Comscore Tracker

5 Hal yang Penting Diperhatikan saat Usia 20-an, Kamu Beranjak Dewasa!

Kini kamu punya tanggung jawab penuh atas dirimu sendiri

Setiap orang pasti akan mengalami perubahan dalam hidupnya. Cepat atau lambat, hal itu pasti akan terjadi karena tidak bisa terelakkan lagi. Kamu tidak selamanya terjebak dalam fase anak-anak, juga tidak selamanya akan terkurung dalam masa-masa remaja. Siap ataupun tidak, akan ada saatnya kamu berubah menuju tahap dewasa.

Pada umumnya, seseorang dikatakan mulai beranjak menuju kedewasaan ketika sudah berada dalam usia 20-an. Sebagai manusia yang sudah dianggap dewasa, segala perilakumu tergantung pada dirimu sendiri. Untuk itu kamu perlu berhati-hati dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil.

Lantas, apa sajakah hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat usia 20-an?. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kestabilan emosi

5 Hal yang Penting Diperhatikan saat Usia 20-an, Kamu Beranjak Dewasa!ilustrasi perempuan memakai syal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagai makhluk hidup yang memiliki perasaan, tentu kamu pernah merasakan yang namanya gejolak emosi. Rasanya pengen marah melulu ketika menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginanmu. Tidak jarang pula kamu akan bersikap keras kepala dan memaksakan apa yang menjadi kehendakmu.

Perlu diketahui, ketika sudah memasuki usia 20-an, itu artinya kamu sudah beranjak dewasa, lho. Kamu harus bisa mengendalikan diri dengan tepat termasuk ketika sedang dikuasai amarah. Emosi yang labil hanya akan membuatmu semakin dijauhi oleh orang-orang di sekitar.

2. Mulai mengatur kestabilan finansial

5 Hal yang Penting Diperhatikan saat Usia 20-an, Kamu Beranjak Dewasa!ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kestabilan finansial merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Salah satu kunci kebahagiaan hidup adalah terletak pada kondisi keuangan yang tertata. Caramu mengatur keuangan yang sekarang tentu akan mempengaruhi kondisi finansialmu di masa yang akan datang.

Beranjak menuju usia 20-an, kamu sudah harus mulai memikirkan bagaimana kondisi keuanganmu ke depannya. Kamu bukan lagi anak remaja yang hidupmu hanya dipenuhi dengan gaya hidup gengsi ataupun sekadar mengikuti trend yang sedang booming saat ini. Kamu harus mulai belajar menabung dan berinvestasi.

Baca Juga: Dalam Memandang Cinta, 7 Perbedaan Perempuan Dewasa Vs Belum Dewasa

3. Kemandirian

5 Hal yang Penting Diperhatikan saat Usia 20-an, Kamu Beranjak Dewasa!ilustrasi gadis berkacamata (pexels.com/George Milton)

Kemandirian merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Dengan adanya kemandirian, seseorang tidak akan mudah bergantung dengan bantuan orang lain. Kamu dapat menghadapi setiap tantangan dan permasalahan hidup dengan lebih maksimal.

Di saat usiamu sudah beranjak menuju 20-an, kamu sudah menjadi sosok dewasa yang memiliki hak dan kewajiban penuh atas jalan hidupmu. Kamu dianggap mampu mengambil keputusan secara tepat serta mampu memecahkan masalah hidupmu sendiri tanpa perlu diarahkan lagi.

4. Mengurangi kebiasaan konsumtif

5 Hal yang Penting Diperhatikan saat Usia 20-an, Kamu Beranjak Dewasa!ilustrasi menenteng belanjaan (pexels.com/Max Fischer)

Membahas kebiasaan konsumtif memang nggak ada habisnya, deh. Membeli barang-barang branded, mengikuti setiap trend yang sedang booming saat ini, maupun membeli semua hal yang menjadi keinginan hati tentu adalah hal yang menyenangkan. Yakin, deh, semua orang juga pasti setuju dengan argumen seperti itu.

Namun, ketika usiamu sudah mulai memasuki 20-an, pikirkan lagi segala kebiasaan konsumtif tersebut. Menjelang dewasa kebutuhanmu tentu juga akan semakin beragam. Daripada menghabiskan uang untuk hal-hal yang kurang berguna, bukankah lebih baik jika kamu belajar menabung dan investasi?

5. Belajar menjadi pribadi yang bijaksana

5 Hal yang Penting Diperhatikan saat Usia 20-an, Kamu Beranjak Dewasa!ilustrasi membawa buku (pexels.com/George Milton)

Meskipun terdengar mudah untuk dilakukan, nyatanya bersikap bijaksana itu tidak semudah kelihatannya, lho. Tidak jarang kamu akan terjebak dalam situasi atau kondisi tertentu sehingga perilakumu tidak terkontrol.

Padahal, beranjak memasuki usia 20-an, kamu sudah harus bisa menempatkan diri dengan baik. Kamu bukan lagi anak remaja yang segala perilakunya harus diarahkan. Kini kamu adalah sosok dewasa yang sudah mampu memilah mana yang pantas dan mana yang tidak pantas untuk dilakukan.

Dewasa merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Cepat atau lambat, kamu pasti akan memasuki fase tersebut. Jika saat ini kamu termasuk orang yang sedang berada di usia 20-an, perhatikan lima hal di atas baik-baik agar tidak menyesal di kemudian hari, ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Belum Dewasa dalam Menghadapi Masalah

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya