Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Indikasi Kamu Suka Meremehkan Waktu

 Ingat, ya, kalau waktu tidak akan bisa diulang  

Salah satu hal yang sangat berharga adalah waktu, tapi banyak yang masih menganggapnya remeh. Sehingga banyak waktu terbuang sia-sia untuk kegiatan yang tidak membawa manfaat. Adapun orang-orang yang suka meremehkan waktu bisa dilihat dari seringnya ngaret berjam-jam dan menunda-nunda setiap pekerjaan yang sudah ada di depan mata.

Selain itu, ada indikator lain yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tidak menghargai waktu, seperti ulasan di bawah ini.

1. Tiap urusan tidak diberi batasan waktu 

Hati-hati, 5 Indikasi Kamu Suka Meremehkan Waktuilustrasi orang fokus bekerja (pexels.com/Michael Burrows)

Semua orang memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam, tapi tidak semuanya dapat mengelola waktu dengan baik. Kurangnya manajemen waktu akan sulit untuk mengontrol setiap aktivitas sehari-hari sehingga bisa membuat berantakan.

Dalam hal ini, penting sekali memberi batasan terhadap setiap urusan yang dilakukan, kamu harus tahu kapan waktunya untuk bekerja dan beristirahat. Selain itu, perlu menentukan mana saja pekerjaan yang harus segera diselesaikan dan mana yang harus ditinggalkan. Dengan tahu prioritas, kamu tidak akan mengerjakan segala sesuatu setengah-setengah, waktumu juga tidak terbuang sia-sia, dan tentunya hidupmu akan lebih teratur.

2. Tidak mengembangkan diri sendiri 

Hati-hati, 5 Indikasi Kamu Suka Meremehkan Waktuilustrasi orang melukis (pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Belajar itu tidak ada batasannya, tanpa mengenal waktu dan tempat, sehingga walaupun sudah tidak duduk di bangku sekolah, kita mesti terus belajar. Proses belajar itu nantinya akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan menjadi lebih kompeten.

Orang yang dapat memanfaatkan waktu tidak akan membiarkan waktunya habis begitu saja, tapi diisi dengan membaca buku, meningkatkan hobi atau bakat, dan ingin mencoba hal-hal baru.

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Waktu Orang Lain, Jangan Suka Ngaret!

3. Lebih banyak mengeluh daripada eksekusi 

Hati-hati, 5 Indikasi Kamu Suka Meremehkan Waktuilustrasi orang mengeluh (pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Tidak ada orang yang perjalanan hidupnya mulus, tapi masing-masing memiliki kesulitan tersendiri. Namun, orang yang menghargai waktu akan fokus untuk menyelesaikan dan menghadapi tiap masalah hidupnya. Dia meyakini bahwa setiap permasalahan selalu ada jalan keluarnya.

Orang yang meremehkan waktu akan lebih banyak mengeluhkan masalah yang datang daripada mencari solusi, sehingga permasalahan itu tidak kunjung selesai justru malah semakin menumpuk.

4. Nongkrong sana-sini tanpa tujuan 

Hati-hati, 5 Indikasi Kamu Suka Meremehkan Waktuilustrasi sekelompok teman di kedai kopi (unplash.com/Brooke Cagle)

Tanda orang yang meremehkan waktu jelas terlihat ketika melakukan kegiatan yang tidak ada manfaatnya, seperti nongkrong sampai larut malam tanpa ada tujuan dan keperluan.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk nongkrong, pastikan dulu bahwa kamu memang butuh teman untuk bertukar pikiran, untuk urusan pekerjaan atau bisnis. Jadi tidak hanya sekedar nongkrong saja, tapi juga dapat melakukan banyak kegiatan positif lainnya.

5. Overthinking terhadap segala hal

Hati-hati, 5 Indikasi Kamu Suka Meremehkan Waktuilustrasi orang berpikir (pexels.com/Vanessa Garcia)

Berpikir sebelum bertindak merupakan hal yang baik, namun jika terlalu berlebihan akan banyak membuang waktu. Sebab, memikirkan ketakutan atau kecemasan yang belum tentu terjadi itu hanya akan merugikan diri sendiri.

Terlalu memikirkan suatu hal sepele secara berlebihan akan menguras banyak waktu dan energi, sehingga kehidupanmu justru akan terganggu. Jadi, agar hidup terasa lebih tenang dan waktu tidak terbuang sia-sia buang pikiran negatif itu, ya.

Hidup ini sangat singkat jadi hargailah setiap waktumu karena belum tentu orang lain punya dan kamu harus bisa memilih pekerjaan atau urusan apa yang harus dikerjakan dan apa yang harus ditinggalkan.

Baca Juga: Jika 5 Hal Ini Belum Juga Kamu Capai, Berhenti Membuang Waktu!

Murniawati Photo Verified Writer Murniawati

nothing is impossible if you keep trying.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya