Comscore Tracker

5 Alasan Seseorang Ragu Memulai Obrolan, Takut Salah Bicara!

Takut orang-orang tidak akan menanggapi

Menjalin interaksi satu sama lain pasti pernah kamu lakukan. Ini merupakan wujud kita sebagai makhluk sosial. Mungkin sekadar basa-basi atau mengobrol ringan. Ada kalanya pula kamu harus diskusi serius dan membahas topik-topik yang sekiranya penting.

Namun, di balik serunya obrolan, ternyata ada beberapa orang yang ragu memulainya. Saat membuka percakapan, mereka diliputi kekhawatiran tidak pasti. Jika kamu pernah berjumpa dengan seseorang seperti itu, barangkali lima hal ini jadi alasannya.

1. Ia takut obrolannya tidak nyambung dengan orang-orang sekitar

5 Alasan Seseorang Ragu Memulai Obrolan, Takut Salah Bicara!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Kampus Production)

Jika dilihat sekilas, membuka percakapan terkesan mudah dilakukan. Kamu cukup memancing pembicaraan dengan suatu topik yang dianggap seru. Entah bertanya kabar orang lain, menceritakan dirimu, atau membahas tren yang sedang booming.

Namun, tidak semua orang seperti itu. Alasan seseorang ragu membuka obrolan salah satunya takut jika tidak nyambung dengan orang-orang sekitar. Mungkin dia tertarik dengan suatu topik, namun orang-orang sekitar menunjukkan ketertarikan berbeda.

2. Tidak ingin dianggap sebagai orang yang sok akrab 

5 Alasan Seseorang Ragu Memulai Obrolan, Takut Salah Bicara!ilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Orang sok akrab di beberapa tempat tidak disukai. Bahkan, beberapa orang merasa risih serta memandangnya aneh. Tidak jarang Ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Kamu takut jika orang-orang sekitar memandangmu sebagai pribadi yang sok akrab.

Tentu saja ini menjadi alasan seseorang takut memulai pembicaraan. Ia tidak ingin dirinya dicap sebagai orang sok akrab. Pada akhirnya, tipe orang-orang tersebut lebih memilih menunggu obrolan dimulai, bahkan hanya berbicara ketika ia diminta.

Baca Juga: 5 Akibat jika Sering Memotong Perkataan Orang Lain Saat Mengobrol

3. Pernah melakukan hal serupa namun mendapat respons negatif

5 Alasan Seseorang Ragu Memulai Obrolan, Takut Salah Bicara!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Kindel Media)

Pengalaman masa lalu turut memengaruhi tindakan selanjutnya. Karena pengalaman buruk, bisa jadi kamu takut melakukan sesuatu. Tidak terkecuali dengan memulai  obrolan.

Jika kamu bertemu dengan orang tersebut jangan langsung menghakimi angkuh. Barangkali ia pernah melakukan hal serupa, namun mendapat respons negatif. Contohnya orang-orang malah mencibir sebagai sosok yang sok tahu atau cari perhatian.

4. Khawatir orang-orang sekitar tidak akan menanggapi obrolannya

5 Alasan Seseorang Ragu Memulai Obrolan, Takut Salah Bicara!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Thirdman)

Saat kita berbicara dengan orang lain, pasti yang diharapkan orang tersebut antusias menanggapi. Walaupun sepatah dua patah kata, tanggapan orang lain membuatmu merasa dihargai. Kamu merasa kehadiranmu turut di manusiakan.

Tapi hal sebaliknya terjadi ketika kamu berbicara, namun orang-orang tidak ada yang menanggapi. Ini menjadi sebab mengapa seseorang ragu memulai obrolan. Saat dirinya berbicara panjang lebar, orang-orang hanya diam bahkan sama sekali tidak mendengarkan.

5. Karena dirinya tipe orang yang lebih suka mendengarkan daripada bercerita 

5 Alasan Seseorang Ragu Memulai Obrolan, Takut Salah Bicara!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Kindel Media)

Karakter orang memang beragam. Pada suatu waktu mungkin kamu berteman dengan orang yang banyak bicara. Ia pandai mencari topik  obrolan. Namun, tidak sedikit orang yang lebih memilih mendengarkan daripada bercerita panjang lebar.

Alasan seseorang ragu memulai bicara, bisa jadi ia tipe yang lebih suka mendengarkan. Daripada bingung mencari bahan obrolan, ia lebih suka menyimak pembicaraan dari orang-orang sekitar. Setelah larut menyimak pembicaraan baru memberikan tanggapan.

 

Saat seseorang enggan memulai obrolan, kita kerap memandangnya negatif. Entah menganggap orang itu sombong atau anti sosial. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. Bisa jadi alasan di atas menjadi sebab mengapa seseorang ragu memulai obrolan.

Baca Juga: 10 Obrolan Mengawali Ghibah Versi Warganet, Bikin Nagih!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya