Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Self Acceptance itu Penting, Cintai Diri Sepenuhnya!

Yuk belajar mengenali dan mencintai diri seutuhnya 

Diri sendiri suka seharusnya diterima apa adanya, baik untuk menerima kelebihan maupun kekurangan. Sikap seperti ini biasa disebut dengan self acceptance. Meskipun begitu, pada pernyataannya masih banyak orang yang belum mampu melakukan hal tersebut.

Padahal self acceptance memiliki peranan yang penting, lho. Lantas, alasan apa sajakah yang menjelaskan mengapa self acceptance itu penting? Agar tidak semakin penasaran, yuk baca tulisan di bawah ini.

1. Self acceptance membuatmu bisa mengenali diri sepenuhnya 

5 Alasan Mengapa Self Acceptance itu Penting, Cintai Diri Sepenuhnya!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Min An)

Istilah self acceptance mungkin sering berseliweran. Entah itu di postingan media sosial maupun dalam beberapa artikel. Self acceptance merupakan bentuk penerimaan kepada diri sendiri. Baik menerima kelemahan maupun keunggulan yang ada.

Salah satu alasan penting mengapa harus memiliki self acceptance yaitu terkait pengenalan pada diri sendiri. Adanya self acceptance membuatmu tahu apa dan siapa dirimu yang sesungguhnya. Kamu tumbuh menjadi sosok yang berprinsip kuat dan tidak mudah terbawa arus.

2. Kamu bisa memperbaiki kekurangan 

5 Alasan Mengapa Self Acceptance itu Penting, Cintai Diri Sepenuhnya!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang pasti tidak terlepas dari kekurangan. Namun demikian, kekurangan itu masih bisa diperbaiki selama kita menyadari. Semua kembali pada diri sendiri apakah kita bisa menerima fakta akan kekurangan diri tersebut atau tidak.

Tahukah kamu? Salah satu di antara alasan mengapa self acceptance itu penting yaitu terkait kekurangan diri tersebut. Menjadi sosok yang memiliki self acceptance, kamu bisa mengetahui letak kekurangan diri dan memperbaikinya. Ini penting untuk kemajuan.

Baca Juga: 5 Konsep Keliru Soal Self-Love yang Sering Terjadi, Bukan Egois!

3. Melalui self acceptance, kamu bisa menggali potensi diri 

5 Alasan Mengapa Self Acceptance itu Penting, Cintai Diri Sepenuhnya!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap dari kita pasti paham dengan pernyataan bahwa setiap individu sudah dibekali dengan potensi dirinya masing-masing. Tapi kembali lagi ke diri setiap orang, apakah ia bisa mengenali dirinya sendiri dengan baik atau tidak.

Lantas, apa yang menjadi alasan mengapa self acceptance itu penting? Perlu digaris bawahi, menerima diri seutuhnya membuatmu tahu di mana letak potensi yang harus dikembangkan. Bakat dan keterampilan bisa terasah dengan optimal.

4. Self acceptance membuatmu lebih percaya diri 

5 Alasan Mengapa Self Acceptance itu Penting, Cintai Diri Sepenuhnya!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kepercayaan diri sudah seharusnya dimiliki setiap orang terutama milenial dan Gen Z. Tumbuh menjadi sosok yang percaya diri, seseorang bisa melakukan segala sesuatu dengan baik. Iya yakin bahwa dirinya pasti mampu meraih pencapaian optimal.

Tentu saja ini menjadi alasan mengapa self acceptance itu penting. Seseorang yang memiliki self acceptance, ia mampu menerima dan mencintai diri dengan seutuhnya. Hal inilah yang pada akhirnya membuat rasa percaya diri terbangun dan berkontribusi besar terhadap kesuksesan.

5. Memiliki self acceptance, hidup lebih bahagia 

5 Alasan Mengapa Self Acceptance itu Penting, Cintai Diri Sepenuhnya!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Lucas Guimaraes)

Siapa yang masih tidak ingin memperoleh kebahagiaan hidup? Setiap orang pasti menginginkannya, tidak terkecuali dengan kita. Kehidupan yang bahagia membuat setiap momen terasa berwarna.

Kebahagiaan menjadi salah satu alasan mengapa self acceptance itu penting. Dengan mampu menerima diri seutuhnya, kamu bisa mencintai diri sendiri dengan baik. Secara tidak langsung, rasa cinta terhadap diri sendiri akan menumbuhkan kebahagiaan dalam menjalani hidup.

Dengan mampu menerima diri seutuhnya, kamu bisa tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang lebih baik dari waktu ke waktu. Setelah mengetahui lima alasan di atas, apakah kamu masih meremehkan self acceptance?

Baca Juga: Perbedaan Self Improvement dan Self Development Beserta Contohnya

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya