Comscore Tracker

5 Pentingnya Mempertimbangkan Risiko Sebelum Mengambil Tindakan  

Kamu bisa saja terjebak dalam situasi terburuk  

Dalam hidup seringkali kita dihadapkan dengan dua pilihan yang memusingkan. Namun sayangnya, tidak semua pilihan yang tersedia dapat membawa ke arah kebaikan. Menghadapi situasi yang demikian, tentu harus esktra hati-hati dan tidak dapat mengambil langkah secara asal.

Pasti kita sudah sering mendengar ungkapan bahwa segala sesuatu akan ada konsekuensinya. Sekecil apapun itu, pasti ada akibat yang harus dihadapi. Mengingat hal tersebut, sudah selayaknya memiliki ketelitian sebelum melangkah. Berikut ini lima alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan risiko secara matang sebelum mengambil tindakan.

1. Waktu tidak dapat diputar kembali

5 Pentingnya Mempertimbangkan Risiko Sebelum Mengambil Tindakan  ilustrasi memegang jarum jam (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Waktu menjadi hal paling berharga dalam hidup yang harus dijaga baik-baik. Ibarat bermain game atau sepak bola, ketika waktu sudah habis tentu kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Bagaimana pun juga, waktu yang sudah terlewat tidak bisa lagi diputar ke belakang meskipun hanya satu detik.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa harus mempertimbangkan risiko sebelum mengambil tindakan. Apa yang kita putuskan sekarang turut pula mempengaruhi masa depan. Jika kita sampai salah dalam mengambil keputusan dan harus menghadapi kondisi terburuk, tentu yang tersisa hanyalah penyesalan.

2. Tidak semua pilihan yang tersedia baik

5 Pentingnya Mempertimbangkan Risiko Sebelum Mengambil Tindakan  ilustrasi menyangga dagu (pexels.com/Thirdman)

Hidup adalah pilihan. Tergantung kita ingin melangkah ke arah mana. Namun yang perlu diperhatikan, tidak semua pilihan yang tersedia itu baik. Adakalanya kamu akan berhadapan dengan pilihan yang kelihatannya bisa membawa kebaikan namun sebenarnya malah menjerumuskan.

Kondisi ini tentu menyadarkan kita terkait pentingnya berpikir secara matang sebelum melangkah. Segala risiko bisa saja terjadi jika kita mengambil keputusan secara asal. Entah itu risiko kecil yang tidak seberapa maupun risiko besar yang bisa membawa kerugian bagi banyak orang.

Baca Juga: 5 Risiko Melakukan Sesuatu Secara Tergesa-gesa, Malah Tidak Maksimal!

3. Salah langkah sedikit saja bisa berakibat fatal

5 Pentingnya Mempertimbangkan Risiko Sebelum Mengambil Tindakan  ilustrasi berteriak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kita sudah sering mendengar nasihat untuk selalu berhati-hati ketika hendak melangkah. Apalagi ketika sedang dihadapkan dengan dua pilihan dalam hidup. Mau tidak mau harus berpikir secara cermat agar tidak terjebak dalam pilihan yang pada nantinya membawa kerugian.

Perlu diketahui, salah satu alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan risiko secara matang yaitu demi kebaikan diri sendiri ke depannya. Setiap keputusan yang kita ambil saat ini akan membawa pengaruh yang berarti terhadap masa depan. Salah langkah sedikit saja tentu akan banyak masalah yang harus dihadapi.

4. Salah mengambil keputusan bisa membahayakan diri sendiri

5 Pentingnya Mempertimbangkan Risiko Sebelum Mengambil Tindakan  ilustrasi berteriak (pexels.com/Liza Summer)

Kondisi kita kelak di masa depan turut dipengaruhi pula oleh keputusan yang diambil sekarang. Ketika bisa mengambil keputusan secara cermat dan teliti, tentu akan meminimalisir risiko akan hal-hal buruk yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Lantas, bagaimana jika kita mengambil keputusan secara asal tanpa mempertimbangkan risiko ke depannya? Tentu saja sikap yang seperti ini bisa membahayakan diri sendiri. Mengambil tindakan secara asal tanpa mempertimbangkan risikonya bisa membuatmu terjebak dalam situasi terburuk.

5. Melangkah tanpa mempertimbangkan risiko ibarat kamu berjalan dalam kegelapan

5 Pentingnya Mempertimbangkan Risiko Sebelum Mengambil Tindakan  ilustrasi berjalan di lorong gelap (pexels.com/Lalesh Aldarwish)

Menjalani hidup, kita tidak pernah terlepas dari yang namanya konsekuensi. Memang tidak dapat dipungkiri jika selalu ada sebab akibat atas tindakan yang diambil. Entah itu dampak dari tindakan yang bersifat positif maupun negatif.

Jika kamu masih sering menganggap remeh akan konsekuensi yang harus dihadapi, tentu ini adalah hal yang bisa membahayakan diri sendiri. Melangkah tanpa mempertimbangkan risiko ibarat kamu berjalan dalam kegelapan. Kamu tidak tahu bahaya seperti apa yang ada di depan sehingga mudah terjatuh dan sering mengalami kegagalan.

Setiap apa yang kita lakukan, tentu ada konskuensi yang harus ditanggung. Jika selama ini kamu termasuk orang yang sering asal mengambil tindakan tanpa mempertimbangkan risiko yang bisa saja terjadi, mulai sekarang perbaiki diri, ya. Tentu kamu tidak inginkan sering terjebak dalam situasi yang tidak diharapkan?

Baca Juga: 5 Risiko Memiliki Harga Diri Rendah, Rentan Stres

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya