Comscore Tracker

Transformasi Butik Kiehl's dengan Konsep Sustainable Beauty

Punya desain berkelanjutan yang unik!

Dengan visi untuk memimpin perubahan menuju mindful & sustainable luxury beauty, Kiehl's merealisasikan komitmennya melalui transformasi butik yang berkelanjutan. Langkah ini pun diawali dengan diresmikannya butik berkonsep sustainable pertama di Central Park Mall pada Rabu (5/10/22).

Kiehl's butik ini didesain secara menyeluruh dengan prinsip sustainability mulai dari konsep awal, proses konstruksi, hingga pengelolaan daur ulangnya atau end-of-life recycling. Penasaran? Yuk, intip info lengkapnya berikut ini.

1. Hadir sebagai wujud ritel yang lebih sustainable dan ramah lingkungan

Transformasi Butik Kiehl's dengan Konsep Sustainable BeautyPress conference transformasi butik Kiehl's Sustainable. 10 Oktober 2022. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Sejak pertama kali butik Kiehl's didirikan pada 1851 silam, keberlanjutan, tanggung jawab, dan transparansi selalu menjadi nilai dasar dari Kiehl's. Nilai-nilai tersebut pun telah menjadi pendorong untuk Kiehl's melakukan inovasi produk baru, formulasi, pengemasan, manufaktur, serta pengalaman ritel untuk konsumen.

Salah satu langkah terbaru dari Kiehl's sendiri adalah melakukan transformasi butik dengan menerapkan konsep sustainability. Renovasi yang dilakukan juga turut mengimplementasikan zero waste to landfill.

"Sebagai bagian dari komitmen kami di Indonesia, kami mengambil tindakan untuk membuat butik kami lebih ramah lingkungan, untuk masa depan yang lebih hijau. Kami bangga memperkenalkan butik Kiehl's di Central Park Mall, Jakarta, kepada konsumen di Indonesia, yang sudah didesain, diproduksi, serta dioperasikan secara lebih ramah lingkungan," terang Venny Septianita, Brand General Manager Kiehl's Indonesia.

2. Didesain dengan menerapkan L'Oréal Group's retailing sustainability guideline

Transformasi Butik Kiehl's dengan Konsep Sustainable BeautyPress conference transformasi butik Kiehl's Sustainable. 10 Oktober 2022. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Transformasi yang dilakukan oleh Kiehl's ini gak dilakukan dengan cara sembarangan. Caroline Foo, General Manager L'Oréal Luxe Indonesia, mengatakan bila desain yang digunakan sudah menerapkan L'Oréal Group's retailing sustainability guideline sebagai bukti mewujudkan komitmen terhadap bumi.

"Renovasi butik Kiehl's di Central Park Mall, Jakarta, menjadi bukti bagaimana kami mewujudkan komitmen sustainability kami, L'Oréal for The Future, dengan menghormati batas-batas planet. Kami harap inisiatif ini dapat menginspirasi pelaku bisnis untuk merancang transformasi ritel menjadi lebih hijau," ucapnya.

3. Dirancang agar dapat diakses oleh semua Friends of Kiehl's

Transformasi Butik Kiehl's dengan Konsep Sustainable BeautyPress conference transformasi butik Kiehl's Sustainable. 10 Oktober 2022. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Mewujudkan ritel yang lebih sustainable dilakukan dengan mengubah material yang digunakan di butik. Prosesnya sendiri dimulai dari perancangan dan manajemen proyek untuk memastikan bahwa semua tahap konstruksi sampai tahap operasional di dalam butik dilakukan dengan prinsip-prinsip yang berkelanjutan.

Sebagai contoh, dinding bata di butik digunakan kembali dari bekas bongkahan bangunan tua, sedangkan lantai butik dikonstruksi dari kayu yang diolah kembali dan dilapisi dengan water-based wood coating. Selain itu, butik ini juga menggunakan 100 persen LED dengan sistem lampu otomatis untuk memastikan kenyamanan penglihatan staf dan konsumen.

"Butik ini dirancang agar dapat diakses oleh semua Friends of Kiehl's, termasuk pelanggan yang menggunakan kereta bayi dan kursi roda agar mampu bergerak di sekitar butik tanpa hambatan," jelas Arif Suwita, Head of Retail Design and Visual Merchandising, L'Oréal Luxe Indonesia.

Baca Juga: 6 Ide Membuat Sustainable Kitchen, Biar Dapurmu Lebih Eco-Friendly

4. Menyediakan layanan daur ulang dengan konsep 'Recyle and Be Rewarded'

Transformasi Butik Kiehl's dengan Konsep Sustainable BeautyPress conference transformasi butik Kiehl's Sustainable. 10 Oktober 2022. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Untuk menyempurnakan konsep sustainability di butiknya, Kiehl's juga menghadirkan layanan daur ulang dengan program "Kiehl's Recycle and Be Rewarded". Adanya program ini diharapkan dapat mendorong konsumen untuk membawa produk kecantikan menjadi lebih ramah lingkungan.

"Prinsip ritel berkelanjutan kami bertujuan untuk memberikan pengalaman butik yang peduli akan keamanan, kenyamanan, dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan layanan recycle and be rewarded," kata Mohamad Fikri, Corporate Responsibility Director L'Oréal Indonesia.

5. Selain menggunakan bahan alami, Kiehl's menawarkan produk dengan kandungan yang ramah lingkungan

Transformasi Butik Kiehl's dengan Konsep Sustainable BeautyProduk ramah lingkungan yang dihadirkan oleh Kiehl's. 10 Oktober 2022. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Dalam perjalanan yang terus berkelanjutan untuk mengurangi limbah dan dampak lingkungan secara keseluruhan, selain menggunakan bahan alami, Kiehl's juga menawarkan produk dengan kandungan yang ramah lingkungan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Produk dengan format isi ulang: Creme de Corps, Amino Acid Shampoo, Ultra Facial Cream, dan Ultra Facial Oil Free Gel Cream
  • Produk dengan formulasi air 5x lebih sedikit: Rare Earth Deep Pore Detoxifying dan Calendula Calming and Soothing

Itu dia gambaran transformasi butik Kiehl's yang menerapkan konsep sustainability. Yuk, kunjungi dan nikmati pengalaman berbelanja di Kiehl's Sustainable Boutique, Central Park Mall, Jakarta!

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Membuat Kamar Mandi Lebih Sustainable

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya