

3. Kemarahan bisa membuat hubungan lebih erat

Gak Selalu Buruk, Marah Juga Bisa Membuat Kepribadianmu Lebih Baik Lhopexels/@vera-arsic-304265

Kemarahan merupakan reaksi alami ketika orang lain berbuat salah, sehingga menjadi cara untuk mengomunikasikan rasa ketidakadilan yang terjadi. Menurut sebuah penelitian, bahkan menyembunyikan amarah dapat merusak hubungan yang sudah dijalin. Ini karena saat kamu menyembunyikan kemarahan, kekasihmu tidak mengetahui apakah mereka telah berbuat hal yang salah atau tidak.

Oleh karena itu, ekspresikan kemarahanmu dengan baik untuk menunjukkan ada sebuah masalah yang terjadi dan temukan solusi terbaiknya. Tentu dengan menerapkan ini hubungan kalian akan lebih menguntungkan berkat keterbukaan masing-masing individu.

Baca Juga: Pasanganmu Justru Marah Tiap Kali Kamu Marah? Coba Lakukan 6 Cara Ini!

4. Kemarahan dapat memberikan motivasi untuk melakukan perubahan

Gak Selalu Buruk, Marah Juga Bisa Membuat Kepribadianmu Lebih Baik Lhounsplash/@christianfregnan

Jangan asal menyulut emosi dan meluapkannya begitu saja. Ketika sedang marah, kamu bisa menganalisis alasan kamu marah dan belajar dari hal tersebut untuk mengendalikan emosi. Pasalnya, kemarahan juga dapat memberikan wawasan tentang diri kita, jika kita memang benar menginginkannya.

Jadi, ketika kemarahan digunakan dengan benar, maka kemarahan dapat membuatmu merasa lebih kuat dan membantu kamu menjadi orang yang lebih baik. Jangan sungkan untuk marah jika memang ada permasalahan yang terjadi, ya!

5. Jika dikontrol dengan baik, kemarahan dapat mengurangi niat untuk melakukan kekerasan

Gak Selalu Buruk, Marah Juga Bisa Membuat Kepribadianmu Lebih Baik Lhounsplash/@luzfc

Meskipun kemarahan sering disandingkan dengan kekerasan fisik, namun faktanya tidak demikian lho. Kemarahan yang merupakan sinyal sosial dapat menjadi tanda adanya sebuah situasi yang perlu diselesaikan. Kemudian, ketika orang lain melihat sinyal tersebut, mereka akan termotivasi untuk mencoba menenangkan pihak yang marah.

Selain itu, orang yang sedang marah juga tidak selalu langsung melakukan kekerasan, bukan? Jadi, jika kamu bisa mengontrol kemarahan dengan baik dan mencoba menyelesaikannya dengan cara yang tepat, maka pertengkaran yang terjadi tidak akan berakhir dengan kekerasan.

Kunci untuk mengekspresikan kemarahan adalah dengan mengetahui alasan yang membuat kamu kesal dan menyadari jika hal tersebut tidak sepenuhnya harus diluapkan dengan emosi yang berlebihan, bahkan kekerasan. Ketika kamu bisa mengontol kemarahanmu, maka kamu bisa selangkah menuju pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: Sebelum Marah-marah, Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Kesal pada Pasangan

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You