Comscore Tracker

Pernah Merasa Terpuruk, Ini 7 Pesan Luna Maya bagi Perempuan Indonesia

Disampaikan di panggung Indonesia Millenial Summit 2020

Aktris sekaligus entrepreneur, Luna Maya hadir sebagai pembicara dalam Indonesia Millennial Summit 2020 di stage "Future Is Female" by Popbela.com pada 17 Januari 2020. Dalam panel diskusi yang bertajuk Strong and Striving: Finding Your Rhythm in Life and Love, perempuan kelahiran Denpasar ini membahas mengenai perjuangannya agar dapat bangkit dari masa kelam sehingga menjadi sosok yang lebih dewasa seperti saat ini. Berdasarkan kisahnya tersebut, berikut ini beberapa pesan yang disampaikan Luna Maya untuk para perempuan di Indonesia. 

1. Sebagai calon ibu, kita harus bisa jadi perempuan yang cerdas

Pernah Merasa Terpuruk, Ini 7 Pesan Luna Maya bagi Perempuan IndonesiaLuna Maya di Panggung Future is Female. Indonesia Millennial Summit. Jumat 17 Januari 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Ibu merupakan tempat paling awal untuk memberikan edukasi kepada anak. Jadi, jika kamu ingin menghasilkan anak yang cerdas, maka jadilah ibu yang cerdas.

"Pendidikan anak pasti dimulai dari ibu terlebih dahulu. Bahkan, ketika masih di rahim kamu sudah bisa membuatnya cerdas dengan makanan sehat dan bergizi," kata Luna Maya.

2. Jadikan kegagalan sebagai motivasi untuk mengembangkan diri

Pernah Merasa Terpuruk, Ini 7 Pesan Luna Maya bagi Perempuan Indonesiainstagram.com/popbela_com

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Namun, jangan pernah malu dan menyerah terhadap hal tersebut. Sebab, kamu justru bisa belajar dari kegagalan yang ada.

"Banyak penolakan dan kegagalan yang aku alami. Tapi semua itu aku jadikan motivasi dengan mengoreksi diri di mana letak kurangnya diri aku itu," ucapnya.

3. Usahakan selalu mengikuti perkembangan zaman

Pernah Merasa Terpuruk, Ini 7 Pesan Luna Maya bagi Perempuan IndonesiaInstagram.com/lunamaya

Bagi Luna Maya, selebriti merupakan pekerjaan yang tidak tetap penghasilannya. Oleh karena itu, untuk dapat bertahan dengan keadaan, perempuan kelahiran Denpasar ini berusaha untuk mengikuti perkembangan segala perkembangan yang ada. 

Dirinya juga mengatakan sebagai anak muda, kamu pasti memiliki akses dan kemampuan yang lebih besar. Jadi, jangan sampai tertinggal dengan keadaan.

Baca Juga: Gak Cuma Menghibur, 6 Webtoon ini Memberikan Pesan-Pesan Positif

4. Jangan terhalang oleh stigma yang ada, fokus saja dengan potensi yang kamu miliki

Pernah Merasa Terpuruk, Ini 7 Pesan Luna Maya bagi Perempuan IndonesiaLuna Maya di Panggung Future is Female. Indonesia Millennial Summit. Jumat 17 Januari 2020. IDN Times/Tarmizi

Menurut Luna Maya, perempuan memiliki potensi diri yang sangat besar. Akan tetapi, biasanya perempuan justru terhalang oleh stigma yang ada, bahkan stigma yang dibuat oleh perempuan itu sendiri. Seperti harus tampil cantik dan harus menikah di usia muda. 

Padahal, baginya, perempuan memiliki kekuatan yang besar untuk meraih apa yang diinginkannya. Jadi, fokus saja dengan potensi yang kamu miliki dan jangan terhambat oleh stigma yang ada.

5. Lawan orang yang tidak suka denganmu dengan prestasi

Pernah Merasa Terpuruk, Ini 7 Pesan Luna Maya bagi Perempuan Indonesiainstagram/popbela_com

Dalam menjalani pekerjaan, terutama sebagai selebriti tentu tidak semua orang akan menyukai dirimu. Namun, daripada harus diselesaikan dengan emosi dan permusuhan, menurut Luna Maya lebih baik diselesaikan dengan bukti prestasi.

"Buktikan diri kamu dengan your good thing, good job, and be yourself," tegas wanita berusia 36 tahun ini.

6. Percayalah jika proses yang kalian lalui sangat bermanfaat

Pernah Merasa Terpuruk, Ini 7 Pesan Luna Maya bagi Perempuan Indonesiainstagram/popbela_com

Dalam menjalankan suatu hal atau pekerjaan, perempuan berzodiak virgo ini juga percaya terhadap proses yang dilalui. Dirinya mengatakan jika setiap proses pasti memiliki hasil tertentu. 

"Meskipun tidak sesuai dengan keinginan, berubah jadi orang yang lebih sabar, dewasa, dan cerdas juga merupakan hasil dari sebuah proses," ungkap wanita kelahiran tahun 1983 ini.

7. Jangan takut mengaku bodoh

Pernah Merasa Terpuruk, Ini 7 Pesan Luna Maya bagi Perempuan Indonesiainstagram.com/popbela_com

Dalam diskusi panel tersebut, Luna Maya juga menceritakan jika dahulu dirinya adalah orang yang bodoh dan penuh dengan emosi. Namun, dia menegaskan untuk jangan pernah takut mengaku bodoh. Sebab, semua orang memiliki pengalaman dan bisa belajar dari kebodohan yang ia buat.

"Zero mistake is obvious Kalaulebih baik. Akan tetapi, kesalahan, kejelekan, dan semua yang tidak baik pasti memiliki hal baik di dalamnya. Jadi, kalau tidak pernah salah, dari mana tahu kalau itu benar?," kata Luna.

Itu dia beberapa pesan yang disampaikan Luna Maya dalam acara Indonesia Millennial Summit 2020 yang diselenggarakan oleh IDN Media. Tetap tegar dan semangat ya!

Baca Juga: 5 Pesan Cinta yang Diajarkan Tuan Fredricksen & Ellie dalam Film "Up"

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya