Comscore Tracker

5 Kebiasaan Kecil yang Sarat Makna, Bisa Ubah Hidupmu!

Mulai dari langkah kecil aja dulu 

Kebiasaan baik atau buruk seringkali bisa memberikan pengaruh untuk orang lain, tapi  tentunya kita ingin selalu membawa dampak postif untuk orang-orang sekitar. Nah, agar dapat menyebarkan energi positif kepada orang lain kita harus memiliki kebiasaan baik yang bisa dimulai dengan melakukan langkah-langkah kecil.

Untuk itu, meskipun terlihat sederhana 5 kebiasaan ini akan memberikan pengaruh baik untuk kamu dan orang lain. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Menerima pemberian orang dengan senang hati meski sedikit 

5 Kebiasaan Kecil yang Sarat Makna, Bisa Ubah Hidupmu!ilustrasi menerima hadiah (pexels.com/Any Lane)

Ketika mendapatkan hadiah dari orang lain ada etika yang harus dijaga dalam menerimanya, salah satunya adalah menunjukkan rasa kesenangan. Memang tampak simpel, tapi saat kita memperlihatkan ketidaksukaan akan menyakiti orang yang telah memberikan hadiah itu.

Sekalipun hadiah yang diberikan tidak kita sukai atau dalam jumlah yang sedikit, jangan pernah untuk menyinggung dan mencibir pemberian tersebut, tapi terimalah dengan suka cita.

2. Tidak membuang makanan

5 Kebiasaan Kecil yang Sarat Makna, Bisa Ubah Hidupmu!ilustrasi makanan terbuang (pexels.com/Erik Mclean)

Apakah kamu termasuk orang yang suka menyisakan makanan? Jika iya, segeralah untuk dihentikan, sebab menyisakan makan sama saja dengan membuangnya. Meskipun sedikit membuang makanan adalah perbuatan yang buruk, entah saat makan di rumah sendiri, di tempat makan, bahkan di rumah orang lain.

Selain menyia-nyiakan rezeki, tidak menghabiskan makan sama juga kamu telah berbuat tidak sopan terhadap orang yang sudah menyiapkan hidangan untuk kamu. Untuk menghindari itu, ambillah makanan secukupnya saja agar tidak mubazir.

3. Menggunakan fasilitas umum dengan baik

5 Kebiasaan Kecil yang Sarat Makna, Bisa Ubah Hidupmu!ilustrasi membuang sampah (pexels.com/Cup of Couple)

Salah satu kebiasaan kecil yang perlu dijaga adalah mempergunakan setiap fasilitas umum dengan baik, seperti tidak membuang sampah sembarangan ketika menaiki transportasi umum, menjaga kebersihan toilet umum, atau tidak seenaknya meninggalkan sampah di bioskop.

Jangan menyepelekan kebiasaan itu, sebab jika diterapkan akan memberi dampak positif, lho. Selain meringankan petugas kebersihan, kamu juga telah memberi contoh yang baik dengan melakukan hal-hal kecil itu.

Baca Juga: 8 Kebiasaan ini Memicu Penuaan Terjadi Lebih Cepat, Awas!

4. Tidak mudah memandang orang sebelah mata 

5 Kebiasaan Kecil yang Sarat Makna, Bisa Ubah Hidupmu!ilustrasi orang bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Sesama manusia tidak perlu saling menghakimi dan meremehkan orang lain. Apalagi memandang sebelah mata hanya karena melihat dari penampilan. Sebab, bisa jadi orang yang kamu anggap remeh itu ternyata jauh lebih baik dari kamu.

Oleh sebab itu, jangan mudah memandang remeh kalau kamu tidak mengetahui yang sebenarnya karena banyak orang yang menyembunyikan dan merahasiakan kebaikan, ketenaran, atau kekayaannya.

5. Tidak gengsi menyapa duluan 

5 Kebiasaan Kecil yang Sarat Makna, Bisa Ubah Hidupmu!ilustrasi menyapa (pexels.com/Zen Chung)

Berani untuk menyapa teman atau tetangga terlebih dahulu merupakan salah satu bentuk kepedulian dan wujud menghargai sesama. Namun, terkadang untuk memulainya muncul gengsi atau rasa takut kalau tidak mendapat respon yang baik.

Padahal kalau kamu bertemu seseorang yang kamu kenal dan berani untuk  mengawali serta menegurnya akan menunjukkan bahwa kamu merupakan pribadi ramah dan hangat.

Kelima kebiasaan di atas jika diterapkan dapat membawa energi positif untuk orang lain di sekelilingmu karena tentunya kamu telah memberikan contoh dalam membangun sebuah kebiasaan kecil yang bermakna.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini akan Membuat Hidup Lebih Bermakna, Apa Saja?

Murniawati Photo Verified Writer Murniawati

nothing is impossible if you keep trying.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya