Comscore Tracker

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan saat Berada di Lingkungan Baru

Salah dalam bersikap dapat merugikan diri sendiri  

Apakah kamu pernah memasuki hari pertama sebagai siswa baru di sekolah? Atau kamu pernah menjalani hari-hari pertama di lingkungan kerja? Lingkungan baru memang memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri yang tidak dapat disamakan dengan lingkunganmu yang sebelumnya.

Seringkali hal ini membuatmu kerepotan sehingga bingung bagaimana harus menempatkan diri. Salah sedikit saja dalam bersikap, tentu bisa jadi permasalahan serius yang menyulitkan langkahmu ke depannya. Jika kamu sedang berada dalam masa-masa tersebut, berikut lima hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika berada di lingkungan baru.

1. Terlalu akrab dengan orang

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan saat Berada di Lingkungan Baruilustrasi berkumpul teman (pexels.com/Cottonbro)

Memasuki lingkungan baru, tentu kamu juga akan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki beragam perbedaan sifat, karakter, prinsip, dan juga pola pikir. Tapi sayangnya, tidak semua orang di tempat baru memiliki karakter yang baik. Adapula di antara mereka yang memiliki sifat-sifat kurang terpuji bahkan hobi menjatuhkan satu sama lain.

Menyikapi kondisi yang demikian, salah satu hal penting yang harus kamu ingat ketika berada di lingkungan baru yaitu jangan terlalu akrab dengan orang lain. Kamu tidak tahu bagaimana karakter, isi hati, dan tujuan orang-orang di sekitarmu yang sesungguhnya. Bisa jadi ada tujuan lain di balik kebaikan mereka. 

2. Pamer diri berlebihan

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan saat Berada di Lingkungan Baruilustrasi pamer kemewahan (pexels.com/Denys Gromov)

Pada kenyataannya sifat pamer masih sering menjangkiti banyak orang. Ada banyak alasan mengapa seseorang memamerkan dirinya secara berlebihan. Mulai dari keinginan terlihat unggul, menuruti rasa gengsi, bahkan sampai keinginan agar eksistensinya disadari oleh orang-orang di sekitar.

Padahal perilaku ini bisa jadi masalah tersendiri, lho jika kamu melakukannya secara berlebihan, apalagi jika berada di lingkungan baru. Sebagaimana yang kita ketahui, orang-orang di lingkungan baru memiliki karakter dan sifat yang tidak dapat ditebak. Bukan tidak mungkin perilaku pamermu justru menjadikan mereka tidak suka dan berusaha menjatuhkanmu.

Baca Juga: 5 Urgensi Mengabaikan Orang Toksik di Dunia Nyata dan Maya

3. Tidak menghargai perbedaan

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan saat Berada di Lingkungan Baruilustrasi saling bertatapan (pexels.com/Anna Shvets)

Setiap tempat pasti memiliki karakteristik dan budayanya sendiri yang tidak dapat disamakan. Tentu antara adat istiadat dan kebiasaan orang-orang di lingkunganmu akan sangat berbeda dengan adat istiadat dan kebiasaan orang-orang di luar sana. Berhadapan denngan situasi ini, sikap saling menghargai sangat diperlukan.

Salah satu hal penting yang wajib diingat oleh kamu yang baru saja memasuki lingkungan baru yaitu jangan sampai tidak menghargai perbedaan. Jika kamu termasuk tipe orang yang hobi meremehkan apa yang tidak sesuai dengan kehendakmu, lebih baik segera ubah kebiasaan tersebut.

4. Suka memancing masalah

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan saat Berada di Lingkungan Baruilustrasi berkelahi (pexels.com/Keira Burton)

Lingkungan baru memang menyimpan banyak misteri. Bisa jadi kamu akan menemukan tempat dengan orang-orang dan kebiasaan yang sesuai dengan kehendakmu. Namun tidak menutup kemungkinan pula kamu akan bertemu dengan orang-orang dan kebiasaan yang sungguh tidak sesuai dengan ekspektasimu.

Apapun yang terjadi, salah satu hal yang harus diingat baik-baik adalah jangan suka memancing masalah. Kamu tidak tahu bagaimana karakter dan budaya orang-orang di lingkungan barumu. Bisa jadi apa yang kamu lakukan tersebut justru akan menjadi bumerang yang merugikan diri sendiri di belakang.

5. Terbiasa 'ceplas-ceplos' dalam bicara

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan saat Berada di Lingkungan Baruilustrasi mengobrol (pexels.com/SHVETS Productions)

Setiap orang memang memiliki karakternya masing-masing. Ada tipikal orang yang memiliki sifat pendiam dan cenderung irit bicara. Tapi di sisi lain adapula jenis orang yang ceplas-ceplos dan hobi mengomentari segala sesuatu tanpa rasa sungkan.

Jika kamu termasuk orang yang suka ceplas-ceplos dalam berbicara, lebih baik kendalikan diri mulai sekarang. Kamu tidak benar-benar mengerti bagaimana karakter dan pola pikir orang-orang di lingkungan barumu. Mungkin kamu tidak berniat menyinggung, tapi pernyataanmu yang ceplas-ceplos telah menyakiti hati mereka.

Memasuki lingkungan baru memang susah-susah gampang. Jika saat ini kamu termasuk orang yang baru saja memasuki lingkungan baru, ingat lima hal di atas baik-baik ya. Tetap jadi pribadi yang santun dan tahu bagaimana harus bersikap!

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Mengencani Pasangan yang Mudah Merasa Minder

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya