Comscore Tracker

5 Alasan Ambisimu makin Susah Diraih, Sering Tidak Rasional!

Salah satunya kamu masih suka buang-buang waktu

Bisa meraih ambisi yang diharapkan sudah pasti menjadi dambaan semua orang. Tapi, sebelum itu kamu juga harus tahu bahwa meraih mimpi dan tujuan hidup bukan hal yang mudah. Pada kenyataannya, tidak sedikit dari kita yang ambisinya kandas di tengah jalan, bahkan harus mengulang kegagalan setiap waktu.

Kondisi seperti ini tentunya tidak terlepas dari berbagai penyebab yang menyertai, entah itu penyebab yang berasal dari dalam dirimu sendiri maupun lingkungan sekitar. Kira-kira apa sajakah yang bisa menyebabkan ambisimu terkesan semakin susah untuk diraih? Yuk, langsung intip sederet inspirasinya berikut ini!

1. Sering menunda-nunda perjuangan yang dilakukan

5 Alasan Ambisimu makin Susah Diraih, Sering Tidak Rasional!ilustrasi manatap laptop (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menunda-nunda memang jadi kebiasaan buruk yang menjangkiti banyak orang. Baik mereka yang masih duduk di bangku sekolah maupun yang sudah terjun dalam dunia kerja seolah selalu akrab dengan perilaku tersebut. Hanya karena alasan istirahat sebentar atau masih ada waktu, pada akhirnya kamu justru mendahulukan kegiatan lain yang tidak penting.

Cenderung menunda-nunda merupakan salah satu di antara sederet alasan yang membuat ambisi dan mimpi-mimpimu semakin susah untuk diraih. Semakin kamu menunda-nunda, semakin sedikit pula peluang serta kesempatan yang ada. Waktumu semakin terbatas karena terbuang untuk aktivitas yang tidak perlu. 

2. Sering tidak rasional dalam menetapkan tujuan

5 Alasan Ambisimu makin Susah Diraih, Sering Tidak Rasional!ilustrasi manatap kertas (pexels.com/Kampus Production)

Ambisi yang tertata merupakan hal penting yang membuat hidup jadi semakin terarah. Mengingat akan hal tersebut, sudah seharusnya bagi kita untuk menyusun mimpi secara rasional dan disesuaikan dengan batas kemampuan. Faktor ini penting agar ke depannya tidak menyulitkan langkah sendiri apalagi sampai membuat kita terpuruk.

Salah satu di antara sederet alasan mengapa ambisi dan tujuan hidup semakin susah untuk diraih yaitu karena dirimu sendiri. Kamu sering asal-asalan menetapkan tujuan dan pencapaian diri.  Kamu sekadar menuruti ego yang jauh dari batas kemampuan. Akibatnya, kamu sering dipersulit oleh ambisi toksik ketika hendak melangkah.

Baca Juga: 5 Tanda Motivasimu Sudah Terkontaminasi Ambisi Toxic

3. Tidak mempertimbangkan risiko secara cermat 

5 Alasan Ambisimu makin Susah Diraih, Sering Tidak Rasional!ilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Cottonbro)

Tentu kita sudah sering mendengar bahwa menetapkan mimpi dan tujuan hidup tidak asal-asalan. Hal ini penting untuk diperhatikan karena ambisi dalam dirimu bisa mempengaruhi jalan ke depannya. Namun, tidak semua orang memahami akan hal tersebut.

Tidak membuat pertimbangan yang cermat terkait risiko yang bisa dihadapi merupakan salah satu di antara sederet alasan mengapa ambisi dan tujuan hidupmu semakin susah diraih. Akibat tidak mempertimbangkan risiko dan juga kemungkinan buruk ada, bisa jadi peluang kegagalan akan semakin terbuka. Bahkan, tidak jarang ambisimu jadi jerat petaka untuk diri sendiri. 

4. Memandang sebelah mata kemungkinan buruk yang bisa terjadi 

5 Alasan Ambisimu makin Susah Diraih, Sering Tidak Rasional!ilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Cottonbro)

Memang tidak dapat dimungkiri jika dalam hidup kita pasti memiliki ambisi maupun beragam pencapaian yang ingin diraih. Tapi, sebagaimana yang kita tahu, jalan untuk meraih mimpi juga tidak mudah karena perlu upaya dan perjuangan panjang.

Salah satu di antara penyebab mengapa ambisimu semakin susah untuk diraih yaitu karena adanya sikap angkuh dengan memandang sebelah mata kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Padahal, apa yang dianggap remeh bisa saja menimbulkan permasalahan besar dan menimbulkan kegagalan berulang.

5. Ragu-ragu dalam melangkah 

5 Alasan Ambisimu makin Susah Diraih, Sering Tidak Rasional!ilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Apakah kamu pernah menetapkan ambisi yang besar, namun, semakin hari semakin susah untuk diraih? Ketika hendak melangkah, beragam bayangan buruk muncul memenuhi sudut-sudut pikiran. Akibatnya, kamu pun melangkah dalam keragu-raguan dan dipenuhi perspektif negatif.

Ragu-ragu ketika hendak melangkah merupakan salah satu alasan yang membuat ambisi semakin susah untuk diwujudkan. Semakin kamu ragu-ragu, semakin banyak waktu yang terbuang sia-sia. Bisa jadi ketakutan itu hanya karena sudut pandang negatifmu sendiri. Jika terus tenggelam dalam keragu-raguan, kamu justru akan sering menemui hambatan dalam hidup.

Ambisi ibarat sebuah penyemangat yang membuat hidup jadi lebih jelas dan terarah. Tapi, jika kamu merasa ambisi dan tujuan hidupmu terasa semakin susah diraih, mulai renungkan kelima inspirasi di atas, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Ambisi agar Tidak Kelewat Batas Wajar

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya