Comscore Tracker

Kisah Seru Rinaldi Bangun Platform YRI Demi Kembangkan Potensi Pemuda

#IDNTimesLife Rinaldi juga memiliki segudang prestasi

Menuju fase bonus demografi di Indonesia, ternyata cukup banyak sosok inspiratif yang berusaha membantu mengembangkan potensi pemuda lain demi mewujudkan Indonesia yang sejahtera dan gemilang di tahun 2045. Salah satunya adalah Rinaldi Nur Ibrahim, Founder sekaligus CEO dari platform pengembangan potensi pemuda bernama Youth Ranger Indonesia (YRI).

Lantas, apa saja hal yang sudah diperbuat pemuda asal Bone ini untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi para pemuda di Indonesia? Berikut paparannya berdasarkan diskusi hangat bersama IDN Times yang dilakukan pada Jumat (27/11/2020) lalu. 

1. Pada awalnya, YRI merupakan sebuah program kerja yang Rinaldi bangun ketika mengikuti ajang Duta GenRe dengan nama 'GenRe Icon'

Kisah Seru Rinaldi Bangun Platform YRI Demi Kembangkan Potensi Pemudainstagram.com/rinaldi_ni

YRI terbentuk pada 28 Oktober 2018 silam. Rinaldi mengatakan bahwa platform pengembangan potensi pemuda Indonesia ini lahir dari sebuah program yang ia canangkan saat mengikuti ajang Duta GenRe binaan BKKBN.

"Pada tahun 2018, saya mulai mengabdikan diri dengan menjadi Duta Genre di Jakarta Selatan. Saat itu, saya mendapatkan fakta bahwa banyak remaja yang melakukan perilaku yang kurang baik, mulai dari seks bebas, penggunaan NAPZA, dan tawuran. Dari sini, saya coba untuk membuat program bernama GenRe Icon," ceritanya.

GenRe Icon merupakan program untuk membantu teman-teman remaja menjadi ikon dari Generasi Berencana. "Beberapa program yang saya jalankan, baik online maupun offline, ternyata ramai antusias hingga di bulan ketiga berjalannya program ini. Karena hanya saya pribadi yang mengelola program ini dan ternyata sudah ribuan remaja yang tergabung, akhirnya saya mencari jalan untuk membuat program ini sebagai platform berbasis komunitas. Dari sinilah Youth Ranger Indonesia lahir," imbuhnya.

Ketika sudah menjadi sebuah platform pengembangan potensi pemuda, Rinaldi pun mengajak empat orang temannya yang lain untuk membangun YRI agar lebih baik. Hasilnya, kini sudah ada lebih dari 10.000 pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke tergabung sebagai anggota YRI.

2. YRI berfokus untuk menemukan dan mengembangkan potensi anak muda dengan metode coaching dan mentorship class

Kisah Seru Rinaldi Bangun Platform YRI Demi Kembangkan Potensi Pemudainstagram.com/rinaldi_ni

Tidak hanya fokus untuk mengembangkan potensi anak muda, Rinaldi menegaskan bahwa YRI juga turut membantu pemuda Indonesia supaya menemukan potensi yang ada di dalam diri mereka.

"Kita membantu mereka untuk menciptakan lingkungan yang mendukung agar bisa menemukan potensi mereka. Caranya, kita buat coaching class, mentorship class. Setelah itu, ada pula challenge yang ada di tiap bulannya untuk mengetahui potensi diri mereka yang tepat itu apa," kata dia.

Untuk kegiatannya, Rinaldi mengaku bahwa YRI memiliki kegiatan yang bersifat online dan offline. Di mana, kegiatan online YRI lebih mengarah pada pelatihan, seperti mentorship, coaching, live Instagram, dan memberikan insight baru untuk para anggotanya.

Untuk kegiatan offline, ada YRI Goes to School dan YRI Goes to City. Sayangnya, karena dalam kondisi pandemik, kegiatan offline ditiadakan. "Karena sekarang lagi COVID-19, kita tidak mengadakan itu dan hanya mengadakan kegiatan online saja," ungkapnya.

3. Tidak hanya itu, YRI juga memiliki program pengabdian untuk mengembangkan wisata dan budaya dari suatu daerah tertentu

Kisah Seru Rinaldi Bangun Platform YRI Demi Kembangkan Potensi Pemudainstagram.com/rinaldi_ni

Tak hanya mengembangkan potensi pemuda, YRI turut membantu pengembangan wisata dan budaya di daerah-daerah tertentu. "Kita juga ada pengabdian untuk mengembangkan daerah. Jadi, kita menganalisis daerah itu, semisal bisa dijadikan sebagai wisata, nanti kita carikan volunteer untuk pengembangan wilayah atau peningkatan budaya," tuturnya.

Baca Juga: Kisah Kebun Binar Bumi, Merintis Bisnis Tanaman Raih Omzet Rp100 Juta

4. Untuk bergabung dengan YRI, Rinaldi mengatakan bahwa siapa pun boleh ikut mendaftar tanpa ada batasan usia dan skala periode

Kisah Seru Rinaldi Bangun Platform YRI Demi Kembangkan Potensi Pemudainstagram.com/rinaldi_ni

Youth Ranger Indonesia membuka seluas-luasnya kesempatan untuk para anak muda Indonesia yang ingin bergabung. Selain itu, pendaftaran keanggotaan YRI ini tidak terbatas dengan skala periode, usia, maupun hal lainnya.

"Kalau cuma satu kali buka pendaftaran selama satu tahun, bagaimana caranya kita bisa mengembangkan pemuda Indonesia secara maksimal? Toh, kita pengin membantu mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Kita juga gak ada seleksi karena kami yakin bahwa semua anak muda itu punya potensi. Mereka hanya belum menemukannya saja. Jadi, dengan masuk YRi ini, diharapkan mereka bisa menemukan potensi itu," kata Rinaldi.

Hanya saja, untuk dapat benar-benar bergabung dengan YRI, mereka harus mengikuti beberapa persyaratan yang ada terlebih dahulu, seperti menuliskan alasan masuk YRI dan mengisi formulir pendaftaran yang ada di bio Instagram YRI.

5. Selain YRI, Rinaldi membangun sebuah social enterprise dalam bentuk camilan anak muda bernama Otti Chips

Kisah Seru Rinaldi Bangun Platform YRI Demi Kembangkan Potensi Pemudainstagram.com/rinaldi_ni

Tak hanya membangun platform pengembangan potensi anak muda, Rinaldi saat ini membuat sebuah social enterprise dalam bentuk camilan bernama Otti Chips. Hasil dari penjualannya akan disalurkan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

"Sejak diluncurkan pada bulan Juli 2020 lalu, kini Otti Chips pun sudah memberikan dampak baik dengan membantu saudara-saudara yang terkena banjir di Masamba, Sulawesi Selatan. Selain itu, Otti Chips juga memberikan bantuan kepada janda tua yang berada di Sampang, Jawa Timur," jelasnya.

6. Rinaldi turut berpesan kepada para pemuda di Indonesia untuk tetap berpikir positif dan jangan pernah takut mewujudkan cita-cita

Kisah Seru Rinaldi Bangun Platform YRI Demi Kembangkan Potensi Pemudainstagram.com/rinaldi_ni

Pada akhir diskusi, Rinaldi memberikan saran kepada para pemuda dan millennials di luar sana untuk jangan pernah takut dalam mewujudkan cita-cita yang dimiliki. Cobalah selalu semangat dan tetap berpikir secara positif, serta menyusun target yang ingin dicapai!

"Jangan pernah takut untuk mewujudkan cita-cita kalian. Targetkan dan detailkan langkah apa yang ingin kalian capai serta carilah mentor yang sesuai dengan target kalian, serta selalu semangat & positive thinking. Insya Allah teman-teman pasti bisa kok," tegasnya.

Itu dia kisah perjalanan Rinaldi Nur Ibrahim dalam menggapai impiannya untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera dengan mengembangkan potensi anak muda di Indonesia. Jika kamu tertarik untuk menjadi anggota dari YRI ini dan mengembangkan potensi yang kamu miliki, silakan langsung daftar ke official Instagram YRI, ya!

Baca Juga: Kisah Tiga Jurnalis Perempuan Alami Kekerasan Ketika Bekerja, Miris!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya