Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Konsisten dengan Pembicaraanmu

Kata-katamu akan dipegang oleh orang lain

Menjaga konsistensi memang tidak mudah, salah satunya konsistensi terkait pembicaraan. Apa yang kamu ucapkan harus ditepati walaupun itu terkait hal sepele. Setiap perkataan yang keluar harus sesuai dengan tindakan.

Tentunya ada alasan tersendiri mengapa kamu harus konsisten menjaga pembicaraan. Bisa jadi menyangkut integritasmu sendiri maupun kepercayaan orang lain. Berikut ini lima alasan kamu harus konsisten dalam pembicaraan.

1. Bicaramu adalah kualitas dirimu 

5 Alasan Kamu Harus Konsisten dengan Pembicaraanmuilustrasi mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pasti kamu sudah sering mendengar bahwa setiap yang kamu ucapkan adalah gambaran kualitas diri. Ketika kamu mampu menjaga tutur kata dengan baik, orang akan memandangmu sebagai pribadi yang berbudi pekerti luhur. Begitu pula sebaliknya.

Tentu saja ini menjadi alasan mengapa kamu harus konsisten dalam pembicaraan. Bisa menepati setiap apa yang diucapkan merupakan cerminan kualitas diri yang sesungguhnya. Kamu tidak hanya berani berkata-kata, tapi juga mempertanggungjawabkan apa yang telah terucap.

2. Perkataan yang mudah berubah mencerminkan kamu sosok plin-plan 

5 Alasan Kamu Harus Konsisten dengan Pembicaraanmuilustrasi mengobrol (pexels.com/Mikhail Nilov)

Salah satu tantangan terbesar terkait konsistensi adalah menjaga pembicaraan. Alih-alih menepati hal tersebut, kamu justru tumbuh menjadi pribadi yang plin-plan. Perkataanmu gampang berubah-ubah.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk konsisten dengan apa yang dikatakan. Ini gambaran kamu adalah pribadi yang tegas dalam mengambil keputusan. Kamu memiliki ketegasan diri dan tidak mudah terpengaruh.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kamu Susah Konsisten Berolahraga

3. Kata-katamu akan dipegang oleh orang lain 

5 Alasan Kamu Harus Konsisten dengan Pembicaraanmuilustrasi mengobrol (pexels.com/Edmomd Dantes)

Salah satu penilaian orang lain terhadap diri kita terletak pada ucapan walaupun yang kamu ucapkan adalah janji-janji kecil dan sepele. Mereka akan menilai apakah kamu orang yang bisa menjaga ucapan atau malah sebaliknya.

Tentu saja ini menjadi alasan mengapa kamu harus konsisten dalam perkataan. Setiap janji atau kalimat yang telah kamu ucapkan akan dipegang orang lain. Saat kamu tidak bisa menjaga ucapan, orang akan meragukanmu.

4. Konsisten dalam menjaga pembicaraan mencerminkan integritas dirimu 

5 Alasan Kamu Harus Konsisten dengan Pembicaraanmuilustrasi mengobrol (pexels.com/Thirdman)

Setiap jari kita pasti ingin tumbuh menjadi sosok yang berintegritas. Tapi ada hal penting yang harus dicatat. Individu yang berintegritas tinggi tidak main-main dalam pembicaraan. Mereka berani mempertanggungjawabkan yang telah terucap.

Hal ini turut menjadi alasan kamu harus konsisten dalam perkataan. Bagaimanapun juga, kata-katamu adalah cerminan integritas dirimu. Saat kamu konsisten dengan perkataan, orang-orang menaruh respek.

5. Saat kamu konsisten dalam menjaga pembicaraan, orang-orang akan percaya kepadamu

5 Alasan Kamu Harus Konsisten dengan Pembicaraanmuilustrasi mengobrol (pexels.com/Fauxels)

Setiap dari kita pasti ingin dipercaya orang lain. Namun, salah satu sumber kepercayaan terletak pada ucapan. Apakah kamu individu yang mampu menjaga perkataan secara konsisten atau malah sebaliknya?

Ketika kamu konsisten dalam perkataan, orang-orang akan percaya kepadamu. Ia paham betul kamu bersungguh-sungguh dengan perkataan tersebut. Bukan sekadar kata-kata untuk pemanis lidah.

 

Konsisten dalam menjaga perkataan penting dilakukan. Walaupun sederhana, ini turut menjadi penilaian orang lain atas diri kita. Termasuk mencerminkan integritas dan kualitas dirimu di hadapan banyak orang.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Atasi Pembicaraan yang Sulit untuk Diungkapkan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya