Comscore Tracker

Pengertian Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi Beserta Cara Baca dan Contohnya

Perhatikan dan pelajari dengan benar!

Salah satu upaya agar bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan tartil adalah dengan belajar ilmu tajwid. Dengan begitu, kamu akan bisa lebih memahami tentang cara pengucapan dan pelafalan Al-Qur'an yang baik dan benar.

Salah satu ilmu tajwid yang harus dipelajari umat Islam untuk membaca Al-Qur'an adalah mad lazim mutsaqqal kilmi. Nah, berikut ini ulasan lengkap mengenai hukum bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi yang perlu kamu ketahui.

1. Pengertian

Pengertian Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi Beserta Cara Baca dan ContohnyaMembaca Al Qur'an pada bulan Ramadan (unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Secara etimologis, mad berasal dari Bahasa Arab yang berarti panjang, sedangkan lazim berarti pasti, mustaqqal artinya diberatkan, dan kilmi berarti kalimat. Secara istilah mad lazim mutsaqqal kilmi adalah hukum bacaan yang terjadi apabila ada mad bertemu dengan tasydid di dalam satu lafadz.

2. Cara baca

Pengertian Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi Beserta Cara Baca dan ContohnyaMembaca Al-Qur'an(pexels.com/id-id/rodnae-prod)

Mad lazim mutsaqqal kilmi merupakan hukum bacaan yang terjadi apabila mad asli atau mad thabi'i bertemu dengan huruf bertasydid dalam satu kata. Ketika itu terjadi, maka bacaan mad harus dibaca dengan panjang enam harakat.

Baca Juga: 6 Penggalan Ayat Al Quran & Hadis Ini Bikin Kamu Senantiasa Bersyukur

3. Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

Pengertian Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi Beserta Cara Baca dan ContohnyaMemaksimalkan 10 hari terakhir dengan banyak membaca Al-Qur'an. (pexels.com/@rodnae-prod)

Untuk lebih memahami apa itu mad lazim mutsaqqal kilmi, mari simak beberapa contoh berikut ini:

1. وَلَا الضَّالِّينَ (Al Fatihah: 7)

2. الَّذِيْ حَاۤجَّ اِبْرٰهٖمَ (Al Baqarah: 258)

3. فَمَنْ حَاۤجَّكَ (Al-Imran: 61)

Itulah pengertian, cara baca, serta contoh dari mad lazim mutsaqqal kilmi yang perlu kamu ketahui agar bacaan Al-Qur'an mu jadi semakin sempurna. Mulai terapkan dalam setiap bacaanmu, ya!

Baca Juga: 6 Kutipan Ayat Al-quran Ini Memotivasimu Agar Suka Berbuat Baik

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya