Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Harus Menjauhi 'Backstabber', Bikin Masalah Baru! 

Bisa membuat situasi bertambah kacau dan rumit 

Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang baik di depan namun punya perilaku yang berbeda di belakang? Ketika sedang bertatap muka seolah dia memperlakukanmu dengan baik. Namun ketika di belakang dia akan mencari-cari keburukanmu sampai habis.

Tipe orang seperti ini biasa disebut dengan backstabber. Sudah seharusnya kita menjaga jarak dari tipe orang seperti itu. Mengapa begitu? Berikut ini merupakan lima alasan mengapa harus menjauhi seorang backstabber.

1. Bisa menimbulkan masalah baru 

5 Alasan Mengapa Harus Menjauhi 'Backstabber', Bikin Masalah Baru! ilustrasi perempuan melirik (pexels.com/Cottonbro)

Siapa sih yang tidak kenal dengan tipe orang bermuka dua? Mereka sering berperilaku manis di depan namun menunjukkan sikap yang berbeda ketika di belakang. Mereka yang ketika bertatap muka memiliki perilaku yang baik saja berubah menjadi seorang yang berbahaya.

Salah satu alasan mengapa backstabber harus dijauhi yaitu bisa menimbulkan masalah baru. Perilaku mereka bisa membuatmu terseret dalam permasalahan yang tidak seharusnya. Bahkan melibatkanmu dalam permasalahan yang tidak susah dipecahkan. 

2. Membuat permasalahan semakin rumit 

5 Alasan Mengapa Harus Menjauhi 'Backstabber', Bikin Masalah Baru! ilustrasi perempuan membawa cangkir (pexels.com/Sam Lion)

Perilaku seorang backstabber memang susah ditebak. Berada di depan kita, mereka seolah menunjukkan sikap yang bersimpati dan prihatin. Tetapi ketika di belakang, situasinya bisa berubah seratus delapan puluh derajat. Bahkan menyebarluaskan masalah sehingga susah dipecahkan.

Tentu saja ini menjadi salah satu alasan mengapa seorang backstabber harus dijauhi. Setiap tingkah laku mereka yang bermuka dua bisa membuat permasalahan semakin rumit. Apa yang seharusnya bisa dipecahkan dengan mudah justru merembet kemana-mana.

Baca Juga: 5 Tips Tanamkan Mental Kuat dalam Diri, biar Gak Mudah Putus Asa!

3. Membuat mental tertekan 

5 Alasan Mengapa Harus Menjauhi 'Backstabber', Bikin Masalah Baru! ilustrasi perempuan tertekan (pexels.com/Alex Green)

Apa yang kamu rasakan ketika menghadapi seseorang bermuka dua? Kamu sudah memberikan kepercayaan penuh namun orang tersebut justru tidak bisa menjaganya dengan baik. Sikapnya antara di depan dengan di belakang saling berlawanan.

Tentu saja ini menjadi alasan penting mengapa seorang backstabber harus dijauhi. Perilakunya yang serba toksik dan susah ditebak bisa membuatmu tertekan. Kamu diliputi kegelisahan sepanjang waktu.

4. Seorang backstabber bisa membuat situasi tambah kacau 

5 Alasan Mengapa Harus Menjauhi 'Backstabber', Bikin Masalah Baru! ilustrasi perempuan muda (pexels.com/Ron Lach)

Situasi yang serba kacau sudah pasti membuat kita tidak bersemangat. Tapi tahukah kamu? situasi yang serba kacau ini bukan terjadi tanpa sebab. Bisa jadi ada orang yang terlalu ikut campur dan menambah rumit situasi.

Salah satu diantara alasan penting Mengapa seorang backstabber harus dijauhi yaitu adanya kekacauan tersebut. Sikapnya yang bermuka dua bisa membuatmu terjebak dalam situasi yang tidak diharapkan. Seringkali kebenaran yang ada akan dipelintir oleh mereka.

5. Orang-orang akan ikut membencimu karena seorang backstabber tersebut 

5 Alasan Mengapa Harus Menjauhi 'Backstabber', Bikin Masalah Baru! ilustrasi berkumpul teman (pexels.com/Ron Lach)

Perilaku orang-orang di sekitar memang bisa membawa pengaruh terhadap kita. Bahkan tidak tanduk yang merelakan mereka lakukan turut mempengaruhi penilaian orang lain atas diri kita. Hal ini juga terjadi ketika kamu berteman dengan seorang backstabber.

Tentu saja ini harus dipertimbangkan dengan baik. Berteman akrab dengan seseorang yang bermuka dua, bisa jadi orang-orang akan ikut membencimu. Kamu dianggap memiliki perilaku yang sama dengan mereka.

Sikap seorang backstabber bukan tidak mungkin akan merugikan diri kita. Setelah mengetahui lima alasan di atas, apakah kamu masih enggan untuk menjauhi seorang backstabber?

Baca Juga: 5 Cara Buka Percakapan Anti Canggung saat Bertemu Teman Lama

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya