Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Gagal Meyakinkan Diri

Mungkin saja berasal dari sikap dan sudut pandangmu sendiri

Kunci keberhasilan salah satunya terletak pada keyakinan diri sendiri. Saat sudah yakin, kamu pasti bisa melakukan yang terbaik. Tapi kondisi yang kamu alami justru sebaliknya.

Pasti ada sebab mengapa kamu selalu gagal meyakinkan diri. Mungkin saja itu berasal dari sikap dan sudut pandangmu sendiri. Saat kamu gagal meyakinkan diri sendiri, mungkin inilah alasannya.

1. Kamu lebih mengutamakan sudut pandang negatif 

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Gagal Meyakinkan Diriilustrasi gagal meyakinkan diri (unsplash.com/Mehrprouya H)

Keyakinan diri sebenarnya tergantung pada dirimu. Tapi tidak jarang saat berusaha meyakinkan diri malah berakhir gagal. Kamu malah khawatir berlebihan terhadap peristiwa yang belum terjadi.

Kamu terlalu mengutamakan sudut pandang negatif dalam setiap hal. Padahal sudut pandang tersebut bisa jadi berasal dari ketakutanmu sendiri. Akibatnya kamu tidak memiliki keberanian untuk melangkah.

2. Menghakimi diri sendiri pasti tidak mampu 

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Gagal Meyakinkan Diriilustrasi gagal meyakinkan diri (unsplash.com/Abbie Bernet)

Memang setiap individu sudah dikaruniai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi banyak orang malah fokus pada kekurangan. Mereka menghakimi diri sendiri pasti tidak mampu melakukan yang terbaik.

Sikap seperti ini yang menjadi sebab kamu selalu gagal meyakinkan diri. Perilaku menghakimi diri sendiri membuat rasa optimis memudar. Kamu pun menganggap dirimu lemah dan tidak mampu melakukan apapun.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Usahamu dalam Memperbaiki Diri Gagal

3. Bukannya bersyukur, kamu justru membandingkan dengan orang lain 

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Gagal Meyakinkan Diriilustrasi gagal meyakinkan diri (unsplash.com/Dogukan Sahin)

Kunci dalam meyakinkan diri juga terletak pada rasa syukur. Yakinlah jika memang itu rezekimu pasti tidak akan kemana. Tapi rata-rata orang justru melupakan syukur dan membandingkan dirinya dengan orang lain.

Padahal hidup itu tidak perlu dibanding-bandingkan. Semakin kamu mengukur diri berdasarkan standar orang lain, semakin kamu merasa minder. Kamu tumbuh menjadi sosok yang ragu dan merasa malu dengan diri sendiri.

4. Kamu membiarkan sifat pesimis mendominasi diri 

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Gagal Meyakinkan Diriilustrasi gagal meyakinkan diri (unsplash.com/Zohre Nemati)

Setiap tantangan dan kesempatan alangkah baiknya dicoba. Tapi banyak orang tidak mengindahkan hal tersebut. Mereka justru membiarkan dirinya dikendalikan oleh sifat pesimis sehingga penuh rasa takut.

Tentu saja ini menjadi penyebab utama kamu gagal meyakinkan diri. Sifat pesimis membuatmu dirundung kecemasan. Bahkan kamu menakutkan kemungkinan buruk yang belum tentu terjadi.

5. Kamu tipe orang yang selalu mendengarkan komentar orang lain 

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Gagal Meyakinkan Diriilustrasi gagal meyakinkan diri (unsplash.com/Shane)

Komentar orang lain terkadang kurang bersahabat di telinga. Semua pilihan ada di dirimu. Apakah memilih mendengarkan komentar tersebut dan memasukkannya ke dalam hati atau membiarkannya lewat begitu saja.

Kalau kamu tipe orang yang selalu mendengarkan komentar orang lain, inilah sebabnya selalu gagal meyakinkan diri. Padahal yang dibicarakan orang lain belum tentu benar. Tidak jarang justru memupus kepercayaan dirimu.

Upaya meyakinkan diri sendiri bisa gagal seketika saat kamu akrab dengan lima hal di atas. Akibatnya kamu tidak berani melangkah dan mengambil keputusan apapun. Bahkan kamu melewatkan kesempatan berharga dalam hidup.

Baca Juga: 5 Alasan Harus Percepat Habiskan Jatah Gagal, Sukses Lebih Cepat

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya