Comscore Tracker

5 Etika Bermedia Sosial yang Wajib Diperhatikan, Harus Tahu

Mari belajar menjadi netizen cerdas 

Keberadaan media sosial sekarang ini hampir menjadi kebutuhan bagi masyarakat, terutama para generasi muda. Memiliki beragam media sosial apalagi dengan jumlah followers yang cukup banyak seolah menjadi kebanggaan tersendiri. Bagi mereka, media sosial tidak hanya tempat berbagi informasi, tetapi juga sarana untuk menunjukkan eksistensinya di tengah-tengah pergaulan.

Namun sayangnya, hal itu tidak diimbangi dengan sikap yang baik dalam bermedia sosial. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan beragam postingan maupun komentar yang bersifat provokasi bahkan saling menghujat satu sama lain. Padahal tata krama dalam bermedia sosial itu penting. Berikut ini lima etika yang wajib diperhatikan ketika sedang bermedia sosial.

1. Menghargai perbedaan

5 Etika Bermedia Sosial yang Wajib Diperhatikan, Harus Tahuilustrasi melihat layar handphone (pexels.com/William Fortunato)

Di era sekarang ini, media sosial tidak hanya difungsikan sebagai tempat saling berbagi informasi, namun juga sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi dan mengeluarkan pendapat. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan beragam pendapat dan pemahaman yang terkadang berbeda dengan apa yang menjadi prinsipmu.

Menyikapi hal tersebut, tentu kamu harus memiliki sikap saling menghargai satu sama lain. Sadari bahwa setiap orang memiliki prinsip dan pemikiran masing-masing. Sebagaimana prinsip dan pendapatmu yang tidak dapat diubah, mereka juga memiliki pemikiran dan pendapat yang tidak dapat dipaksakan.

2. Tidak menyebarkan berita hoaks

5 Etika Bermedia Sosial yang Wajib Diperhatikan, Harus Tahuilustrasi bermain sosmed (pexels.com/Cottonbro)

Keberadaan media sosial ibarat dua sisi yang saling berlawanan. Di satu sisi mungkin akan mempermudah penyebaran informasi dan proses komunikasi. Namun di sisi lain tidak menutup kemungkinan akan memunculkan banyak masalah, salah satunya penyebaran berita hoaks yang tidak terkontrol.

Berada dalam situasi ini, etika bermedia sosial harus diterapkan dengan baik. Salah satunya adalah menjaga jari agar tidak mudah menyebarkan berita hoaks. Meskipun terdengar sepele, namun dampak dari adanya berita hoaks dapat menimbulkan keresahan bahkan perpecahan di kalangan masyarakat.

3. Tidak mudah terprovokasi

5 Etika Bermedia Sosial yang Wajib Diperhatikan, Harus Tahuilustrasi mengetik di layar handphone (pexels.com/RODNAE Productions)

Baca Juga: Cara Anak Muda Bandung Mendulang Uang Lewat Media Sosial

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan beragam berita dan artikel yang diposting di media sosial. Seringkali artikel-artikel yang berisi ujaran kebencian justru dikemas dengan bahasa yang cantik dan menarik sehingga banyak orang tertarik untuk membagikannya. Padahal ini dapat berpotensi memicu konflik.

Sebagai netizen yang cerdas, kamu harus tahu salah satu etika dalam bermedia sosial adalah tidak mudah terprovokasi. Ketika menjumpai berita ataupun postingan yang bersifat menghasut, sudah sepatutnya diteliti dengan cermat apakah hal tersebut sesuai fakta yang ada atau hanya sekedar ujaran kebencian yang dapat menimbulkan konflik dan perselisihan.

4. Hindari saling menghujat

5 Etika Bermedia Sosial yang Wajib Diperhatikan, Harus Tahuilustrasi melihat layar handphone (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bullying merupakan hal yang lumrah ditemui ketika sedang bermedia sosial. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan berbagai bentuk cacian dan makian yang ditujukan kepada seseorang. Entah itu komentar negatif karena kekurangan fisik maupun karena kekurangan-kekurangan tertentu yang melekat.

Padahal perilaku yang demikian justru menunjukkan bahwa dirimu adalam netizen yang tidak mengenal tata krama. Salah satu etika yang perlu diperhatikan ketika sedang bermedia sosial adalah tidak saling menghujat. Bagaimanapun juga, setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga saling mencela apalagi menyudutkan bukanlah sikap yang bijak. 

5. Jangan mengumbar informasi pribadi

5 Etika Bermedia Sosial yang Wajib Diperhatikan, Harus Tahuilustrasi menatap layar handphone (pexels.com/Mikoto.raw photographer)

Keberadaan media sosial memang menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang, terutama para generasi muda. Dengan maksud agar eksistensinya diakui oleh banyak orang, pada akhirnya justru mengumbar apapun di media sosial termasuk informasi dan urusan pribadi.

Salah satu etika yang harus diingat betul-betul ketika sedang bermedia sosial adalah jangan mengumbar informasi pribadi secara berlebihan. Media sosial ibarat pisau bermata dua, disamping kemungkinan baik juga ada kemungkinan buruk. Terlalu mengumbar informasi dan permasalahan pribadi justru berpotensi menimbulkan kerugian pada diri sendiri.

Keberadaan media sosial memang menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat, terutama dalam hal etika. Setelah membaca tulisan ini, yuk! belajar menjadi netizen cerdas dengan menerapkan lima etika bermedia sosial di atas. 

Baca Juga: 5 Tips Utama Bangun Personal Branding di Media Sosial

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya