Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Terobsesi dengan Jalan Kehidupan Seseorang

Karena setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing

Melihat jalan kehidupan orang lain sepertinya mudah. Tanpa sadar, kamu pun mendamba kehidupan selayaknya mereka hingga lupa dengan kehidupanmu sendiri yang seharusnya dijalani dengan sebaik mungkin.

Sikap-sikap seperti inilah yang seharusnya dihilangkan dari dirimu. Sudah seharusnya kamu mensyukuri jalan hidup saat ini. Sebagai pengingat sekaligus bahan renungan, lima alasan ini menjelaskan mengapa kamu gak perlu terobsesi jalan kehidupan seseorang.

1. Setiap orang memiliki lika-liku kehidupannya masing-masing 

5 Alasan Gak Perlu Terobsesi dengan Jalan Kehidupan Seseorangilustrasi perempuan mengobrol (pexels.com/Gustavo Fring)

Kebanyakan dari kamu cenderung melihat kehidupan orang lain secara berlebihan. Kamu mendamba pekerjaan yang terlihat bergengsi dan mapan, kehidupan yang bergelimang harta, dan berbagai anggapan lain yang bagimu menyenangkan.

Sikap seperti ini sudah seharusnya dijauhi. Setiap orang memiliki lika-liku kehidupan masing-masing. Selayaknya kamu, mereka juga berjuang jatuh bangun atas kehidupannya. Bisa saja ia mengalami fase terberat yang tidak pernah kamu ketahui.

2. Apa yang kelihatannya mudah belum tentu sesuai dengan kenyataan 

5 Alasan Gak Perlu Terobsesi dengan Jalan Kehidupan Seseorangilustrasi perempuan mengobrol (pexels.com/Cottonbro studio)

Sebagian besar orang mendamba kehidupan orang lain karena terlihat mudah dijalani. Tidak jarang kamu juga meremehkan kehidupanmu sendiri akibat hal tersebut. Bahkan sampai menutupi diri secara berlebihan.

Perlu diketahui, apa yang kelihatannya mudah belum tentu sesuai dengan kenyataan sesungguhnya. Jika kamu ditempatkan dalam kehidupan orang lain, belum tentu kamu kuat menjalani. Oleh karena itu, sikap terobsesi seperti ini hanya menjerumuskan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Mampu Mengelola Rasa Iri pada Orang Lain

3. Terobsesi jalan kehidupan orang lain bikin kamu lupa kehidupanmu sendiri 

5 Alasan Gak Perlu Terobsesi dengan Jalan Kehidupan Seseorangilustrasi saling bersandar (pexels.com/Cottonbro studio)

Jalan kehidupanmu tergantung dirimu sendiri. Kamu harus fokus sepenuhnya menjalani hal tersebut. Tapi kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah kamu malah terobsesi dengan jalan kehidupan orang lain.

Mungkin terlihat sepele dan tidak terlalu penting. Tapi terobsesi jalan kehidupan orang lain bisa bikin kamu lupa kehidupanmu sendiri. Akibatnya dirimu sering mengalami kegagalan dan terjebak dalam situasi terburuk.

4. Semakin kamu terobsesi dalam kehidupan seseorang, semakin kamu tidak pernah merasa cukup 

5 Alasan Gak Perlu Terobsesi dengan Jalan Kehidupan Seseorangilustrasi mengobrol (pexels.com/George Pak)

Kunci kebahagiaan terletak pada rasa cukup. Ini terjadi ketika kamu mengenal syukur dan tidak terobsesi dengan kehidupan orang lain. Tapi sayangnya, apa yang terjadi justru berbalik seratus delapan puluh derajat.

Tentu saja hal ini harus diingat. Semakin kamu terobsesi dengan kehidupan seseorang, semakin kamu tidak pernah merasa cukup. Bahkan kepemilikan orang lain yang tidak seberapa mampu membuatmu iri dan tidak tenang.

5. Setiap orang memiliki porsi rezeki masing-masing yang harus disyukuri 

5 Alasan Gak Perlu Terobsesi dengan Jalan Kehidupan Seseorangilustrasi teman perempuan (pexels.com/Kampus Production)

Setiap makhluk hidup pasti memiliki jatah rezeki masing-masing. Semua diatur sesuai porsinya dan untuk kebaikanmu. Tapi kebanyakan dari kita malah melirik apa yang menjadi hak milik orang lain.

Perilaku seperti ini sudah seharusnya diperbaiki. Semua yang kamu miliki saat ini sudah seharusnya disyukuri. Jika mau menengok ke bawah, kamu akan menemukan fakta masih banyak orang yang tidak seberuntung dirimu.

Kebiasaan buruk diri kamu yakni mendamba kehidupan orang lain secara berlebihan. Bahkan kamu sampai lupa dengan jalan kehidupanmu sendiri. Padahal terobsesi  kehidupan orang lain ibarat bayangan semu yang tidak akan pernah bisa digapai.

Baca Juga: 5 Cara Bikin Beban Hidup Terasa Begitu Ringan, Nikmati Hidup!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya