Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Meluangkan Waktu untuk Hobi Itu Penting  

Dari mengobati kejenuhan sampai menambah penghasilan  

Setiap orang pasti disibukkan dengan rutinitasnya masing-masing. Jika kamu seorang pelajar, tentu rutinitas yang kamu jalani sehari-hari adalah sekolah, mengerjakan tugas, dan mempelajari materi yang telah diajarkan. Lain halnya jika kamu seorang pekerja, tentu rutinitasmu adalah menjalani bidang pekerjaan yang digeluti.

Meskipun begitu, padatnya rutinitas tidak bisa dijadikan alasan untuk melupakan waktu istirahat. Padahal bersantai sejenak sambil meluangkan waktu untuk hobi itu bukan hal yang sia-sia, lho. Berikut ini lima alasan mengapa meluangkan waktu untuk hobi itu penting.

1. Mengobati kejenuhan

5 Alasan Mengapa Meluangkan Waktu untuk Hobi Itu Penting  ilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Padatnya rutinitas yang dijalani memang bisa bikin kamu terjebak dalam kebosanan. Setumpuk pekerjaan yang harus segera diselesaikan, tugas yang mengantri untuk dikumpulkan, maupun tanggungan-tanggungan lain pasti akan menjadi beban pikiran tersendiri.

Padahal jika dibiarkan, rasa bosan yang berlarut-larut tentu bisa mengganggu prduktivitasmu, lho. Agar hal ini tidak terjadi, luangkan sedikit waktu untuk melakukan hobi yang disukai. Dengan hal itu, rasa bosan akan terobati sehingga kamu dapat menyelesaikan setiap pekerjaan dengan lebih baik.

2. Membuat pikiran lebih fresh

5 Alasan Mengapa Meluangkan Waktu untuk Hobi Itu Penting  ilustrasi menikmati musim salju (pexels.com/Liza Summer)

Bekerja memang terlihat sederhana karena menjadi suatu hal yang biasa dijalankan sehari-hari. Namun demikian, ini tidak sesederhana kelihatannya, lho. Setumpuk pekerjaan atau tanggungan yang harus segera diselesaikan bisa saja sangat menyita pikiran sehingga konsentrasimu akan terpecah.

Berada dalam situasi tersebut, tidak ada salahnya jika kamu mengambil sedikit waktu untuk menjalani hobi. Sebagaimana mesin, pikiran juga akan terganggu jika dipaksakan bekerja terus menerus. Melakukan hobi yang disukai membuatmu dapat bersantai sejenak sehingga pikiran akan kembali fresh.

Baca Juga: 7 Situs Blog Gratis yang Cocok Buat Kamu yang Hobi Menulis

3. Mencegah burnout

5 Alasan Mengapa Meluangkan Waktu untuk Hobi Itu Penting  ilustrasi tersenyum bahagia (pexels.com/Julia Avamotive)

Apakah kamu pernah merasa sangat tertekan ketika dituntut untuk segera menyelesaikan pekerjaan? Jika iya, maka bisa jadi kamu sedang terkena burnout, nih. Burnout merupakan suatu kondisi ketika kamu mengalami kelelahan yang berlebihan. Nggak cuma lelah secara fisik, tapi juga lelah secara mental.

Perlu diketahui, sebenarnya burnout itu bisa dicegah, lho. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan meluangkan waktu untuk hobi. Walaupun terlihat sederhana, nyatanya meluangkan waktu untuk hobi bisa membuat pikiranmu lebih rileks sehingga mengurangi resiko kelelahan baik secara fisik maupun mental.

4. Mengembalikan semangat yang hilang

5 Alasan Mengapa Meluangkan Waktu untuk Hobi Itu Penting  ilustrasi merentangkan tangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Semangat merupakan hal yang penting dan harus ada, terutama untuk kamu yang sedang berkutat dengan sibuknya menjalani pendidikan atau menggeluti pekerjaan. Tapi sayangnya, semangat tidak selalu terjaga. Adakalanya kamu akan mengalami moodswing sehingga semangat menjalankan aktivitas juga akan menurun.

Inilah yang menjadi alasan mengapa meluangkan sedikit waktu untuk hobi itu penting. Walaupun cuma sebentar, nyatanya meluangkan waktu untuk hobi dapat membuat semangat dalam dirimu kembali terisi, lho. Kamu pun dapat menjalani rutinitas selanjutnya dengan lebih optimal.

5. Jika ditekuni hobi bisa jadi penghasilan tambahan

5 Alasan Mengapa Meluangkan Waktu untuk Hobi Itu Penting  ilustrasi menghitung uang di dompet (pexels.com/Artem Beliaikin)

Apakah kamu memiliki hobi-hobi tertentu? Seperti menulis, fotografi, editing video, dan hobi-hobi lainnya. Menekuni hobi memang terlihat sederhana, bahkan banyak orang yang memandang sebelah mata. Padahal ini bukan sesuatu yang salah apalagi membuang-buang waktu, lho.

Di era yang sekarang ini, kesempatan untuk mencari tambahan penghasilan sangat terbuka luas. Mungkin hobi yang kamu jalani terlihat sederhana dan remeh-temeh. Namun jika kamu mau menekuninya dengan serius, ini bisa jadi pundi-pundi penghasilan yang membuat dompetmu semakin tebal.

Menjalani padatnya kesibukan memang sangat menyita waktu. Namun demikian, bukan berarti bisa dijadikan alasan untuk melalaikan hobi. Setelah mengetahui lima alasan di atas, yakin kamu masih tidak ingin menyempatkan waktu untuk menjalankan hobi?

Baca Juga: 7 Hobi Mahal yang Digandrungi Banyak Cowok, Ada Hobi Favoritmu?

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya